Home arrow Pelayanan arrow Retina dan Vitreus

Jumlah Pengunjung

Retina dan Vitreus Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail

 

  

OPERASI VITREO RETINAL
Untuk memenuhi keperluan kemajuan teknologi di bidang pengobatan mata, serta keperluan dari kasus-kasus vitreoretinal yang memerlukan tindakan bedah yang terjadi di masyarakat semakin meningkat.
Pengertian operasi VITREORETINAL adalah operasi mata untuk mengatasi kelainan retina (selaput saraf mata) atau vitreus (jaringan jernih berbentuk agar yang mengisi bola mata). Operasi ini dikerjakan antara lain pada:
1. Ablasio retina (retinal detachment)
Ablasio retina umumnya disebabkan oleh robekan pada retina akibat: faktor bawaan, benturan, dll. Ablasi retina dapat menyebabkan kebutaan apabila retina tidak dilekatkan kembali dalam waktu relatif singkat.

2. Mengkerutnya makula (macula pucker)
Makula adalah bagian retina yang digunakan untuk membaca dan penglihatan halus. Pada penderita ini, tumbuh jaringan ikat pada permukaan makula yang mengakibatkan pengkerutan makula.

3. Retinopati Diabetik (diabetic retinopathy)
Adalah penyakit retina akibat diabetes melitus (kencing manis). Pada fase awal, retinopati diabetik dapat diatasi dengan laser saja, pada kasus lanjut kadang perlu dilakukan operasi vitrektomi untuk membersihkan vitreus yang keruh akibat pendarahan, atau untuk mengupas jaringan ikat pada permukaan retina.

4. Infeksi bola mata (endophthalmitis)
Infeksi bakteri yang masuk kedalam rongga bola mata sangat berbahaya bagi penglihatan dan memerlukan penanganan cepat.
5. Trauma mata (benturan atau luka pada bola mata)
Pada kasus trauma mata dimana terjadi perdarahan vitreus atau ablasio retina mungkin diperlukan operasi vitrektomi untuk membersihkan darah dan melekatkan retina kembali.

Tujuan
Tujuan Operasi Vitreoretinal:
• Melekatkan kembali retina yang lepas dan mengupas jaringan ikat pada permukaan retina
• Membersihkan vitreus yang keruh akibat perdarahan atau infeksi
• Memungkinkan tindakan laser pada retina yang sebelumnya terhalang oleh darah atau jaringan ikat.

Jenis Operasi
• Pneumoretinopeksi: operasi singkat untuk melekatkan kembali retina yang lepas (ablasio retina).
• Scleral Buckling: Operasi untuk melekatkan kembali retina yang lepas.
• Vitrektomi: Operasi ini memerlukan alat khusus, ahli bedah akan melakukan operasi didalam rongga bola mata untuk membersihkan vitreus yang keruh, melekatkan kembali vitreus yang mengalami ablasio, mengupas jaringan ikat dari permukaan retina, dan tindakan-tindakan lain yang diperlukan.

Keberhasilan:
Tajam penglihatan setelah operasi Vitreoretinal tergantung pada banyak hal antara lain:
• Ablasio Retina: tajam penglihatan setelah operasi ablasio retina tergantung kepada keadaan makula sebelum operasi.
• Retinopati Diabetik: Perbaikan tajam penglihatan setelah operasi vitrektomi untuk retinopati diabetik tergantung kepada:
1. Keadaan makula dan saraf mata sebelum operasi
2. riwayat laser sebelum operasi
3. keadaan umum penderita
4. dan keberhasilan menjaga kadar gula darah dalam batas-batas normal setelah operasi
5. keberhasilan operasi vitrektomi untuk retinopati diabetik lebih tinggi pada penderita yang sudah menjalani laser cukup sebelum operasi dan pada penderita dengan kontrol gula darah yang baik.

Komplikasi
Komplikasi yang sering terjadi setelah terjadi pembiusan umum adalah rasa mual dan muntah-muntah.

Komplikasi akibat operasi:
Komplikasi dapat terjadi pada semua operasi termasuk operasi vitreoretinal. Operasi hanya akan dilakukan apabila diperkirakan sebelumnya bahwa resiko komplikasi akibat operasi adalah kecil dibanding dengan kemungkinan penyelamatan penglihatan kalau operasi berhasil.
Contoh komplikasi yang dapat terjadi setelah operasi Vitreoretinal:
• Infeksi
• Perdarahan
• Ablasio retina baru, sebagai komplikasi operasi
• Glaukoma
• Katarak

Pemeriksaan Lapang Pandangan/ Kampus Visi

Pemeriksaan lapang pandangan sentral dan perifer dipergunakan untuk tiga alasan:
• Mendeteksi kelainan tajam penglihatan
• Mencari lokasi kelainan disepanjang jaras saraf penglihatan
• Melihat besar kelainan mata dan perubahannya dari waktu ke waktu/ follow up

Pemeriksaan ini dipergunakan untuk mengeliminir defferential diagnosis dan dipergunakan untuk melihat progresifitas penyakit, dan biasanya menyertai pemeriksaan lain misalnya: pemeriksaan ketajaman penglihatan, penglihatan warna atau pemeriksaan mata lainnya.
Pemeriksaan lapang pandangan dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari yang sangat sederhana bahkan tanpa alat, sampai dengan pemakaian alat canggih. Pemeriksaan ini selalu dilakukan pada satu mata baru kemudian dilakukan pada mata yang lain.
Pemeriksaan lapang pandangan bisa dilakukan dengan cara yaitu dengan uji konfrontasi dan kisi Amsler, atau dengan cara yang lebih canggih (dengan perimeter Goldmann).
Pemeriksaan lapang pandangan sederhana apabila dikerjakan dengan benar dan didukung dengan pemahaman teori yang memadai, akan dapat mengungkapkan berbagai kelainan lintasan visual.
Dibawah ini akan dijelaskan secara singkat teknik pemeriksaan lapang pandangan:
• Melihat wajah pemeriksa
Dengan salah satu mata, pasien diminta mengarahkan pandangannya kehidung pemeriksa kemudian diminta menerangkan mengenai perasaan penglihatannya misalnya:
1. pasien mengatakan hidung tampak tertutup kabut bulat sedangkan disekitarnya jelas. Ini menunjukkan skotoma sentral yang bersifat positif. Keadaan ini sering terjadi pada retinopati serosa sentralis
2. Pasien mengatakan ujung hidung hilang seperti terhapus sedangkan disekitarnya tampak jelas. Ini menunjukkan skotoma sentral yang bersifat negatif. Keadaan ini sering terjadi pada neutritis retrobulbaris
3. Pasien mengatakan bagian bawah hidung tampak kabur sedangkan bagian atas hidung tampak lebih jelas. Ini menunjukkan adanya hemianopia altitudinal inferior. Keadaan ini sering terjadi pada neuropati optik iskhemik anterior akuta.

• Melihat tutup botol Midriatikum (merah)
Dengan salah satu mata yang diperiksa pasien disuruh memfiksasi tutup botol yang tepat berada didepan mata.
• Melihat tutup botol Midriatikum (merah?) di Nasal dan Temporal
Pada mata yang diperiksa dokter memperlihatkan dua tutup botol sekaligus satu nasal satu temporal. Pasien diminta meluruskan pandangannya tepat diantara dua botol mengarah hidung pemeriksa
• Uji seperti nomor 3 dengan jari tangan pemeriksa
Pemeriksa menggerak-gerakkan jari pada setiap kuadran dan pasien diminta mendeteksi atau menghitung jari.
• Menetapkan batas tepi lapang pandang
Pada buku-buku lama, khususnya buku-buku neurologi, penetapan batas tepi lapang pandangan pasien dilakukan dengan membandingkan lapang pandangan pasien dengan lapang pandangan dokter, dengan asumsi bahwa lapang pandangan dokter normal.


KISI AMSLER
Pemeriksaan ini dipakai sebagai pemeriksaan penglihatan sentral 20 derajad, Kisi Amsler berupa gambar kotak-kotak kecil atau kisi pada selembar kertas. Kisi Amsler dipegang dengan jarak 14 inchi, umumnya pasien dikoreksi penglihatan dekatnya terlebih dahulu, mata diperiksa satu persatu.

PERIMETER GOLDMANN
Perimeter Goldmann berupa alat berbentuk mangkok setengah bola, dioperasikan secara manual, menggunakan target uji yang diproyeksikan, serta target uji dijalankan dari luar lapang pandangan kedaerah lapang pandangan atau daerah skotoma ke tepi skotoma. Perimeter ini dibuat oleh dokter Goldmann, sehingga nama lengkapnya perimeter ini adalah perimeter mangkok, manual, proyeksi, kinetik, Goldmann.

 

KLINIK VITREO RETINA

Setiap hari Senin, Selasa, Kamis, Jumat dan Sabtu

Pendaftaran via telepon : 0274-544744, 550380 atau 088802811256

 

Informasi lebih lanjut :

Seksi Hukum & Humas

Hp : 088802811255; PIN BB 326AE889; WhatsApp 0274-9411620

E-mail : Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya

Yahoo Messenger : Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya

Facebook : Humas Rsmyap

Twitter : @Rsmata_DrYap 

Comments (541)Add Comment
...
written by Chantik chinta, September 20, 2007
aku ingin bertanya apa sich tanda-tanda retinopatik diabetik.tolong dijawab
Retinopati Diabetik
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM, September 25, 2007
Hallo Chantik Chinta.
Pada penderita Diabetes Melitus yang sudah lama (lebih dari 5 tahun) biasanya harus waspada bila terjadi penurunan tajam penglihatan. Tanda klinis seperti mata merah, nrocos dll biasanya tidak dijumpai, kecuali Diabetesnya juga terjadi komplikasi glaukoma. Jadi sebaiknya jika terjadi penurunan tajam penglihatan segera periksa ke Dokter Mata, untuk diperiksa retinanya dengan ophthalmoscope.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
Dr. Nurfifi A,SpM.
...
written by Arya, September 28, 2007
Aku ingin bertanya berapa kira-kira biaya operasi untuk Ablasio retina (retinal detachment?
Terima Kasih
Biaya operasi ablasio
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM, September 28, 2007
Hallo Arya.
Biaya operasi sangat tergantung dari jenis ablasinya, karena jenis ablasi akan menentukan jenis operasi dan ini akan menentukan besar biayanya. Untuk operasi paling sederhana yakni hanya pemasangan Circle Buckling antara 5 jt sampai 9 jt (tergantung Klas). Kalau dilakukan vitrectomi antara 13 jt sampai 16,5 jt. Sudah termasuk rawat inap. Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam,
dr.Nurfifi A,SpM.
mau tanya?
written by mira humairoh, October 05, 2007
apa yang di maksud trauma mata? lalu apa gejala2 yang di timbulkan ?
terima kasih
Trauma mata
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM, October 07, 2007
Hallo Mira.
Terimakasih suratnya. Trauma mata adalah terjadinya trauma pada mata yang dapat berupa trauma tumpul (mata terpukul, atau kena smesh bola tenis atau shuttle cock), trauma tajam (mata tertusuk ujung pisau,dll), trauma kimia (mata tersiram bahan kimia seperti asam sulfat, bayclean, maka kemasukan kapur, dll) atau trauma fisik (mata terbakar dll). Gejalanya tergantung jenis trauma serta berat ringan trauma. Sebaiknya mata yang kena trauma segera dibawa ke spesialis mata untuk menghindari kerusakan yang lebih hebat. Demikian jawaban dari kami, semoga puas.
Salam,
dr. Nurfifi A, SpM
trauma mata
written by dian, October 22, 2007
Dok, adik saya setelah mengalami kecelakaan motor, mata kirinya tidak bisa melihat dengan jelas. Menurutnya, ada bayangan hitam tepat diretina mata, jadi bila melihat, benda yang fokus ditengah tidak terlihat, yang terlihat hanya di sisi luar bayangan hitam tersebut. Kira2 itu termasuk gangguan apa, bagaimana penangananya dan bereapa beasr biayanya ? terima kasih
retina lepas
written by yuki, November 07, 2007
dok, mata sebelah kiri saya jika difokuskan untuk melihat sudut kanan atas akan blank atau seperti terpotong jika diibaratkan lingkaran, menurut dokter retina saya lepas,tapi saya tdk pernah mengalami trauma apapun.terjadi begitu saja. yang ingin ditanyakan : apa penyebabnya, jika dioperasi berapa persentase kesembuhannya,berapa biayanya.apakah ini merupakan turunan atau bawaan dari gen. terima kasih
Retinitis Pigmentosa
written by erda, November 20, 2007
dok,tolong jelaskan tentang Retinitis Pigmentosa(RP) sedetail-detailnya?
Terima kasih
hemianopia altitudinal
written by yaya, November 21, 2007
dok, tolong jelaskan apa saja penyebab hemianopia altitudinal bilateral, lapang pandang bawah. Saya sudah CT scan, MRI tidak ditemukan apapun. thanks v much ya dok..
pertanyaan
written by chantik chinta, November 28, 2007
makasih y atas jwbanya tapi asaya mau tanya apa saja pengobatan bagi penderita retinopati diabetik terus bagaimana cara penyembuhanya,makasih
ablasio Retina
written by andi, November 29, 2007
Tanggal 27 Nov. saya berkunjung ke YAP untuk Second opinion Ablasio retina.Disana saya jumpai beberapa pasien ablasio yang harus dioperasi kembali setelah ops pertama gagal. yang ingin sy tanyakan sampai seberapa persenkah tingkat keberhasilan operasi ablasio, Khususnya pada lobang dan robekan pada retina bagian bawah. Teknik Ops tidak menggunakan Vitrek...(lupa istilahnya) mohon penjelasan dokter. Makasih sebelumnya.
centralcereus retinopathy
written by ella, December 06, 2007
siang dok, saya 23th. kata dokter mata di daerah saya saya menderita centralcereus retinopathy.sakit saya ini sering sekali kambuh dan saya menderita ini sudah lama.
dok, saya mau tanya bisakah saya sembuh? dengan cara apa?
tolong jelaskan ttg penyakit ini.
apa bahayanya dari penyakit ini?
dulu saya pernah menderita radang kornea, apakah sakit saya ini ada hubungnnya dengan sakit saya dulu (radang kornea). terima kasih sebelumnya smilies/smiley.gif
Jawaban Chantik
written by dr. Nurfifi A,SpM, December 07, 2007
Hallo Chantik.
Terapi untuk Retinopati Diabetika tergantung derajad retinopatinya. Untuk yang masih sangat ringan cukup dengan obat-obatan yang menghambat proses lebih berat, tentu saja diabetesnya juga harus diterapi.
Bila berat bisa dengan laser maupun operasi.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Dian, bayangan hitam paska trauma
written by dr. Nurfifi A,SpM, December 07, 2007
Hallo Dian.
Bila mata kena trauma dan cukup berat sehingga menyebabkan pembengkakan pada retina terutama makula, maka kalau terjadi penyembuhan makula tersebut dapat berlubang (macular hole) ini yeng menyebabkan penglihatan bagian tengah tidak jelas.
Sayangnya ini sulit untuk disembuhkan.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi, A,SpM.
Jawaban Erda, Retinitis pigmentosa.
written by dr. Nurfifi A,SpM, December 07, 2007
Hallo Erda.
Retinitis pigmentosa adalah penyakit degenerasi pada pigmen retina yang bersifat diturunkan (herediter). Kelainan sebenarnya sudah mulai sejak kecil hanya saja manifestasinya biasanya setelah dewasa (usia > 35 tahun). Penyakit ini mengakibatkan kebutaan secara pelan-2. Sayangnya belum ada pengobatan yang memuaskan untuk mencegah terjadinya kebutaan.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Andi, Ablatio Retina.
written by dr. Nurfifi A,SpM, December 07, 2007
Hallo Andi.
Memang tingkat keberhasilan operasi Ablatio sangat tergantung jenis ablasionya dan jangka waktu terjadinya ablasio sampai dioperasi, juga penyembuhannya sangat individuil (tergantung kondisi retina). Operasi yang tidak memakai vitrektomi, mungkin hanya dipasang Scleral Buckle saja.
Cobalah minta penjelasan pada dokter retina operasi apa yang akan dikerjakan.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Yuki, retina lepas.
written by dr. Nurfifi A,SpM, December 07, 2007
Hallo Yuki.
Retina lepas biasanya disebabkan berbagai hal al: minus tinggi, Diabetes (Kencing manis), kena trauma, infeksi. Sangat jarang tanpa faktor resiko diatas kemudian tiba-2 retina lepas. Terapinya biasanya dilakukan penempelan kembali dengan berbagai cara tergantung luasnya retina yang lepas, lamanya retina telah lepas, dll. Bisa hanya dilaser saja, tapi mungkin bisa dengan operasi. Cobalah periksa ke doktermata subspesialis retina, anda akan mendapat keterangan yang lengkap.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
gejala apa????
written by pipin, December 11, 2007
dok, saya mau tanya,,, saya sering bgt ngalami mata saya itu jika melihat sesuatu ada bayangan air di sekitar benda yang akan saya lihat... dan setelah itu tidak beberapa lama kepala sayapun sangat sakit sampe ingin muntah rasanya. kira-kira itu gejala sakit apa ya dok????
jawaban Pipin
written by dr. Nurfifi A,SpM, December 11, 2007
Hallo Pipin.
Bila melihat bayangan air disekitar benda, dan tidak ada kelainan dibagian zat penghantar cahaya(kornea, lensa, badankaca), mungkin kelainan ada pada retina atau saraf mata. Sayang tidak ada keterangan usia Pipin, pakai kacamata ngga, dll. Saran saya coba diperiksakan ke dokter mata dulu sebelum sakit bertambah parah.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
...
written by MORRIS, January 22, 2008
Berapa ya Pak biaya operasi macular pucker..?

Terimakashi atas jawabannya.
Morris
...
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., January 23, 2008
Hallo MORRIS.
Biaya macular pucker dari Kelas paling rendah (IIIB) s/d VIP antara 14 juta s/d 19 juta.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Akibat terkena Toxoplasma
written by sharie, February 01, 2008
Dear Dokter,

Saya mau bertanya, bagaimana pengobatan yang dpt dilakukan untuk retinitis karena toxoplasmosis?
Karena hasil foto FFA kmrn , toxo tsb telah 1/4 bagian merusak retina.Apakah RS. YAP dpt melakukan pengobatan tsb? Brpa biayanya dok?
Terima kasih dan mohon jawaban secepatnya.
Jawaban sharie
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., February 01, 2008
Hallo Sharie.
Apa Toxoplasma yang terdeteksi itu sejak lahir (Retinitis Toxoplasmosis Kongenital) kalau sejak lahir maka tidak bisa diobati, akan tetapi kalau baru kena infeksi, maka retina masih bisa diperbaiki dengan obat al. Spiramycin. Cobalah periksa ke ahli retina,
karena tidak perlu operasi, maka biaya paling banyak untuk pembelian obat.
Demikian jawaban kami semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Tolong sarannya
written by sharie, February 02, 2008
Dear Dokter,

Kemarin kami telah ke Dr. spesialis retina dan dia pun tidak dpt mengansumsikan apakah itu krna kongenital atau didapat. Dan kami dianjurkan untuk pengobatan injeksi. Yang saya mau tanyakan apakah benar upaya tersebut? dan untuk saat ini obat yg diberikan adalah Rovamycine 3MIU dan Lameson-8. Tolong sarannya. Karena berdasarkan yang saya baca di internet , untuk retinitis toxoplasmosis lbh efisien diberikan Clindamycine. Terima kasih atas bantuannya...

Regards
Sharie
Jawaban Sharie
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., February 05, 2008
Hallo Sharie.
Rovamycin memang obat untuk toxoplasma, sedangkan spiramycin dan clindamycin juga untuk toxoplasma, hanya biasanya diberikan pada wanita yang sedang hamil karena lebih aman bagi janin. Sedangkan untuk pengobatan injeksi disini jarang dilakukan, kecuali injeksi intravitreal Avastin untuk kasus kelainan retina yang akan/sudah terjadi neovascularisasi.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam
dr. Nurfifi A,SpM.
Vitreus ?
written by Hwanny, February 14, 2008
Dear Dokter,
Dok, saya sudah periksakan mata saya ke beberapa dokter mata(Jakarta Eye Centre,I-care & beberapa dokter mata yang lain) mata kanan saya ada banyak bayangan2 hitam yang ber-gerak2& sangat mengganggu penglihatan saya, kata dokter VITREUS, sudah dikasih obat Tetes Mata Vitrolenta,Cenfresh, katanya Vitreus tdk bisa dihilangkan!,apa betul dok? saya bingung mau kedokter mata mana lagi? saya tinggal diBitung/Manado. Terima kasih.
Jawaban Hwanny, Vitreus?
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., February 15, 2008
Hallo Hwanny.
Yang disebut VITREUS itu adalah isi bola mata yang konsistensinya seperti gel (jelly)dan vitreus ini yang membentuk bolamata sehingga tetap bulat. Bila vitreus keruh maka mata akan melihat seperti benda-benda kecil yang melayang-layang, hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal misalnya orang Kencing manis, orang dengan mata minus tinggi, dan bisa juga karena kena infeksi, dll. Memang sebagian besar tidak diketahui penyebabnya. Untuk menghilangkan kekeruhan vitreus (Floaters) sangat sulit, apalagi kalau tidak diketahui penyebabnya. Tetapi bila kekeruhan ini tidak bertambah banyak, maka hal ini tidak membahayakan.
Cobalah diamati sendiri apakah makin banyak atau tetap, kemudian kontrol saja di doktermata di Manado. Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
...
written by agus rismanto, February 28, 2008
assalamu 'alaikum.
mau tanya dok, adik saya retinanya kena. kalau operasi dengan askeskin itu ditangani oleh dokter atau
Askeskin
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., March 01, 2008
Ass. Agus.
Ma'af ya Agus, kami sampai saat ini belum bekerjasama dengan PT ASKES, sehingga tidak dapat melayani pasien dengan kartu ASKES apa saja.
Kami sarankan ke RS Sardjito saja karena yang menangani retina dokternya sama juga.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Wass.
dr. Nurfifi A,SpM.
...
written by wikey, March 17, 2008
Ass. dok,
dok sy 34 th, tidak punya riwayat sakit mata. sekarang dimata sy ada bayang2 hitam yang bergerak (floaters). sy sudah periksa ke dokter mata. katanya itu diakibatkan oleh pigmen yang lepas. dokter bilang tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dikurangi (disamarkan). apa benar dok? kalo memang sulit disembuhkan, bisa ngga dicegah untuk tidak bertambah banyak bayang2 hitamnya? apa yg harus sy lakukan untuk mencegahnya?
Jawaban Wikey
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., March 19, 2008
Ass Wikey,
Wikey, memang floaters sulit hilang, akan tetapi kalau tidak mengganggu sekali jangan risau. Bila floaters disertai penglihatan teganggu dan disertai melihat kilatan-kilatan, maka harus diwaspadai apakah bukan gejala awal lepasnya retina, ini terutama pada pemakai kacamata minus tinggi.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
kerusakan retina mata sebelah kanan
written by Sigit, March 27, 2008
dok, mata sebelah kanan saya mendadak menjadi kabur tidak bisa melihat . sudah konsultasi di dokter spesialis mata, ada gangguan retina. kondisi ini dilaser tidak bisa. harus dioperasi. terus terang, saya jadi stress mendengar dioperasi, yang katanya mata saya dikeluarkan dan retina ditambal kembali. pertanyaan saya, apa betul seperti itu ?apa tidak ada cara lain (dilaser saja)? berapa lama harus opname? dan kira-kira berapa biayanya? dan apa harus segera , mengingat untuk mengumpulkan uang begitu banyak, saya perlu waktu. perlu dokter ketahui, glukosa, jantung, tensi saya normal. apakah bisa menjalar ke mata sebelah kiri? selain itu, apa langkah preventif yang harus saya lakukan sebelum saya siap operasi. terima kasih atas kesediaan untuk menjawab pertanyaan saya diatas.
Retina Mata Kanan Kabur
written by Sardjono, 54 Tahun, Sby, March 29, 2008
Dokter yg baik.
Saya mau tanya mengenai mata sebelah kanan saya. Tadinya hanya minus 2,75 tapi ada plusnya 0.75. Minggu lalu mendadak mata kanan jadi kabur tapi masih bisa melihat bila disiang hari. Saya sudah periksa ke doktor mata katanya menglami kerusakan retina. Tabir retina robek dan harus drekatkan kembali. Atas dasar itu, saya ingin menanyakan;
1. Apa harus tindakan itu dioperasi, apa tidak bisa di laser atau lasik.
2. Bila dioperasi berapa lama harus diopaname dan berapa biayanya untuk operasi dan rawat inapnya.Berapa persen tingkat keberhasilannya.
3. Pada kasus saya ini pakah harus secepatnya dilakukan operasi. Karena mengingat biaya operasi cukup besar saya harus perlu waktu mengumpulkan biaya.
4. Selama menunggu operasi, apakah saya harus mengurangi aktivitas di depan laptop.Dan bagaimana preventifnya.
5. Apakah kerusakan retina ini bisa menjalar ke mata sebelah kiri saya?.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih, apabila dokter bersedia menjawabnya.
Jawaban Sigit
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., March 29, 2008
Hallo Sigit.
Kalau penglihatan kabur mendadak, kemudian didiagnosa kelainan pada retina, mungkin anda mengalami ablatio retina. Memang harus dioperasi untuk menempelkan retina segera, tapi operasinya tidak memakai mata dilepas, biasanya dinding bolamata dipasang Circling band yang terbuat dari silikon. Perlu tidaknya ditambah laser tergantung hasil pemeriksaan selama operasi. Makin cepat dikerjakan hasil makin bagus. Biaya di RS Mata Dr Yap antara 10 - 15 jt. Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Sardjono.
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., March 29, 2008
Hallo Sardjono.
Bila retina hanya robek sedikit, maka bisa di laser, tetapi bila sudah mengelupas (lepas), maka harus dioperasi untuk melekatkan kembali. Bila operasi mondok sampai 5 hari biaya /- 10 juta. Bila laser biaya sekitar 750 rb - 1 juta. Tingkat keberhasilan tergantung kondisi awalnya. Makin cepat dikerjakan prognosa makin baik. Selama menunggu operasi jangan bekerja yang berat-berat, ablatio retina tidak menular, kecuali yang disebabkan karena proses infeksi. Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A, SpM.
ABLASI RETINA
written by TAUFIK, April 11, 2008
saya mo nanya nich dok..! *apa kiat2 tuk mengurangi resiko terjadi ablasi retina melihat kondisi mata sy yg minus sampe12 dan11? *sy juga mau OP katarak d RSM dr YAP. apakah ukuran bola mata akan normal setelah oprasi, secara bertahap? krn kata dr enni bola mata saya molor..*mungkin ada gerakan/kegiatan tertentu yg bs mengakibatkan ablasi retina? trim's toek dr fifi
Buat Taufik, ablasi retina.
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., April 15, 2008
Hallo Taufik.
Pada minus tinggi sebaiknya tidak melakukan olahraga yang berat (Angkat berat, beladiri dll). Untuk menghindari molor pada bolamata sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bisa memperkuat dinding bolamata, membaca jangan terlalu dekat dll. Habis operasi katarak bolamata tidak dapat mengkerut lagi.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
orang tua penglihatan menurun
written by jaya, April 16, 2008
Dok,ayah sy umur 80 th, 1,5 bln y.l mata kiri kena infeksi diberi obat tarivid skrg sdh sembuh,tp msh blm bisa jelas utk baca. kata dokter syarafnya sdh lemah n wkt diteropong tdk bisa jelas / keruh, bahwa hal itu proses de-generasi sb wkt mudanya pernah gegar otak. 3 th y.l pernah dioperasi katarak tp yg kiri gagal/kena lasernya. ada solusinya? trims.
Jawaban Jaya
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., April 17, 2008
Hallo Jaya.
Penglihatan yang menurun pada usia yang lanjut paling sering disebabkan karena proses degenerasi (penuaan), biasanya terjadi katarak atau kelainan retina yang disebut age macular degeneration. Sepanjang itu hanya mengenai lensa (katarak) sebenarnya dengan operasi masih bisa diperbaiki, tapi bila sudah mengenai retina sangat sulit. Kalau waktu diteropong keruh dan sudah pernah operasi katarak, maka kemungkinan kekeruhan ada di badan kaca. Sebaiknya diperiksakan ke dokter mata subspesialis retina. Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
phpv
written by kiky, April 19, 2008
saya ingin menanyakan sekilas Persistent Hyperplastic Primary Vitreous dok...
Terimakasih
...
written by Reni, April 21, 2008
Dok, ada comment di atas yang menyebutkan floater dgn disertai kilatan harus diwaspadai.. Kilatan itu seperti apa ya?.. Apakah seperti petir? Atau gimana?..
orang tua saya retina keruh
written by sarah.., April 22, 2008
yang saya mau tanya dok.. ibu saya mata nya kalu melihat kesamping seperti ada kelihatan blitz, kalo ditutup matanya seperti ada benang-benang halus. setelah diperiksa katanya retina keruh,tapi tidak robek,benang halus itu tidak akan hilang dan masih belum tau apa penyebabnya.. gimana dok cara penyembuhannya? apakah itu sangat berbahaya?terima kasih dok..
...
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., April 23, 2008
Hallo Kiky.
Persistent Hyperplastic Primary Vitreus ditandai dengan adanya jaringan berwarna putih pada vitreus yang biasanya meluas dari discus opticus ke fundus perifer atau ke lensa. Biasanya pada meridian nasal. Biasanya dapat dijumpai pula tarikan retina. Dapat pula disertai uveitis, dan relatif mikroftalmos. PHPV bisa dijumpai pada kelaingan kongenital.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Reni
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., April 23, 2008
Hallo Reni.
Yang pernah pasien keluhkan dan sampaikan pada saya yakni seperti melihat cahaya yang berkilat di bagian tepi (penglihatan tepi), mungkin bisa yang seperti anda sampaikan seperti melihat sinar petir di bagian tepi,
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
...
written by Reni, April 23, 2008
1 pertanyaan lagi dok.. Kalo keadaanya gini : kalo liat banyak garis lurus (contoh lantai kramik kan banyak garis2 item) pas memalingkan penglihatan ke arah lain suka ngejiplak jadi bayangan terang. Terus kalo di tempat terang sering ngeliat kaya benang2 yang mengkilat (jumlah banyak) dan kadang seperti ngeliat gelombang2 aneh di udara itu normal ga dok?
Terimakasih ya dok..
Jawaban Sarah.
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., April 23, 2008
Hallo Sarah.
Memang benar bahwa benang2 halus dibadan kaca sangat sulit hilang, sepanjang sudah diperiksa dokter retina dan dikatakan tidak ada robekan di retina, maka anda tidak perlu cemas. Benang2 halus tsb bila tidak bertambah banyak biasanya ini merupakan keadaan fisiologis karena proses penuaan juga bisa. Bila bertambah banyak maka perlu diteliti adanya infeksi bisa dengan pemeriksaan darah dll. Coba amati dulu apakah ada keluhan benang2 tersebut bertambah banyak/tidak.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
tanya alat pengambilan citra FFA retina
written by samekta, April 24, 2008
salam
sy mau nanya dok. apakah terdapat cSLO(confocal scanning laser opthalmoscopes) untuk pengambilan citra retina di Rumah Sakit Dr. Yap?
tanya bag retina
written by theresia, April 25, 2008
sekitar 4th lalu saya ke dr yap dg keluhan pandangan tertutup bercak hitam (berbentuk bulat atau bidang tidak simetris. di bagian retina dr yap, saya diberi obat 2 jenis tanpa tetes mata. ternyata hasilnya bagus sekali, dalam 3x pengobatan bukatan/area hitam menipis & mengecl dan menghilang. 1bln ini saya mengalami lagi tai lebih ringan krn tidak menghalangi pandangan (transparan, tidak pekat spt dulu), hanya terlihat bila melirik/memindahkan objek pandang dan berkedip. juga jika di runag gelap seperti melihat garis2 keperakan. bila memejamkan mata, seperti melihat area putih keperakan (yg kalau melek menjadi noda hitam yg menutupi pandangan itu). shg indikatornya mudah, kalau ketika merem noda putih keperakan itu belum menipis berarti masih sama saja. saya sudah 2x berobat ke dokter mata setempat diberi vitrolenta & obat minum (lupa namanya to sejenis vit B), tp hasilnya belum ada. pdhal dulu di dr yap cepat sekali. sayang, saya lupa apa obat dr dr yap shg ketika dokter disini bertanya saya tdk bisa memberi gambaran. bagaimanakah cara saya menjelaskan pd dokter mata setempat ini spy mendapat pengobatan spt di dr yap? atau haruskan saya kembali ke dr yap(saya dariluar kota)? jika ya,kartu pasien saya dicari gak ada, apakah bisa langsung datang?

oya, sbg info saya penderita minus tinggi. berminat mengikuti lasik tp katanya kalau >-15 tidak bisa ya?

terima kasih atas infonya.
jawaban Theresia
written by dr. Nurfifi A,SpM, April 27, 2008
Hallo ibu Theresia,
Sayang saya tidak mendapat informasi berapa usia anda sekarang. Kelainan retina pada penderita minus tinggi memang sering dijumpai, membaca keterangan anda kemungkinan memang anda mengalami floaters pada badan kaca dan kelainan pada makula (bagian dari retina). Sebaiknya anda periksa lagi di RS Yap bagian retina untuk mengetahui adakah gejala awal ablasi retina. Mengenai kartu yang hilang, kami akan coba mencarinya berdasarkan keterangan nama,alamat dan kapan terakhir periksa. Untuk Lasik, kalau memang tidak memungkinkan biasanya kami kerjakan CLE (Clear Lens Extraction).
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Samekta, FFA
written by dr. Nurfifi A,SpM, April 27, 2008
Hallo Samekta.
Untuk pemeriksaan FFA kami memakai Fundus Kamera tidak memakai CSLO ini tujuannya sama yakni pencitraan retina dari depan. Akan tetapi kami mempunyai alat OCT (Ocular Coherent Tomography) ini untuk pencitraan penampang/potongan retina sehingga dapat dilihat lapisan-2 retina.
OCT biasanya bisa mendeteksi secara dini kelainan pada retina baik pada pasien glaukoma, kelainan retina dan saraf optik.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
...
written by Yanni, April 28, 2008
Salam dok,

Saya mau tanya. Sekitar 3 bulan lalu mata kiri suami saya (umurnya 30 tahun) tiba2 buram. Waktu dicek ke dokter mata, tnyata matanya menderita BRVO.
Dokter mata menyarankan suamiku ke internist dan ahli darah. setelah dicek, tnyata semuanya normal. dan suami saya diberi obat trental yang sampai sekarang masih diminumnya.
Minggu lalu kita kembali lagi ke dokter mata, dan dokter mata menyarankan utk dilaser untuk menghilangkan saraf2 mata yang sudah rusak agar tdk tumbuh menjadi abnormal. Dan minggu ini suamiku akan disuntik obat avastin, karena hasil foto minggu lalu, tnyata ada pembengkakan di bag mata kiri tsb.
Pertanyaan saya :
1. bisa tolong jelasin tentang BRVO dan seberapa besar kesembuhan dari penyakit tsb?
2. adakah efek negatif dr obat trental kalau dikonsumsi terus menerus?
3. apakah efek positif n negatif dari obat avastin tersebut dan brp kira2 harga obat tsb?

Terima kasih atas penjelasan dan bantuannya, dok.
...
written by willy, May 02, 2008
salam dok,
saya ini penderita retinitispigmentosa, sekarang keadaan mata saya samakin kabur.
apa yang harus saya lakukan untuk mencegahnya? saya rajin membuat juice wortel, tomat, dan rimbang dijadikan satu, apa itu dapat membantu dok?
terima kasih dok
Jawaban Willy, Retinitis Pigmentosa
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., May 03, 2008
Hallo Willy.
Saya ikut prihatin atas keadaan mata anda. Retinitis Pigmentosa merupakan penyakit degenerasi pigmen retina karena faktor keturunan. Penyakit ini biasanya muncul saat dewasa dan penglihatan akan terus mengalami kemunduran. Untuk memperlambat terjadinya kebutaan biasanya disamping diberikan vitamin juga obat-2 untuk mengurangi tekanan bolamata. Yang utama adalah menjaga agar tidak stress, karena hal ini akan memicu cepatnya kebutaan.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
konsultasi retina
written by t.roy ramzali, pekanbaru, May 08, 2008
mata kanan saya tidak nampak dari lahir.retina mata saya sudah memutih kata dokter mata di malaka. apakah ada jalan keluarnya dok??????????????
...
written by willy, May 09, 2008
salam dok,
saya willy yg kena penayakit retinitis pigmentosa itu.
saya ingin tahu vitamin mata apa yang harus saya konsumsi untuk memperlambat kebutaan itu? apa nama obatnya itu dok?
terima kasih dok mohon bantuannya
salam dok,..
written by adib,jambi may 18 2008, May 18, 2008
saya adib, umur sy 31th...bola mta sy yg hitam ada lingkrangan putih..seperti bulan sabit..atas bwah,..mkin lma mkin lbar...kira2 bs diobati ga,trs klo sdh diobati,apa bs kembli sprti smula lg?......kira2 RS mna yg bs mnagganinya...brapa biayanya...n vitamin apa yg hrs sy konsumsi..agar tidak mlebar..n apa nama penyakit sya ini...mkasih


Jawaban Adib.
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., May 23, 2008
Hallo Adib.
Kalau membaca keteranganmu maka kemungkinan itu adalah Arcus Senilis, yakni lingkaran putih pada tepi kornea yang biasa dijumpai pada orang tua. Ini tidak bisa dihilangkan, tetapi jangan kawatir, karena ini tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kebutaan serta warna putih tidak akan sampai ketengah.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Mata Kering
written by Vicky, June 11, 2008
Dok, saya setiap harinya selalu di depan komputer dari bangun tidur sampai sore ya kira-kira 10jam lebih setiap harinya.Tapi itu kadang2 saya sambi dengna aktivitas lain. Mata saya minus tapi saya jarang pakai kacamata.

Mata saya sering terasa pedih dan kadang-kadang gatal seperti kemasukan pasir dan kadang-kadang sensitif dengan cahaya yg terang. mata kanan setiap dibuat melirik seperti ada yg mengganjal. apakah ini tanda mata kering?

Oh iya dok, mengenai ada bercak pada putih mata. Itu kenapa ya dok? kalau misal bekas luka apakah bisa sembuh?

Thanks
ROP
written by azlina, malaysia, June 19, 2008
Dok, saya mahu menanya, anak saya anak pramatang. lahir 26 minggu. matanya ada ROP. sudah dilaser 2 belah matanya. dan yang sebelah kiri sudah di oparasi. kata doktor yang merawat retina matanya detachment. apakah ada harapan mata anak saya dapat melihat? tolong dok beri penerangannya.
tanya tentang operasi laser retina
written by Emir, June 24, 2008


Saya Emir , dari Palembang,

Sejak usia 9 tahun, saya telah memakai kacamata dengan ukuran -2 saat itu, sampai usia 20 tahun, ukuran kacamata saya menjadi -7,5 untuk mata kanan dan kri, dengan silindris -3 (kalau tidak salah).

Pada saat itu saya merasa ada titik-titik hitam yang melayang-layang di pandangan saya, yang ternyata setelah periksa ke dokter mata di sini , dinamakan "floaters".

Pada tahun 2005 , usia saya 22 tahun, saya melakukan operasi LASIK di Singapore (SNEC), dan karena kornea saya tipis, jadi masih tersisa -0,25 kanan dan kiri.

Sampai sekarang floaters tersebut tidak hilang, dan kebetulan kakak saya juga dokter (umum), karena saya takut terjadi ablasio retina (dikarenakan miopi tinggi), maka saya konsultasi ke dokter mata.

Dokter mata mengatakan sampai saat ini retina saya masih normal, tidak terjadi robek, atau pun lepas (detachment), Namun untuk preventif bisa dilakukan operasi laser terhadap retina, agar retina.

Yang mau saya tanyakan, bagaimana prosedur laser retina tersebut, dan apakah memang diperlukan


Sebelumnya saya ucapkan terima kasih



Salam,



Emir Fakhrudin
menghilangkan floakers
written by andra, June 30, 2008
dok,saya berumur 18 thn,saya menderita miopi tapi saya tidak tahu berapa minus saya dan saya tidaj memakai kacamata karena saya tidak pernah memeriksa mata saya,di mata saya timbul floakers,saya merasa floakersnya semakin bertambah,apa yang saya harus lakukan,mohon dibalas. terima kasih.
test
written by dr. Nurfifi A, SpM, July 09, 2008
test untuk bgisi website yap
Masalah floaters
written by Ani, July 10, 2008
dok,sy gadis berumur 19 thn.mata saya dua-duanya minus 0,5 tapi saya tidak memakai kacamata,sejak 3 minggu lalu saya mengalami floaters,saya sudah memeriksakan ke dokter mata,hasilnya mata saya normal,tapi saya ttp khawatir karena menurut saya floatersnya semakin banyak,adakah obat atau terapi untuk mengurangi/menghilangkan floaters tersebut?,jujur hal ini membuat saya sangat tertekan.mohon bantuannya.terima kasih
...
written by Donny, July 10, 2008
hallo dokter,
gimana kabarnya, mudah2an sehat selalu.

langsung aja ya dokter.

Anak saya berumur 3 THN
belakangan ini saya perhatiin matanya itu sering banget berkedip, pas saya tanyain ma dia ngga ada rasa sakit katanya,

yg mau saya tanyakan ma dokter,
1. apa penyebap matanya tiba2 sering berkedip
2. apa nama obatnya yg harus saya berikan

sebelumnya saya ucapkan terima kasih


dony
MATA SERING BERKEDIP
written by Donny, July 11, 2008
hallo dokter,
gimana kabarnya, mudah2an sehat selalu.

langsung aja ya dokter.

Anak saya berumur 3 THN
belakangan ini saya perhatiin matanya itu sering banget berkedip, pas saya tanyain ma dia ngga ada rasa sakit katanya,

yg mau saya tanyakan ma dokter,
1. apa penyebap matanya tiba2 sering berkedip
2. apa nama obatnya yg harus saya berikan

sebelumnya saya ucapkan terima kasih


dony
Jawaban Donny.
written by dr. Nurfifi A,SpM., July 14, 2008
Hallo Donny.
Mata sering berkedip pada anak bisa karena anak merasa ada sensasi benda asing, biasanya bisa karena ada proses allergi pada mata. Bisa juga karena tajam penglihatan yang kurang baik, jadi memang harus dipastikan penyebabnya. Untuk itu anda memang harus memeriksakan putra anda ke dokter mata.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Ani dan Andra.
written by dr. Nurfifi A,SpM., July 14, 2008
Hai Ani dan Andra.
Jawaban kalian saya jadikan satu saja ya. Floaters kalau bertambah banyak memang kita harus waspada, jangan2 disebabkan karena proses infeksi. Untuk itu sebaiknya kalian periksa TORCH (toxo, CMV, HSV). Kalau cuma sedikit dan tidak bertambah, saya kira tidak perlu kawatir, meskipun hilangnya sulit, ini tidak akan menimbulkan kebutaan.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Buat Azlina.
written by dr. Nurfifi A,SpM., July 14, 2008
Hallo Azlina.
Kasus ROP memang cukup sulit. Hasil dari terapinya juga sangat tergantung dari luasnya kelainan retinanya (ablasinya). Ada kemungkinan anak ini menjadi anak yang Low vision, meskipun demikian biasanya masih bisa dibantu dengan alat bantu penglihatan (kacamata dan lain-lain). Biasanya status refraksi anak dengan ROP adalah mata miop. Saya kira dokter mata anda bisa memberikan penjelasan seberapa kira-kira tajam penglihatan anak anda.
Demikian jawaban kami, mohon ma'af bila kurang memuaskan.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Emir.
written by dr. Nurfifi A,SpM., July 14, 2008
Hallo Emir.
Laser retina pada miop tinggi (meskipun anda sudah di Lasik) memang sering dilakukan, terutama bila dijumpai retina yang tipis (degenerasi Lattice) atau ada robekan kecil. Laser ini gunanya untuk menguatkan retina supaya tidak mudah lepas (detachment/ablasi). Prosedurnya mudah cepat dan tidak mahal. Biaya di RS Mata Dr. Yap sekitar 750 ribu sampai 1 juta.
Tidak perlu rawat inap, sinar laser langsung ditembakkan di retina.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Vicky.
written by dr. Nurfifi A,SpM., July 14, 2008
Hallo Vicky.
Membaca keterangan anda, saya menduga anda memang menderita mata kering. Untuk memastikan hal itu memang sebaiknya dilakukan Schirmer tes. Kalau ada bercak pada putih, bila dulunya tidak pernah terjadi perlukaan dan bercaknya berwarna kecoklatan biasanya itu adalah sel pigmen (melanosit) jadi tidak perlu kawatir, ini tidak berbahaya.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
ROP
written by Azlina, Malaysia, July 17, 2008
Dr. Nurfifi, saya sudah menanya kepada doktor di sini. Mengikut beliau, mata anak saya retina matanya sudah rosak. Stelah dioperasi sebelah mata kirinya yang awalnya hanya semi-detach keadaan matanya lebih teruk, malah anak saya doktor sudah declare sebagai buta. Tolong doktor, apakah ada cara lain yang dapat saya lakukan???saya ada terbaca tentang artikel tentang ikan zebra yang dapat memulihkan kerosakan saraf retina mata. Adakah kajian itu sudah boleh diguna pakai???? Ingin penjelasan secukupnya. Terima kasih doktor.
tes Torch
written by ani, August 01, 2008
dok,tes torch itu dapat dilakukan dimana?harga dan prosedurnya.terima kasih.mohon dibalas
Buat Azlina.
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., August 05, 2008
Ass Azlina.
Saya ikut prihatin atas kondisi mata anak anda. Apakah doctor declare buta untuk kedua mata? Sebetulnya kriteria buta menurut WHO bila visual acuity < 3/60. Jadi bila belum 0 maka untuk daily activity masih bisa. Mengenai obat ikan zebra saya tidak ada pengetahuan tentang itu. Sepanjang itu halal dan tidak ada alergi saya kira tidak ada salahnya dicoba seperti kalau makan daging sapi saja. Setahu saya saraf yang rusak memang tidak dapat dipulihkan.
Demikian jawaban kami.
Wass.
dr. Nurfifi A, SpM.
TORCH, Ani.
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., August 05, 2008
Hallo Ani,
Periksa TORCH bisa di Laboratorium Rumah Sakit atau Laboratorium Swasta, kalau di Jogja, Pramita, Pramita Utama, Cito, Prodia dll. Harga tergantung masing-masing laboratorium. Prosedur bisa ditanyakan ke Lab.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
kerusakan retina
written by sitti chamsidar, August 08, 2008
dokter yth.
saya berumur 69 thn dengan riwayat penyakit datah tinggi dan diabetes. mata saya kiri sebelah sudah tidak dapat melihat jelas diatas 1 m karena terlihat terang dan berbengkok2 sementara yg kanan masih bisa melihat akan tetapi sudah 2 hari ini mata kanan saya mulai bergoyang2 seperti yg kiri dan mulai ada bengkokan dalam penglihatan. saya sudah berobat ke dokter di palembag dan dikatakan ada kerusakan retina karena tensi yang naik turun. dan sudah pernah operasi katarak. apakah mata kanan saya masih bisa diselamtkan dok. bila di tempat dokter bisa ada jalan keluar saya bersedia berobat kesana.


terima kasih

Sitti Chamsidar
Jl Dr. Cipto 8 palembang
Ablasio retina (retinal detachment) pada mata kanan
written by Rudy, August 08, 2008
Dok,
mata sy blm lama ini terkena benda sebesar 0,6 mm dan mengenai dinding blkg retina saya dan menghasilkan robekan yg cukup besar, tapi sy sudah di operasi dgn Scleral Buckling dan mnrt dokter pengliatan saya sudah tdk sempurna atau bs di bilang cm bs melihat angka2 pada jari tangan dan kalo melihat lurus nanti akan tdk keliatan.
Mnrt dokter saya hanya pulih 20% tapi sampai hari ini atau 2 bln sjk di operasi saya sudah bs melihat gerakan tangan walau tidak jelas lagipula di dalam bola mata saya msh ada silicon oil yg mnrt dokter 4 bln baru di keluarkan.

pertanyaan saya:
1.Apakah vision bs jauh lbh baik jika silicon sudah dikeluarkan dr mata ?
2.amankah saya krn skrg ini sy sering melihat gelembung kilat2an
3.adakah kemungkinan penyembuhan agak bs melihat dgn normal kembali melalui operasi atau terapi herbal ?
4.Amankah jika saya menggunakan obat tetes lain (utk mencuci mata atau lainnya) selain obat yg sdg saya gunakan ?

terima kasih
Jawaban ibu Siti Chamsidar.
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., August 13, 2008
Hallo Ibu Siti.
Membaca penjelasan ibu kemungkinan ibu menderita Retinopati hipertensi, dan berdasarkan usia ibu maka bisa jadi ibu juga menderita Age macular degeneration (proses penuaan pada retina). Bisa tidak diobati sangat tergantung keadaan retina ibu. Kami tidak bisa menentukan bisa atau tidak karena kami belum memeriksa kondisi retina ibu. Seandainya ibu memang mau periksa dahulu, maka saya sarankan langsung kebagian subspesialis Retina, kami buka tiap hari kerja kecuali Rabu. Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Rudy.
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., August 13, 2008
Hallo Rudy.
Sayang sekali mata kalau sudah pernah kena trauma apalagi yang cukup berat seperti anda sangatlah sulit untuk menjadi normal lagi. Trauma yang mengenai retina sampai terjadi lepasnya retina juga sulit untuk disembuhkan. Kadang retina secara anatomis bisa melekat lagi tapi secara fungsi ternyata tetap tidak bagus juga sering terjadi. Mengenai obat tetes herbal kami tidak tahu dan tidak mempelajari hal tersebut. Obat tetes untuk mencuci mata sifatnya hanya penyegar akan tetapi tidak dapat menyembuhkan kelainan retinanya.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A, SpM.
tanya tentang retinal detachment
written by dicky, August 14, 2008
Dokter yg terhormat,
Mama saya didiagnostic (RS AdiHusada di sby) terkena retinal detachment, lepasnya retina di bagian central/pusat, dokter mengatakan kalo dioperasipun akan sulit untuk kembali normal. Mohon informasinya kalo kami berobat ke RS Yap smg apa bisa dioperasi dengan kemungkinan sembuh normal, mohon informasinya dok, karena mama sy sdh hampir tdk bisa melihat, thanks.
konsultasi
written by Anti, August 15, 2008
saya mau tanya, kenapa mata anak saya yang satu lebih sipit dari yang lain ya? sekarang usianya 6 bulan. bisa sembuh tidak? apa harus dioperasi biar sama? tks
Jawaban dicky
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., August 15, 2008
Hallo Dicky.
Untuk menentukan apakah masih bisa dipulihkan dengan operasi atau tidak maka sebaiknya dokter kami (subspesialis retina) memeriksa dulu kondisi mata mama anda. Kami tidak bisa menentukan apalagi kami tidak ada informasi gambar keadaan retina mama anda. Saya sarankan periksa dulu ke subspesialis retina kami. Bisa mendaftar lewat telpon 0274562054 ext 109.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Anti.
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., August 15, 2008
Hallo Anti.
Mata kanan kiri yang tidak sama (salah satu lebih sipit) sejak lahir biasanya merupakan kelainan bawaan. Kalau kelopak mata agak turun kebawah disebut ptosis kongenital. Ini bisa dikoreksi setelah anak dewasa. Yang paling baik saat ini adalah periksakan dulu mata anak anda ke dokter mata, sehingga bisa diketahui apa kelainannya.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
banyak titik air
written by Indra, August 20, 2008
dok,sudah 2 bulan ini saya menderita floaters,tapi kata dokter mata saya normal.akhir-akhir ini saya sering melihat titik-titik air yang banyak beserta garis garis halus seperti lipatan ketika melihat langit juga melihat garis tebal transparan,say berumur 20 tahun mata minus 0,5 dan tidak berkacamata.Dok gejala apa itu? apakah berbahaya?mohon jawabannya terima kasih
Setelah di laser apakah bisa normal ?
written by Cindy, August 28, 2008
Halo Dok,
apakah setelah di laser karena retina retak/sobek keluhan seperti kilatan cahaya dapat hilang dan mata dapat kembali normal ?
Thank's
Jawaban untuk Cindy
written by dr Nurini, August 30, 2008
Halo Cindy, terima kasih atas pertanyaannya.

Laser pada retina yang sobek bertujuan untuk memperkuat perlekatan retina disekitar robekan, dengan tujuan untuk mencegah terkelupasnya retina (ablasi retina). Sedangkan kilatan cahaya terjadi akibat tarikan terhadap retina , yang pada sebagian kasus dapat menimbulkan robekan retina tersebut. Jadi laser yang dilakukan tidak mempengaruhi gejala kilatan cahayanya. Tetapi kilatan cahaya dapat hilang setelah tarikannya
lepas. Mudah-mudahan jelas ya penjelasan ini>

Salam,

DR. Nurini

...
written by Cindy, August 30, 2008
Hallo Dok, terima kasih atas jawabannya,
yang saya masih agak bingung bagaimana caranya supaya tarikannya bisa hilang ?

saya memiliki keluhan kadang-kadang seperti melihat kilatan-kilatan cahaya, dan setalah di periksa katanya ada robekan kecil pada retina dan harus di laser.

apakah kilatan-kilatan cahaya tersebut di sebabkan oleh robekan retina ?

maaf ya Dok, kalau banyak tanya.


Salam

Cindy
Ablasio retina (retinal detachment)
written by Antah, September 18, 2008
Dok , apakah Ablasio retina (retinal detachment) yg sudah akut ( hampir buta ) tidak ada cara lain penyembuhannya ya dok? dengan mengganti bola mata ( bank mata ) pun gak bisa ya dok?
terima kasih,
CSR
written by Dadang, September 24, 2008
Halo Dok, saat ini mata saya sebelah kanan didiagnosa mengalami CSR. Setelah berkonsultasi dengan dokter mereka menyarankan untuk diterapi obat dan vitamin selama kurang lebih 6 minggu. Karena menurut dokter bisa sembuh tanpa melakukan tindakan laser/operasi. Pertanyaan saya adalah apakah benar CSR ini bisa sembuh kembali dengan terapi obat ? dan apakah faktor stres/kelelahan yang menjadi penyebab terjadinya CSR tersebut. Terima kasih
...
written by Cepi, October 27, 2008
Hello Dokter, menurut dokter mata retina mata saya tipis karena myop (-7). Apakah bisa dioperasi untuk mencegah Ablatio Retina atau ada tindakan lainnya. Thanks
Jawaban Cepi.
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., October 30, 2008
Hallo Cepi.
Untuk mencegah terjadinya ablasio retina, biasanya dilakukan laser pada retina untuk memperkuat penempelan retina jadi tidak dilakukan operasi.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Makula Hiporit
written by Tribudi Panut, November 23, 2008
Dokter, sudah hampir 6 bulan saya pengobatan intensif mata. Kata dokter menderita Makula Hiporit. Sekarang yang kiri sdh cukup baik tetapi semua benda berbelok-belok. Sedang yng kanan belum bisa melihat, krn seperti tertutup bayang-bayang air. Apakah tidak ada tindakan operasi atau laser untuk mata saya, dok?
retina tipis, harus di laser?
written by sugi, November 24, 2008
Salah satu dokter mata sudah menyarankan saya melakukan laser untuk memperkuat retina mata saya yang tipis. Pertanyaan saya: 1. apakah efek2 dari kegiatan ini? 2. berapa persen tingkat keberhasilan dari kegiatan ini? (terus terang saya takut jika tidak berhasil) 3. jikalau sudah di laser kemudian apakah retina tidak bisa retak? kalau bisa retak berarti harus dioperasi juga? thank u
bayangan
written by Anton, December 04, 2008
Dokter yang terhormat,
Saya mau tanya nih..
pandangan saya ada bayangan-bayangan kecil melayang2, posisi bayangan2 tersebut tidak selalu sama (tergantung pergerakan bola mata) dan ukuran bayangannya kadang bisa membesar dan mengecil (tergantung fokusnya),kira-kira itu apa yah dok? bisa disembuhkan tidak? apakah berbahaya?
Saraf retina yang lemah
written by corry, January 04, 2009
dok,, saya adalah calon pasien operasi tanam lensa,, tapi yg saya tau mata saya yg sebelah kanan sarafnya sudah sangat lemah(lazy eye),, bagaimana caranya untuk memperbaikinya atau setidaknya mempertahankan kondisinya agar tetap seperti skrg dan tidak memburuk??
apakah ada makanan khusus yg harus dkonsumsi??
lalu apakah setelah tanam lensa dengan saraf yg sudah lemah tsb, saya bisa melihat seperti orang normal lainnya??
makasih dok
konsultasi mata
written by susi, January 05, 2009
dok satu bln lebih mata saya merah dan pegal.oleh dr mata diberi tetes mata tobroson sembuh.seminggu buram merah dan pegal di mata ,pakai tobroson lagi tidak merah tapi tetap berkabut sampai sekarang masih pakai tobroson.hasil lab darah putih mencapai 19.10 H.basophils 1.10 H .platelet 440 H.MCHC 37.2 .dibadan juga ada bercak coklat agak kemerahan tapi tidak banyak.yang ingin saya tanyakan saya mengidap apa ,bagaimana pengobatannya .terimakasih
retina mata kanan kena csr/pembengkakan
written by Kriso, January 07, 2009
Siang dok,
saya bulan nov 08 kena pembengkakan saraf retina kata dokter di jambi. bulan empat lalu sembuh tapi kambuh lagi bulan 12 lalu. Mata kanan kalo melihat benda mis tv. dari bentuk kotak jadi melengkung dan tulisan di tv mengecil. apa bisa diobati dok. bagaimana caranya.
...
written by yossi, January 13, 2009
retina kiri saya melintang sejak lahir apakah bisa diperbaiki dg opersi laser?
...
written by dolly, January 13, 2009
kornea kiri saya melintang sejak lahir apakah bisa diperbaiki dengan opersi laser?
retina diabetik
written by shinta, January 20, 2009
Hallo dr yg baik
saya mau tanya,suami saya baru di laser retina kira2 2mgg yg lalu ,kebetulan ada diabetik yg akan saya tanyakan apa bisa kembali semula karna sebelum nya penglihatan kabur. Dan mata yg satu lg kata dr hrs laser juga, suami tdk mau krn belum ada hasil nya dan anak2 menganjurkan di bawa ke perth ,apa yg hrs saya lakukan ,usia suami 59 th obat yg beri polidex apa sudah cukup , trima kasih ya dok.
posisi kt di jkt
saya tunggu balasannya.tksh
post vitrek
written by IRMA, January 27, 2009
dOK, aDIK saya (13 th) 1 thn yANG LAlu oprasi vitrek, kata doKter REtinanyA Lepas, Stelah Oprasi, 2 bLN PErawatan hasilnya bagus, malah dia bisa melihat tulisan dengan sangat jelas tanpa kacamata (padahal dulu minus 5, silindris juga), tapi kok stelah 2 bln itu dia merasa penglihatannya jadi jingga, ternyanya kata dokter adik saya harus dioprasi ulang, knapa bisa begitu ya dok????
Karyawan
written by Muharam Santoso, January 29, 2009
Q & a ini sangat membantu bagi yg memerlukan, mohon penjelasan, makanan apa yg dianjurkan untuk memperkuat dinding mata (retina). tks banyak
efek samping lucentis
written by rudy, February 09, 2009
dok, untuk penyuntikan dengan lucentis dalam kasus diabetic retinopati, apa saja resiko, efek samping dan tingkat keberhasilannya? apakah ini pengoatan terbaik yang bisa dilakukan? terima kasih.
kelanjutan perawatan
written by widya, February 14, 2009
dokter,ibu sy pada tgl 5 januari kecelakaan,kena mata kanannya. sudah dioperasi oleh dr.rochasih,solo. dan telah dinyatakan tdk bs melihat lg. karna trauma yang sangat berat,sampe sekarang bola mata masih nampak merah..setiap hari sy di suruh tetes mata 4x sehari (floxa,cenfresh,dan polidex) dengan obak minum (bio atp,dan lameson.)

kami ingin penanganan lebih lanjut. karna mata ibuk sekarang cenderung mengecil. bagaimana saran dokter??
kadang2 ibuk seperti melihat bayangan tak jelas kotak2 kecil,apa itu dokter?? trimakasih.

perlu diketahui,saya pada tgl 8 januari 2009 sudah konsul dgn dr,eni di yap,kata beliau sekarang msh pada fase menunggu pendarahan. saya konsul tanpa ibuk,karna kondisi ibuk tidak memungkinkan dibawa2,masih opname,dengan cidera lain patah tulang.

trimakasih dokter.
elevasi retina
written by donald, February 15, 2009
dokter yang saya hormati
dua tahun lampau saya mengikuti pengobatan alternatif akupresur di bandung, pelipis saya ditekan pake sebuah alat. namun esoknya mata saya tiba-tiba merah berlemak, dan terasa perih (apalagi kalau melihat cahaya). setelah diperiksakan ke dokter mata, saya didiagnosis leukoma, ada titik putih di kornea yg membuat penglihatan kabur, sehingga disarankan cangkok kornea. itu dua tahun lampau. namun titik putih itu perlahan hilang dan setelah di foto fundus, saya didiagnosis ada kerusakan retina oleh dokter retina. Walau mata kanan saya tidak sekabur dulu, namun kepala saya sering pusing. mata kanan yang dulunya minus sekarang ada plus nya dok. Mohon solusinya. terimakasih.
perdarahan retina
written by vita, February 20, 2009
10th yl saya ko-ass di RS DR YAP & skarang dokter umum yg bekerja di asuransi.
mau tanya... apakah radiasi cahaya komputer (bekerja terlalu lama dg komputer)dapat menyebabkan perdarahan retina...??
terima kasih
...
written by weko, March 06, 2009
doter nurfifi aku mau tanya mata saya minus tinggi 12 kiri,14 kanan .disebelah mata kanan saya mulai ada benang2 halus yg kesana kemari kalau untuk melirik.penyakit apa dok?bgmn supaya tidak tambah parah? saya sewaktu kontrol di rsm yap mengkonsumsi vit. matolamp apa perlu dilanjutkan? apa perlu operasi untuk penyembuhan mata saya dok?terimakasih .mhn dijawb ya dok sy tunggu
Pasca Operasi Vitreoretinal
written by Eko, March 08, 2009
Assalamu'alaikum, dok. Dua hari yang lalu anak saya menjalani operasi vitreoretinal untuk membersihkan vitreus yang kerus akibat pendarahan dan sekaligus memasang lensa baru karena lensa mata anak saya mengalami dislokasi. Operasi yang berlangsung dua jam tersebut berjalan lancar. Namun saat ini mata anak saya masih belum bisa melihat sama sekali. Jika perban dibuka ia mengeluh perih dan berair. Kapan mata anak saya bisa pulih? Terima kasih dok. Wassalam
B'lum Tahu gejala Mata apa
written by fardi, March 13, 2009
S'lamat Malam Dok,
Dok sya tidak tahu sy mengalami gejala mata apa ?, tp Dok sy hny ingin mencritakan kondisi mata sy. Bgini Dok, skrang sy berusia 20 thn, sy mengalami gejala ini kurang lbih 6 thn lalu, awalnya di dpan pandangan mata sy terlihat bintik-bintik hitam ketika sya berada di bwh matahari, dan gejala ini hanya terjadi pd mata kiri sy, selain itu dok ketika sy menatap orang atau melihat kedepan pasisi mata sy tidak berada ditengah tp dia bergeser kekiri, selain itu dok mata sy disertai dengan kabur, mata sy sblah kiri ini tidak dpt melihat tulisan dan kalau melihat benda-benda yg lain itu bisa kelihatan cma kabur dok. Sya udah pernah ke Dokter mata , dokter bilang mata sy rusak, tapi dokternya tidak memberi tahu gejala mata apa yang sedang sy alami. Dok bantu sy Dok, sebenarnya sy mengalami gejala mata apa ? dan apakah ini berbahaya ?
...
written by yuli, March 15, 2009
biaya laser mata untuk yg mionnya 5?
pertanyaan akan penyakit mata yg terjadi
written by oki utama, March 29, 2009
assalamualaikum wr wb
Nama saya Oki Utama, dari semarang, saya termasuk awam masalah mata, namun sy sgt ingin tahu masalah yg terjadi sm saya. Mata saya yang kiri sudah tidak berfungsi lagi dikarenakan dulu SMP pernah kena benturan bola. saya periksakn walo terlambat kata dokter cairan dalam mata sdh keruh dan retina saya sudah rusak.
Dan sekarang umur saya 32 th, kejadian yg br tjd 1 minggu yg lalu, saya mengeluh ada gejala benang/kapas/bintik2 halus melayang2 transparan di penglihatan mata sy sebelah kanan. Krn sy trauma akan mata sebelah kiri, sy langsung periksa k dokter mata d semarang, diagnosa awal dokter --> hal ini biasa saja terutama kl melamun biasanya tampak kyk begitu atau peradangan awal. namun dokter memastikan gejala itu beda dgn kasus mata sblh kiri. Saya dikasih obat tetes polydex dan obat minum lamesson4 Methylprednisolone. Namun br 2 hari mata saya jadi lbh memburuk. obat sy hentikan sesuai petunjuk dokter. mata kanan saya sebelah kanan, setengah kebawah tidak dpt melihat dgn jelas. kesannya ada cairan /liquid yg menghalangi penglihatan di bagian bwh mata. jadi sekarang saya benar2 cemas dan takut akan kondisi mata saya. semoga dengan pertanyaan sy ini ibu/bpk dokter dapat membantu menjelakan apa yg sdg terjadi pada mata saya ini.. terimakasih sebelumya

Jawaban bpk/ibu dokter dpt dikirim jg melalui emai sy : Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya
...
written by fatonah, April 02, 2009
ass.. dok
saya cucu nurfatonah mahsasiswa D3 refraksi optisi STIKes Dharma Husada Bandung, mau minta pendapat mengenai kondisi psikologis & keseimbangan mental penderita low vision yang mendadak yang cenderung membawa perubahan prilaku, terima kasih sebelumnya
Pasca Operasi Ablatio Retina
written by Achmadi, April 04, 2009
Asslmkm dok,

Pd tgl 17/03/09 sy menjalani operasi ablatio retina utk mata kiri, seminggu kemudian laser dan 2 minggu kemudian dilaser lagi. Utk mata kanan hanya dilaser.

Saat ini [03/04/09) bintik2 hitam spt semut msh ada & jarak pandang masih terbatas.

Pertanyaan saya, apakah retina yg sdh dioperasi ada kemungkinan akan robek lg, apa yg hrs sy lakukan utk menjaga agar kesehatan retina sy terjaga?

Terima kasih,
Achmadi
vitrektomi pada DM
written by bulan, April 05, 2009
haloo dokter..
papa saya sudah menderita Diabetes selama lebih dari 10 thn..dan sekarang mengalami komplikasi ke mata..yaitu penglihatan kabur dan seperti melihat benda2 kecil terutama pada mata kanan.lalu dokter SpM menganjurkan laser mata kanan dan juga mata kiri(sekitar 3x)...lalu krn perdarahan mkn byk akhirnya VItrektomi dgn tampon silikon pada mata kanan saja yang 5 bulan lagi stlh op akan dikeluarkan kembali..tapi post op(viterktomi) mata kanan tetap kabur(hanya floatersnya sdh hilang)...saya ingin menanyakan apakah stelah silikon dikeluarkan kembali papa saya bisa melihat kembali..dan pemakaian kacamata utk jauh dapat membantu?n apaka kalo sudah vitrektomi masi bs laser lagi utk mata kanan
mau tanya
written by sianty, April 05, 2009
dear dr....
saya berumur 32thn, sy mempy riwayat mata bawaan/keturunan, th'99 mata sy sdh pernah dilasik krn tiba2 kedua mata sy sk buram pd wkt itu minus kedua mata sy -15, hsl lasiknya bgs minus hlg, tp lama kelamaan ada lg sampai skrg mata kiri -5 & kanan -7.5 msg2 ada selindernya. kira2 2 mg lalu, mata kanan sy ada 2 benda htm yg melayang2 mengikuti grkkan bola mata sy & kl terkena cahaya mt sy jd silau dan spt ada genangan air. kt dkt spesialis mata itu krn ada pigmen yg lps & tdk akan hlg hy dicgh jgn bertmbh byk. yg ingin sy tykan apakah berbahaya mengingat riwayat mata saya spt yg sy crtkan diatas td ?? & dg minus skrg ini sy msh tetap krg jls jk melihat sesuatu khususnya tulisan tp stp sy cek mata ktnya sdh mentok tdk bs ditmbh lg ukurannya....apakah krn faktor keturunan/ bawaan itu td dok ??? mhn jwbnya & terima ksh byk ...
mau sharing
written by Soenarsoem, April 06, 2009
Saya pria berusia 57 Tahun saya menderita diabetes saya pernah melakukan penggantian Lensa, Laser retina 3X & di suntik di bagian bola mata sebanyak 2X di RS Mata di daerah Jakarta, tetapi sampai saat ini tidak perubahan yang sifnifikan bahkan sejak 2 hari yang lalu mata saya hampir tidak dapat melihat sama sekali..kira-kira apa yang terjadi dengan mata saya. terima kasih
perdarahan retina
written by umi, April 09, 2009
dok, saya mau tanya..
perkenalkan saya mia 45 tahun.
saya mengalami perdarahan pada retina sebelah kanan.
karena itu saya tidak bisa melihat (blawur).
saya sudah konsultasi pada 3 dokter spesialis, tetapi hasilnya sama saja.
dokter yang terakhir menyarankan saya untuk injeksi obat.
katanya perdarahan retina cuma bisa diatasi dengan injeksi udara atau injeksi obat. sehingga disarakan injeksi obat dengan biaya 2.500.000
dan injeksi ini akan dilakukan bisa 2 sampai 3 kali injeksi.
nah pertanyaan saya adalah, injeksi itu seperti apa ya dok bentuknya?
apakah jarum suntik akan menempel di mata saya?atau hanya memasukkan obat saja seperti suntik biasa.
dan apakah efek samping dari injeksi ini dok??
dan apakah setelah injeksi bisa kembali melihat seperti semula?
terima kasih dok
Mata Kanan Merah dan Perih Jika Terkena Cahaya
written by Caca_Jakarta, April 16, 2009
Hallo Dok..
Mohon dibantu, sdh 2 hari ini mata kanan saya merah (hanya mata kanan saja), perih dan berair jika terkena cahaya... terasa agak pegal juga.. sbg informasi saya pengguna lensa kontak krg lbih 4 tahun, tpi slm itu mmg pernah suatu kali iritasi, kmdn sembuh stlh saya istirahatkan penggunaan lensa kontaknya..
dan cerobohnya saya, di bbrp minggu terakhir yg lalu, pd saat saya keluar kota, lensa kontak tsb jarang saya lepas... jdi sktr 3-4 hari mata saya terus menggunakan lensa kontak.. smilies/sad.gif
yg saya mau tanyakan, apakah penyebabnya ini karena penggunaan lensa kontak?
dan bagaimana mengatasinya? saya sdh lepaskan lensa kontaknya dan slm 2 hari ini saya hanya menggunakan obt tetes mata yg dijual bebas di pasaran.. apakah itu bisa membantu?
Terima Kasih Dok..sbelum dan sesudahnya. smilies/smiley.gif
Wiyoto
written by CR Wiyoto, April 20, 2009
Halo Dokter yang baik,

Saya pria umur 41 th pake kacamata dari kelas 4 SD
dan riwayat myopia
mata kiri minus 14 dan kanan minus 9 cyl 1.5.
Saya kerja di bidang IT consultant
pas ditempatkan di negara South Africa.
Dalam sehari saya bisa berada di depan komputer
10 - 12 jam sehari.

Pada tgl 3 Feb 2009 dalam pandangan mata kiri saya
ada 2 floaters berupa rambut dalam bentuk lingkaran
besar dan kecil, check di dokter mata bilang
terjadi degenrasi vetrues.
Tgl 16 Feb 2009 mata kiri saya kena retina detachment karena sbgian
pandangan dari bawah udah ketutup
dan tgl 18 Feb sudah tertutupi 95%, disinari senter
cahayapun tidak tampak.
Tanggal 19 Feb 2009 saya operasi operasi vitrectomy
retina detachment di JohannesBurg South Africa.
Mata kiri saya di beri olie silicon dan gas untuk merekatkan kembali retina yg lepas,
dan penglihatan kiri saya skrg setelah hampir 2 bulan ini masih bisa dibilang 45%,
dan tidak tampak lagi floater di mata sebelah kiri.

Skrg saya dalam masa pemulihan dan skrg sdh 2 bulan,
dan sejak 2 bulan habis operasi ini atas saran dokter disana saya harus tidur hadap kanan dan
saran dokter sana tidak boleh terlentang.

Pertanyaan:

1>Apakah boleh tidur di sisi kiri atau terlentang dok?

2> Menurut dokter sana, saya masih harus
menjalankan 2 operasi lagi:
operasi pengambilan kembali olie silicon
dan operasi katarak
dalam jangka waktu 2 - 3 bulan setelah operasi ke1 tgl 19 Feb 2009?
Apakah methode ini benar dok?

Bila benar, Apakah di RS Yap bisa meneruskan
operasi, berapa besar beaya operasinya ?
berapa lama ? apakah harus rawat inap?
berapa lama waktu pemulihan ?

3> Apakah dalam masa pemulihan ini,
ada kemungkinan retina masih bisa lepas ?

4> Saya control di klinik mata di Jakarta :
dokter di Jakarta memberikan 3 macam obat tetes:
- AZOPT (untuk penurun tekanan bola mata),
TIMOL dan Naturale eye bila di depan komputer.
Apakah obat2an ini sudah benar dok?

Tekanan bola mata saya skrg mata kiri: 13 dan mata kanan 11, normalnya 15 khan Dok?

Apakah obat2an ini bisa menyebabkan timbulnya floater di mata sebelah kanan?


5> Mata kanan saya ada gejala rambut kecil di kanan
bawah skrg dok sejak 3 minggu lalu, dokter jakarta
bilang itu floater, saya takut dan setress sekali dok
dengan kondisi ini sebab saya sangat bergantung pada
mata kanan saya.
Apakah retina kanan bisa di laser untuk menguatkan
agar tidak lepas spt yg kiri ?
Kalo bisa:
berapa besar beaya operasinya ?
berapa lama ? apakah harus rawat inap?
berapa lama waktu pemulihan ?

6> Apakah dengan kondisi pasca operasi ke-2 dan 3 nanti saya masih bisa bekerja di bidang komputer ?

salam hormat saya
CR Wiyoto
periksa retina bayi
written by kuna, April 21, 2009
dok, dulu sebelum hamil saya pernah tes TORCH dan hasilnya ada beberapa nilai igg yg positif, kemudian spog saya menyarankan ntar kalo bayi dah lahir coba dilakukan pemeriksaan retina mata untuk melihat adanya fokus/sarang toxo di retina mata. pertanyaannya:
1. kalo di RS dr YAP ini saya sebaiknya menghubungi dr siapa? siapa saja dr ahli retina?
2. sebaiknya pemeriksaannya dilakukan saat bayi umur berapa minggu?
retina dan floaters
written by handaya, April 23, 2009
Dr. yg baik,
saya berumur 26 tahun,bekerja di jkt.pd awalnya mata kiri saya buram lalu saya periksa ke rumah sakit mata di jakarta.dokter bilang saya terkena ablasio retina dan harus segera dioperasi. operasinya bernama operasi vitrectomy.sekarang sudah 3 bulan pasca operasi. dokternya menyatakan sudah 80 persen pulih,tetapi kalau melihat tulisan, penglihatan saya masih goyang( belok-belok).yg saya mao tanyakan adalah:
1) apakah mata saya bisa pulih dan kembali normal 100%.dan kira2 berapa lama wkt yg diperlukan untuk dpt kembali normal?plu dokter ketahui,mata kanan saya minus 3 dan mata kiri minus 3,5.
2)pasca operasi,mata kanan saya jd ad floaters kurang lebih 6 bintik hitam..sudah dicek ke dokter,dokter bilang tidak apa2 tapi harus sering kontrol.apakah bs hilang atau berkurang?
3)hal2 apa yg tidak boleh dilakukan sehubungan sakit mata saya ini?
4)apakah penderita ablasio retina boleh dilasik atau tidak?dan kalau mata kanannya dilasik,floaternya hilang atau tidak?
terimakasih saya ucapkan sebelumnya..
retinal aplasia
written by henny, April 25, 2009
dok, retinal aplasia itu sama dengan retinal ablasio gk? tolong jelasin tentag retinal aplasia dunk secara rinci. lengkap dengan dominannya ya
titik di pengliatan
written by dikdik, May 18, 2009
hai dok,
saya menemukan hal yang janggal pada pengliatan saya. saya menemukan titik yang konstan posisinya ketika melihat ke arah manapun. saya tidak tahu bagaimana cara untuk mendefinisikan besarnya. tapi yang saya lihat. seukuran huruf 'o' di tulisan ini pada jarak baca 45 cm. titiknya tidak gelap, tetapi agak transparan.
gejala ini tidak terlalu berpengaruh pada aktivitas saya, tapi membuat saya gak kurang nyaman. saya mohon informasi tentang apa yang saya alami. trimakasi
retinopati serosa sentral
written by Twink, June 09, 2009
saya mo tanya gejala dari peny ini apa aja ya?
trus saya juga mao tanya, kalo melihat seperti melihat dengan teropong itu penyakit apa ya dok?
thanks..
Ptosis Palpebra
written by Dhuy, June 11, 2009
Hallo dok,
Saya prnah mbaca ttg KOSMETIKA MATA UNTUK SELF CONFIDENCE oleh RSI Sultan Agung Smrg. http://www.rsisultanagung.co.id/v1.1/index.php?option=com_content&view=article&id=142:kosmetika-mata-untuk-self-confidence&catid=6:berita&Itemid=36
Apkah RS Dr.Yap bsa melakukan tindakn medis serupa?
Kira kira wktu yg dibutuhkn utk masa checkup,operasi & pengobatan brp lama? Biaya yg dibutuhkn krg lbh brp?
Saya brusia 28th dan menderita mata lelah sblh kanan.Kondisi penglihatan mata kanan sbnrnya normal,hny saja krn tertutup oleh kelopak yg turun td menyebabkn gangguan pd penglihatan.
Ats jwbn & perhatiaannya saya ucpkn terima kasih.
ablatio retina
written by arif nurhadi, June 24, 2009
Dokter, istri saya belakangan mengeluh seringnya melihat kilatan-kilatan warna putih di sudut mata bagian luar, kadang dalam tidurpun dia "melihat" itu, apakah ini termasuk ablatio retina, dan dimana sebaiknya kami berobat di Makassar. Sebagai tambahan informasi sekitar 20 th lalu (semasa SMA) oleh Dokter mata dikatakan istri saya menderita glukoma, tetapi beberapa tahun kemudian (10 th-nan sesudahnya) diperiksa lagi katanya tidak ada, kaca mata yg digunakan sekarang progressive ,- dan silinder.
Saya sendiri berkaca mata progressive minus 8 dan plus 1.5, sepertinya punya keluhan floaters juga. Mohon sarannya dimana sebaiknya kami berobat. Terima kasih
toxsoplasma retina
written by yogi, June 28, 2009
dok saya yogi, 19 th..
mau tanya dok, pada pasien dengan toksoplasma retina untuk dewasa terapinya apa ya dok? lalu kriteria sembuh seperti apa?
terima kasih
Jawaban Yogi
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., June 30, 2009
Hallo Yogi.
Ada beberapa macam obat yang biasa dipakai untuk Toxoplasmosis diantaranya Bactrim, Spiramycin dll. Kriteria sembuh kalau Serologi IgM negatif dan IgG negatif. Kalau pada mata biasanya terdapat sikatrix pada retina.
Demikian jawaban saya.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Arif Nurhadi.
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., June 30, 2009
Hallo Arif.
Membaca keterangan anda, saya sarankan anda berobat ke dokter mata subspesialis retina. Kalau di Makassar datang saja ke RSUP Hasanudin (kalau nggak salah) disana biasanya sudah ada subspesialis bidang mata karena merupakan RS Pendidikan juga.
Demikian saran saya.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Dhuy
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., June 30, 2009
Hallo Dhuy.
Untuk rekonstruksi ptosis (Blepharoplasti) di RS Yap biayanya antara 5 - 6 juta.
Anda harus menjalani rawat inap 2 - 3 hari.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Dikdik
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., June 30, 2009
Hallo Dikdik.
Titik seperti huruf o yang anda lihat itu adalah floaters (kotoran yang timbul dibadan kaca). Ini tidak berbahaya asal tidak bertambah banyak. Biasanya floaters juga sangat sulit untuk dihilangkan.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Handaya
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., June 30, 2009
Hallo Handaya.
1) Keberhasilan operasi ablasio sangat tergantung banyak hal. Kalau dokter anda sudah mengatakan 80% sembuh itu cukup bagus. Memang untuk kembali normal membutuhkan waktu yang lama karena mungkin retina sudah 100% menempel tetapi fungsinya belum pulih 100%.
2)Floaters memang sangat sulit hilang, tapi benar apa yang dikatakan dokter anda untuk sering periksa supaya kalau ada kelainan pada retina segera dapat terdeteksi.
3)hal2 yg tidak boleh dilakukan sehubungan sakit mata anda yakni sport yang berat, bekerja berat (mengejan dll)
4)Penderita ablasio retina tidak boleh di lasik, dan lasik juga tidak akan menghilangkan floaternya.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Kuna
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., June 30, 2009
Hallo Kuna.
1.Anda bisa memeriksakan bayi anda ke dokter retina atau dokter Pediatric ophthalmologi. Untuk ke dokter retina bisa setiap hari kecuali hari Rabu. Kalau dokter Pediatric ophthalmologi hanya pada hari Selasa dan Rabu.
2. Kalau anda ingin mengetahui keadaan retina sedini mungkin maka bisa diperiksa sejak usia 1 bulan.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Wiyoto.
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., June 30, 2009
Hallo Wiyoto.

1>Kalau dokter hanya membolehkan tidur hadap kanan, maka itu yang harus anda kerjakan karena dokter tentunya sudah memeriksa retina mana yang sekiranya masih belum kuat menempelnya.

2> Metode ini benar, dan biasa dilakukan di RS Yap. Sebaiknya anda periksa dulu ke RS Yap untuk bisa dipastikan tindakan selanjutnya.

3> Segala kemungkinan bisa saja terjadi.

4> Obat2 tersebut sudah benar. Tekanan bolamata dibawah 20 dikatakan normal, tidak mesti 15 karena sangat individual.
Obat2 tersebut tidak menyebabkan floaters.

5> Tindakan laser dilakukan hanya bila ada indikasinya. Tidak harus rawat inap, biaya sekitar 800rb.

6> Penyakit mata yang menyangkut retina memang cukup sulit dan rumit sehingga butuh kesabaran dan follow-up jangka lama.

Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Buat Vita.
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., July 02, 2009
Hallo Vita.
Selamat ya sudah menjadi dokter. Setahu saya terlalu lama bekerja dengan komputer tidak dapat menyebabkan perdarahan retina. Mungkin saja ada penyakit lain seperti Hipertensi atau Diabetes, ataupun kholesterol tinggi. Cobalah periksa Penyakit Dalam juga.
Demikian jawaban saya.
Salam sejawat.
dr. Nurfifi Arliani, SpM.
Jawaban Weko
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., July 02, 2009
Hallo weko, March 06, 2009
Penyakitnya biasa kita sebut Floaters. Kalau sedikit dan tidak mengganggu ya tidak perlu kawatir. Supaya tidak bertambah biasanya diberi vitreolenta dan antioksidan seperti matoflam tsb. Operasi dilakukan bila disertai dengan adanya ablasio retina. Harap selalu diperhatikan apakah floaters bertambah dan apakah ada penglihatan seperti melihat kilatan2, karena itu merupakan gejala awal dari ablasi retina.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Resah Sekali
written by wawan, July 05, 2009
Halp dr.Nurfifi,
Mata saya terdapat banyak floaters. Kanan -9 kiri -8 silindris keduanya 2.25an.
Yang saya ingin tanyakan dok, yg dimaksud kilatan gejala ablasio retina itu gambarannya spt apa, dan terjadi saat apa ?
Floaters saya ada 3 bentuk : titik hitam, gelombang rambut vertikal, dan semacam garis spt gel.
Terindikasi apa saya ini, Mohon pencerahannya dok.

Sincerelly,
Wawan
floaters
written by hendra, July 06, 2009
dok seperti yg comment sblumnya... mata saya juga ada floaters ..saya mo nanya klo floaters saya tidak disertai flash apa ada kemungkinan ablasio retina.... trus klo gk mengarah ke ablasio ... apa masih perlu dilaser matanya dok?
seperti cahaya senter
written by yen, July 10, 2009
slmt pagi dok. Saya yen. Suami saya usia 32 thn 1 mgg yll mata kirinya terkena benturan. Dalam 4 hari ini suami saya beberapa kali melhat adanya seperti cahaya senter bergerak dari samping kirinya berjalan ketengah penglihatannya lalu menghilang. Bola mata kirinya yg putih jg ada noda2 warna kecoklatan. Tanda2 apakah itu dok? Apakah bisa menyebabkan kebutaan? terimakasih sebelumnya dok.
retina mata pecah
written by rahadian, July 18, 2009
pagi dok,bapak saya gak bisa melihat sekitar 2 bulan yg lalu,saya bawa ke dokter mata dibilang retina matanya pecah.apakah mata bapak saya bisa disembuhkan melalui operasi atau melalui donor mata?
diponis dokter ablasio retina
written by zaifrinal, July 22, 2009
dok tujuh bulan lalu sya diponis ablasio retina oleh dokter mata minta saya segera operasi sy takut dan tdk ada dana jadi skrang mata kiri saya masih melihat cahaya dan objek jika dalam keadaan terang tetapi kabus, redup dan keruh serta belekuk-lekuk gimana solusinya jika sy operasi sekarang dan berapa biaya operasinya operasi apa yang lebih tepat terimakasih
degenerasi makula
written by sabatini, July 29, 2009
dok,degenearsi makula itu disebabkan olrh apa? apa bisa disebabkan toxo plasma yg efek sampingnya bisa ga punya anak ato klopun punya anaknya akan cacat?

terima aksih
Tingkat Keberhasilan
written by Dhuy, August 01, 2009
Hallo dok,terima kasih atas jwban dokter mengenai prtanyaan saya sebelumnya.
Saya ingin brtanya kembali,bagaimana mengenai tingkat keberhasilan operasi ptosis tsb. Apkah hasil yg didpt mata bisa membuka sama lebar. Dan pernah saya membaca di rubrik lain, disitu menyebutkan utk melihat lurus mata bsa normal,namun utk melihat keatas akan sedikit ad perbedaan. Tolong penjelasannya.
Terima Kasih.
wktu penyembuhan setela pasca operasi ablasio retina
written by canny, August 09, 2009
hallo dok...
salam sejahtera...

dokter saia mau tanya pacar saia terkena ablasio retina pada tgl 7/7/09 melakukan operasi pertama dah operasi kedua dlakukan 18/7/09 karna menurut dktrnya retina matanya msh belum menempel dgn baik

dah setelah pasca operasi kedua,dktrnya menyatakan sdh baik,retinanya sudah bgs menempel

1. yang mau saia tanyakan adalah,berapa lamakah wktu yg dibutuhkan utk matanya kembali melihat? mengigat retinanya sdh baik menempel dan sudah dalam jangka 3 minggu setalah pasca operasi kedua....
2. apa yg harus dilakukan agar matanya bisa kembali melihat dgn segera??
3. pencegahan apa yg harus dilakukan agar retinanya tdk kembali terlpeas???

utk pemeberitahuan dok,tdk ada riwayat diabetes dan d dalam keluarganya tdk ada yg pernah mengalami ablasio retina
mgkn saja karna pacar saia mempunyai minus yg tinggi

saia mengucapkan terima kasih yg sebesar2nya utk jawaban dktr ttg pertanyaan yg saia ajukan
tuhan memberkati....
vitrektomi endoftalmitis dan bola mata mengecil
written by khansa, August 11, 2009
Haloo dok......

anak 5th dengan endoftalmitis dilakukan vitrektomi, setelah operasi mengalami pengecilan bola mata dan mata masih merah (1 bulan smp saat ini) Perawatan apa yang mesti dilakukan untuk kasus ini. jalan keluar seperti apa agar bola mata menjadi ukuran normal kembali. terima kasih.
Ablasi Retina
written by Suparngat (Bontang-Kaltim), No. RM : 26-19-64, August 14, 2009
Yth, Dr. Nurini Agni & team dokter RSM YAP. Ass. Wr. Wb. Mata kiri saya pada tgl 04-03-2009 menjalani operasi retina di RSM YAP, 3 bln kemudian tepatnya tgl 04-06-2009 kontrol-1 ke YAP dan oleh dr. Nurini Agni dinyatakan sudah bagus. Kemudian tgl 03-08-2009 kontrol ke-2. Menurut penjelasan dokter bahwa 6 bln pasca operasiyang 1 untuk menjalani operasi yang ke-2 dan Insyaallah awal Sept 2009 saya akan ke RS YAP untuk menjalani operasi yang ke-2. Dan Alhamdulillah setelah operasi yang ke-1 penglihatan saya sudah bisa membedakan warna, garis tangan, garis keramik lantai, hanya belum bisa membaca tulisan. Yang ingin saya tanyakan apakah setelah operasi yang ke-2 nanti penglihatan bisa tambah jelas, jika tidak apakah untuk memperjelas penglihatan dapat dibantu dengan alat bantu yang lain semacam kacamata.
Terima kasih dan sukses untuk RSM YAP Jogjakarta.
ada byangan garis dsekitar retina
written by dona, August 16, 2009
hallo dok...

anak saya br brumur 9bln,pd tgl 14 agus 09 saya periksakan mata anak saya kedokter mata anak dikarenakan anak sya u mlihat tidak fokus,dipanggil namanya atw mtanya suka lri2 kl dpanggil bola matanya g fokus melihat kekita(tidak seperti anak normal yg lain)..stlh deperiksa kt dokter dibagian bola mata anak saya yg hitam ada bayangan segaris atw ttik warna putih(kdua mtanya)..jjur saya takut dok dberitahu ..krn dokter menanyakan kpd saya ada saya riwyat rubella disaat hamil...alhamdulillah pd saat itu saya sdah tes labor dan hasilnya negatif..tp ada jg kemungkinan bawaan lahir atw virus...jjur lagi dok saya takut karena anak saya masih kecil n anak pertama bagi saya n suami apa lg kami sangat menyanyanginya...pertanyaan saya kira2 menurut dokter apa penyakit pd mata anak saya y dok?apa kira2 itu bisa disembuhkan melalui operasi atw obat y dok?saya mohon penjelasannya dari dokter...terimakasih
flashes
written by wulan, August 21, 2009
dok saya sejak tahun 2004 mengalami floaters. Periksa berkala ke dokter mata YAP tiap 6 bulan-1 tahun katanya tidak apa-apa. Tapi 2 minggu ini kalau siang hari lihat pantulan sinar putih dari metal sering lihat flash.

tapi anehnya flash itu tidak menetap tempatnya dan bentuknya juga berubah-ubah tergantung pantulan sinar yang saya lihat dan juga bergerak bila saya mengalihkan pandangan. Kalau setelah melihat flash saya pejamkan mata sebentar pengelihatan akan kembali normal. Dan flash itu hanya muncul kalau saya melihat pantulan sinar yang putih dan sangat besar (terutama dari matahari) kalau yang putih kecil/sinar kuning tidak menimbulkan flash.

baru seminggu kemarin saya periksa ke Prof. warsidi katanya tidak apa-apa tapi kok masih belum hilang ya dok? saya diberi obat vitadrop dan obat minum 2 buah (saya lupa namanya)

saya jadi bingung dok setahu saya namanya flashesh yang mengacu ke ablatio itu kilatannya menetap tidak berubah tempat sementara yang saya lihat ini berubah-ubah. dan tidak selalu terjadi setiap ada pantulan sinar hanya bila ada yang pantulan yang besar dan langsung di depan saya.

sebenarnya ini gangguan apa dok? apa perlu saya periksa lagi ke spesialis retina?
konsultasi retina
written by t.roy ramzali, August 23, 2009
mata kanan saya tidak bisa melihat dari lahir , hy bisa melihat bayangan ,sedikit sekali cahaya,kata dokter retina saya yang rusak, dan sudah memutih, apa sekarang ada jalan keluarnya
mata merah setelah operasi vitrektomi
written by khansa, August 30, 2009
Halo dok, saya ingin bertanya mengenai anak 5 th dengan riwayat trauma mata kiri, kemudian operasi katarak, kapsulotomi sekunder, vitrektomi endoftalmitis. Operasi vittrek endof pada bulan juni 2009 tapi sampai saat ini mata masih sering merah dan mengalami pengecilan bola mata. Obat yang diberikan protagenta dan anti inflamasi sbelumnya cendo xitrol kemudian dilanjutkan flutemetholon. Kondisi mata masih merah bila tidak di berikan obat tersebut,bagaimana solusi dan perawatan untuk penyembuhan mata merah tersebujt. terima kasih.
...
written by tanti, September 06, 2009
anak saya LINGGA umur 9 thn,terakhir periksa satu thn yang lalu di bag law vision dan mereka menyarankan selain menggunakan kaca mata alat bantu penglihatan ditambah dengan teropong. Yang saya mau tanyakan bisa tidak dilakukan operasi lasik dan usia berapa, tingkat keberhasilannya berapa persen? syarat2 apa saja yang diperlukan dan biaya operasi berapa? terimakasih
titik putih ditengah mata bayi
written by rika , September 16, 2009
dear dok,
saya mau tanya anak saya usia 3bulan sejak lahir ada 1 titik putih kecil di tengah2x matanya, biasa apa yach dok??
mr
written by amri, September 21, 2009
dok, mau tanya. mata kanan saya tiba2 jadi buram dan lirikan ke kiri rada gelap. tapi cuman berlangsung di bawah satu menit. trus kembali normal lagi. sudah kejadian 2 kali dalam jarak 2 bulan.
Pertanyaan
written by Angger Kusuma, September 24, 2009
Ayah ku Mengalami stroke mata. Seperti dijlaskan oleh dokter ditempat asalku PTK.. Diketahui terdapat penyumbatan pembuluh darah diretina sehigga menyebabkan penglihatan sebelah kanan gelap total.. Bagai mana tindakan untuk penyembuhan mata ayah saya.. Mohon penjelasan.. Dan tgl 29 september kami akan berobat ke RS. YAP.. Atas nama Bp. Sukma..
noda putih pada pupil mata
written by Ihsan, September 25, 2009
Yth, Dr. Nurini Agni & team dokter RSM YAP. Ass. Wr. Wb. Mata kiri anak saya sejak lahir 3 (tiga) bulan yang lalu terlihat noda putih pada bulatan hitam yang berada di tengah-tengah iris mata, saya sedikit khawatir tentang penglihatannya kelak. apakah bisa disembuhkan? menurut dokter gejala apa yang ada pada mata anak saya? mohon penjelasannya......\

wassalam
ihsan
...
written by aditia, September 30, 2009
Dok, saya mengalamai gangguan floaters yg sangat mengganggu terutama saat bekerja di depan komputer, setelah periksa,saya didagnosa mendapat robekan retina dan diharuskan laser karena retinal detachment yg saya derita ini,
pertanyaannya : apakah setelah dilaser nanti, floaters-floaters yg mengganggu itu akan hilang? terima kasih....
...
written by Khomsin, October 09, 2009
Dok, waktu sejak lahir anak saya divonis menderita low vision karena ada kerusakan pada retina bawaan (diketahui setelah pemeriksaan pada usia 2 tahun di Surabaya Eye Center) yang katanya tidak bisa disembuhkan, sekarang anak saya berusia 8 tahun, adakah perkembangan kedokteran untuk anak saya?
Noda Putih pada mata setelah tetes Cendo Xitrol
written by Sukardi, October 25, 2009
Dok, saya mau bertanya tentang mata saya. Beberapa hari yang lalu saya merasa mata kanan saya mendadak kabur dan tidak bisa melihat samasekali. Setelah melakukan pemeriksaan di Dokter mata, saya diberi obat tetes mata Cendo Xitrol. Setelah saya menggunakan Cendo Xitrol tersebut dimalam hari, dan keesokkan harinya, muncul bercak putih di pupil mata saya. Boleh tahu, gejala apakah ini Dok? bagaimana menghilangkan bercak putih tersebut? Saya berumur 34 tahun, kondisi badan sehat. Terima kasih atas masukkannya.
retinitis pigmentosa
written by dwi, November 12, 2009
dok saya dwi 19th,mata kiri saya terkena rp swktu saya periksa d rscm jakarta,skarang kondisiny yg kiri sudah hampir buta total dan yg kanan terus menurun.
saya sudah berobat ksana kmari tapi blum ada kmajuan,pengobatan deprti apa yg harus saya jalani?dan walaupun katany belum ada obatny tapi ap tidak mgkin kondisi saya bisa pulih sperti semula lagi?
terima kasih
tnyain soal..
written by dian aulia, December 06, 2009
dok syg maw nanya soal pbl sya nih...
sya dpt soal knp buta mendadak d mata kanan?? knp y dok kira2??
keluhan mata
written by anugerah leksmana, December 07, 2009
dok..saya mempunyai keluhan pada mata kanan saja(sudah 3 minggu) yaitu brupa pandangan seperti ada cahaya lampu terang yang bergerak perlahan dan datangnya berkala, namun semakin lama frekuensinya semakin sering. sebagai tambahan informasi, ganguan tersebut datang setelah saya mendapatkan benturan dari shuttle chock badminton dimata kanan tersebut. namun setelah diperiksa di retina mata tidak terjadi brake/robek dan juga sudah saya konsultasi dan periksakan ke spesialis mata..namun dikatakan juga dikatakan tidak ada sesuatu kelainan. padahal kenyataannya saya alami gangguan tersebut yang semakin lama semakin mengganggu kaarena frekuensinya semakin sering..apa ini abalasi retina, padahal yang saya lihat bukan kilatan tapi sinar bundar putih terang bergerak perlahan dibagian mata tepi kiri,..kira2 diagnose dokter apa dan apa yang harus saya lakukan ? Tq
bintik2 hitam
written by wahjono, December 10, 2009
Dokter Yth,
Sekitar 2 minggu lalu, dimata (mungkin di retina) ada 2 benda hitam yang sepertinya tersambung garis yang bergerak mengikuti gerakan bola mata. Mohon penjelasan, nama penyakit ini apa dan bagaimana menghilangkannya. Tidak ada rasa sakit tetapi cukup mengganggu. Apakah di RS Dr YAP dapat menangani hal ini ? Tks atas perhatiannya.
Mohon Solusi(Floater Parah)
written by Danisworo.P, December 12, 2009
sy danis usia 30thn di jakarta timur,ke dua mata minus(-13.25 & silinder 1),apa floater dpt di hilangkan/di sembuhkan?& dpt di operasi jg?krn floater(garis2/serat&bintik2 hitam serta gel2 putih yg berkelebat)sy tambah byk & sgt mengganggu,sy liat di internet kl di florida& singapore ada operasi/laser/teraphy laser utk floater,apa di RS.YAP bisa?kl ablasio retina sdh sy laser.MOHON SOLUSI YG ADA DOKTER!APA PUN ITU KARENA SUDAH SANGAT MENGGANGGU&BANYAK.& DENGAN BIAYA NYA SEKALIAN.karena sy jg ingin lasik mata.TERIMA KASIH-MOHON JAWABANNYA SECEPATNYA.
tertutup tabir
written by herman, December 21, 2009
dokter yth,
sekitar sebulan yang lalu saya di operasi, sebelumnya memang sich pengelihatan saya ada seperti tertutup tabir, dan pandangan di dalam tabir itu gambarnya bengkok2, kata dokter mata, di mata saya ada lubang di retinanya, tetapi setelah di operasi mata saya masih ada tertutup tabir, apa itu memang begitu, dan bisa hilang dengan sendirinya , terima kasih atas jawabanya
Pasca Operasi Ablatio Retina
written by wahyu, December 30, 2009
Yth Team Dokter RSM Yap,

Mata saya sekitar 3 tahun yl mengalami ablatio retina, sehingga dilakukan operasi vitrektomi dengan menggunakan minyak silikon & sekitar 6 bulan kemudian minyak silikonnya telah diambil. menurut team dokter, retina saya sudah menempel bagus, tspi tekanan bola mata masih cukup tinggi, sehingga saya masih rutin mengggunakan Timolol.
Saat ini pandangan mata saya tersebut sudah kabur, mungkin karena pengaruh minyak silikon yang dapat menimbulkan katarak. Pertanyaan saya:
1. Kepada dokter siapa saya harus berkonsultasi?
2. Apabila harus dioperasi katarak, bisakah sekaligus ditanam lensa, sehingga saya tidak perlu memakai lensa kontak lagi, serta dibuatkan saluran untuk penyembuhan glakouma sekunder tersebut
3. Berapa perkiraan biaya operasi tersebut?

Thanks & regards,
Wahyu
help for info
written by anna, January 08, 2010
dok ibu saya sudah lama mengidap tokso di mata kanan nya.dia klo melihat suatu barang tidak bisa tapi hanya bisa melihat lingkaran hitam dan hanya bisa melihat barang di sekitarnya.sudah di bawa ke dokter katanya sudah luka,sudah ga bisa pulih tapi tidak bertambah besar lingkarannya.sekarang mata kiri klo melihat benda,bendanya menjadi putih.itu penyakit apa ya dok..mohon sarannya...terima kasih.
VITREUS
written by yayuk, January 14, 2010
SUAMI SAYA DIPERKIRAKAN INFEKSI BOLA MATA, DAN DAPAT OBAT TETES MATA VITROLENTA, ,PREDNICORT,MATOFLAM,SANPRIMA FORTE.MATA SEBELAH KANAN TIDAK BISA MELIHAT JARAK JAUH, HANYA JARAK 1MTR YANG TERLIHAT.MENURUT DR MATA CAIRAN MATA SUAMI SAYA KERUH. APAKAH YANG HARUS KAMI LAKUKAN?
Pertanyaan
written by ANTONIUS REGI, January 16, 2010
Dimana saja di Indonesia dapat melakukan operasi tersebut dan berapa perkiraan biaya?
selaput mata
written by ayu, January 18, 2010
saya nk tau kenapa mata saya mempunyai begitu banyak selaput seperti agar berwarna putih, dan selepas saya mengeluarkannya dari mata ia berasa amat gatal.. saya berasa amat takut dengan keadaan mata saya, sila bagi kerjasama tentang masalah saya yang tidak jelas?? terima kasih.
Pensiunan swasta
written by Haryanto Gunadi, January 21, 2010
Mau tanya pembersihan darah pada viterios akibat retina diabetik apakah bisa sukses dibersihkan dgn jln operasi dan brp biayanya...
...
written by Lukman, February 10, 2010
Yth Team Dokter RSM Yap,
Mohon infonya, apakah bila retina sedikit cacat karena virus tokso masih bisa disembuhkan hingga penglihatan kembali normla?
Terima kasih,
Lukman
Ablasio Retina anak umur 2.3 Thn
written by Iskandar Z, February 12, 2010
Yth Tim Dokter RSM Yap,

Langsung saja ya dok,anak saya jatuh dari ketinggian 3 meter, terjadi pendarahan otak tetapi tdk dioperasi, tadinya tubuh bagian kanan lumpuh krn saraf motorik kirinya rusak. tetapi sekarang kondisinya sudah lebih baik (tangan kanan sudah 99 % dpt digerakkan & kakinya sudah 75 % dpt berjalan serta berlari walaupun belum sempurna).
Setelah diteliti ternyata mata sebelah kirinya tdk dpt melihat (hasil USG retinanya lepas).

1.Apakah retina tsb dpt menempel dgn sendirinya (tanpa operasi) mengingat anak tsb masih dlm tahap pertumbuhan & perkembangan 2.Apakah mata kirinya dpt juling kalau dibiarkan saja ?
3.Apakah mata kirinya dpt tertutup o/kelopak mata kalau dibiarkan saja ?
4.Kalau di operasi u/ anak umur 2.3 bisa tdk ?
5.Kalau donor mata, apakah retinanya saja yg di donor atau semua matanya diganti ?

Terima kasih atas jawabannya & di tunggu

Salam
Iskandar Z


MATA KANAN SEPERTI MELIHAT ADA BENANG2,APA LAGI DI TEMPAT YANG TERANG
written by SABARUDIN, February 24, 2010
DOK SAYA MAU TANYA,PENYAKIT MATA SAYA INI SUDAH SEJAK WAKTU SAYA SMA KELAS 2 DAN SEKARANG SAYA SUDAH DI BANGKU KULIAH SEMESTER 5,,SAYA MERASA SANGAT TERGANGGU JIKA MELIHAT KARENA ADA BENANG2 DI MATA KANAN SAYA ,KIRA2 DOK MATA SY INI GAK BISA DI SEMBUHKAN..
[img=[url=]]
...
written by Agus Supriyadi, February 24, 2010
Ass Dok saya mau tanya Istri saya mata sebelah kanan terkena serpihan petasan. kata dokter retina istri saya sobek-sobek! apakah mata istri saya masih bisa sembuh dok? kira-kira perlu di operasi tidak soalnya istri saya sangat takut operasi! kalau terpaksa operasi kira-kira biayanya berapa Dok? terima kasih
sakit mata tidak kunjung sembuh
written by indri, February 25, 2010
Dokter, saya sakit mata sudah hampir 2 minggu.. Mata merah, sakit , berair dan kalau pagi banyak kotoran.
saya sudah coba xytrol, polidex, gentamycin, tapi tidak sembuh juga..
saya ke dokter klinik dekat rumah di kasih antibiotik sama obat racikan.. Apa saya perlu ke dokter mata lagi?
retina terlepas dan agak mengeras
written by leni, March 01, 2010
dok saya mau tanya. kakak saya retina matanya terlepas. dan setelah di cek lagi sama dokter di penang, katanya retinanya terlepas dan sudah agak mengeras. itu bisa di sembuhkan gak y?trus berapa persen kemungkinan sembuhnya? thanks.
benda hitam dalm mata kanan
written by adi,malaysia, March 03, 2010
baru-baru ini saya batuk-batuk ,selepas itu saya dapati ada benda hitam didalam mata kanan saya,saya adalah pengidap diabetis,bagaimana cara rawatan yang patut dilakukan.
Retina sobek & hubungan nya dengan lasik
written by dick surasmono, March 04, 2010
Dok, kalo diperkenankan saya ingin bertanya & menceritakan kronologis terlebih dahulu
1.aya di lasik 1997 dari mnus 12 kanan kiri & alhamdulillah berhasil dengan sempurna. /- 2006 tampak mulai ada floaters konsul ke dokter & hasil pemeriksaan menunjukkan minus /- -2 & pemeriksaan gula darah baik & saya tidak disarankan pake kaca mata

2. /- 2008 saya floaters makin menganggu & penglihatan semakin buram. Saya periksakan ke ahli retina & hasilnya baik. Beliau memberikan resep mata /- -3

3. 2010 minus saya menjadi 4 & januari terasa mata buram & sangat tidak nyaman.Kontrol kepada dokter yg melakukan lasik & beliau merefer ke AHli retina di RS yg sama. Hasil pemeriksaan & foto menunjukkan retina sobek & dokter ahli retina di RS tsb menyatakan harus segera di laser & lebih cepat lebih baik. Jika ternyata nanti masih sobek lagi baru dioperasi (jenis RD)

4.Ke esokan harinya saya mengunjungi Dr ahli retina langganan saya & memperlihatkan foto sebagai second oppinion. Setelah dilakukan pemeriksaan visual dokter tersebut memutuskan harus segera dioperasi & menyatakan bahwa percuma dilakukan laser mengingat sudah bocor & saya pernah dilasik yg menyebabkan kornea sudah menajdi tipis (kalo tidak salah)

5. Paska operasi 1 bulan semua pembengkakan sudah tidak ada & obat yg diberikan hanya Polynel 4 x 1 hari namun demikian keluhan saya adalah :
5.1. Mata masih cenderung berkabut & masih sangat tidak nyaman sama halnya sebelum dilakukan operasi

5.2. Merah pada mata sudah mulai menipis & mata cenderung mengecil (menyipit)

Yang menjadi pertanyaan saya adalah : sampai kapan hal ini akan berlangsung & seberapa jauh mata saya dapat kembali normal. Disadari bahwa pasti keadaan tidak akan seperti semula, namun demikian hasil maksimal yg bagaimana bisa saya peroleh)

5.3. Seberapa lama sesungguhnya waktu recovery sehingga kembali kepada keaadan maksimal yg bisa diperoleh
5.4. Kira-2 mulai kapan saya dapat mulai jogging & main sepeda (dokter saya menyatakan 1 bulan sesudah operasi sudah mulai boleh main sepeda)

5.5. Satu hal yang mengganjal... apa kira-2 yang mendasari perbedaan keputusan dokter ahli retina yg pertama & kedua. Saya percaya & sangat menghargai sudut pandang profesional yang berbeda & Alhamdulillah tidak mempermasalahkan koq tapi sekedar dapat wawasan...

Jawaban nya sangat saya harapkan dok & sekiranya ada yang disarankan & saya harus membayarInsya Allah saya akan lakukan

Terima kasih & salam,



Dick
ABLATIO RETINA
written by NANING, March 10, 2010
dok saya pasien rs. yap.retina saya tipis dan sdh di laser 3 kali oleh dr yanti. minus saya 11. pertanyaan saya, kondisi retina disebabkan minus tinggi atau sebaliknya minus tinggi disebabkan kondisi retina?apabila saya melakukan lasik untuk menghilangkan minus, apakah membantu menahan memburuknya kondisi retina saya?kalau saya lasik dng biaya mahal, kemudia retina saya robek dan buta, berarti rugi kan?mohon saran dok trimakasih.
mohon bantuannya dok...tolong penjelasannya..plz
written by nika, March 19, 2010
sudah seminggu ini sy mengalami gangguan pada mata kanan sy.Gangguannya : mata kanan sy seolah-olah habis melihat cahaya (matahari) yg sangat terang sehingga meninggalkan bekas berwarna hitam transparan tepat di tengah penglihatan sy,padahal sy tidak pernah melakukan itu sebelumnya (melihat matahari scr lgsg dsb),sehingga hal ini menimbulkan gangguan pada mata kanan sy.Pdhl mata kanan sy minusnya hanya 0,25.
Bayangan hitam transparan ini semakin jelas klo mata sy kedipkan.Sy sudah melakukan pemeriksaan ke RS mata di bdg,tp dokter disana tidak menemukan hal yg aneh bahkan menurut dokter mata sy tergolong sehat..tapi anehnya ketika di tes BW,mata kanan sy tdk berfungsi padahal sebelumnya sy tes BW hasilnya sy tdk menderita BW,setelah itu dokter yg memeriksa sy pun bingung,bahkan ketika di rujuk kebagian retina pun,sy tidak mendapat keterangan yg jelas,hanya diduga ada sedikit syaraf yg membengkak dan itu dpt sembuh dgn sendirinya.Sy jadi bingung skali dok.
Mohon pencerahannya dan penjelasannya..kira2 mata kanan sy kenapa ya dok,soalnya sy tidak mendapat obat dll dari RS tsb,tp gy dialami mata kanan sy ini rasanya mengganggu sekali.
Retina Rusak
written by Rita Ayunda, April 06, 2010
kmren saya br ja check up di sumatera eyes centre hospital,setelah difoto ternyata retina saya menghitam dan sudah kronis jg saraf mata saya sudah rusah begitu kata doktenya,tp mrk tidak ada menyarankan buat laser atw operasi hanya mengatakan mempertahankan konsidi yg skrg ja jgn tambah fatal lg,saya mau tanya apakah retina mata saya masih bs di obati dgn cara operasi dan laser......trims
pengobatan mata minus tinggi
written by Dian, April 08, 2010
aslmkm dok..
saya berusia 23 tahun, saya adalah pasien rawat jalan dr.yap .saya minus dari bawaaan sewaktu kecil. sekarang minus saya untuk mata kiri 21 silinder 1,5 untuk mata kanan 18 silinder 1,5..
Untuk pengobatan agar saya bisa sembuh gmana dok??
ato setidaknya agar saya mampu melihat sampai tua.
apa perlu dilakukan laser ato gimana?? serta berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan mata saya.
Trimakasih
waslmkm.wrwb
Posisi bola mata
written by Richwell, April 12, 2010
Saya anak sma baru mengalami kecelakaan dan saraf no 3&4 di kepala tertindih darah akibatnya mata saya kanan juling padahal kiri normal cuma gerak dikit ke kiri atas bawah dan kanan yg mata kananku g bisa.apa ada kelainan otot penggerak bola mata&apa sing sebenarnya terjadi?dan bagaimana dok cara mengobatinya dan cara mengatasinya
Trims dok smilies/smiley.gif
vitrectomi
written by metta herlina, April 28, 2010
dok ak mau tanya...
untuk mengatasi vitrectomi selain operasi apa ad cara lain??????
trimakasi atas jawaba ny yah dok..
Retinopati serosa sentral
written by Tiara, April 29, 2010
Assalamu'alaikum dokter,

pertanyaan saya: retinopati serosa sentral apakah penyebab utamanya memang adalah stress tinggi?adakah penyebab lainnya? kalau masih tingkat awal penyakit ini, dan bila penderita dapat mengatasi stress tadi,kira2 dalam jangka waktu berapa lama penglihatan dapat kembali normal (atau tidak kabur lagi). penderita berusia 25 tahun bekerja sehari 8 jam di depan komputer. dan apakah tetap bekerja di depan komputer tidak akan mengganggu proses penyembuhan bagi penderita(dengan catatan bekerja tanpa stress)?

terima kasih banyak atas penjelasannya dok, semoga ilmunya menjadi amalan baik bagi dokter^_^
MInus Tinggi
written by glasessman, May 06, 2010
Hiiii...
pakabr neh, rekan2 yg memiliki kondisi minus tinggi.
saya juga punya kondisi mata yg minus tinggi seperti dian.
saya berharap kita bisa sharing informasi dan pengalaman seputar minus tinggi.
Email, YM dan FB aku : Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya .
Makasih yah
Uveitis
written by Budhy, May 07, 2010
saya kena penyakit mata kambuhan dan sudah - 6thn. saat kambuh mata mnjadi merah dan ada noda putih di bola mata. mata mnjd pedih dan berat, pandangan kabur dan silau jika kena cahaya.bisa sembuh ga Dok? dan bagaimana efek kedepannya???? menurut info yg saya terima katanya UVEITIS, Mohon penjelasannya Dok..
Terimakasih.
penglihatan kiri kabur
written by Rudi, May 18, 2010
Assalamu'alaikum dokter

Dokter, mata kiri saya ini sangat kabur kemudian seperti ada yang menutupi. Pernah saya datang ke spesialis mata tetapi beliau tidak menjelaskan apa penyakit tersbut. Beliau hanya mengatakan mungkin terserang virus sejak kecil. Apakah memang demkian dok?, kemudian kalau saya perhatikan pada bagian putih (bagian atas mata/dibawah kelapak mata ada bintik hitam.
Oh ya dokter, untuk mata kanan penglihatan bagus tetapi ada bintik hitam atau garis melayang. Apakah itu tanda uveitis atau ablasi retina, apakah dengan sering di depan komputer bintik atau bayangan tersebut bisa bertambah banyak. Usia sya 26 thn Dokter

Terima kasih

Retina Mata
written by zachroni, June 15, 2010
saya mau tanya...
retina pada mata saya bentuknya runcing, dan saya ada gangguan pengelihatan seperti rabun.
yang saya tanyakan penyakit yang punya kelainan pada mata dengan retina runcing pengobatannya bagimana ???
terima kasih
Mata kiri Melihat dg buram!!!!
written by Zhi Aurel, July 11, 2010
Aku 34th,sejak balita mata sebelah kiriku jereng/belong,tp bkn bawaan sejak lahir.Lalu aku sudah dioperasi saat umur 6th&kondisi mataku sudah 'kelihatan' normal.Hny saja mata sebelah kiriku yg telah dioperasi tidak bs melihat tulisan dgn jelas bahkan dlm jarak sgt dekat sekalipun.Oleh dktr yg dl mengoperasi mataku,aku di berikan kacamata yg sebelah kanannya buram utk melatih mata kiriku spy melihat.Tp smp detik ini mataku msh jg melihat dg kabur.Bgmn caranya supaya mata kiriku bs melihat dg jelas spt mata kananku?
Mnrt dktr,mata kiriku Plus.
Aku menjaga benar mata kananku yg normal,plg sdkt 1bln 1x aku minum perasan wortel kr2 3/4 kg wortel utk 1x minum.
Aku mn laptop kr2 5jam/hr apakah bs berbahaya utk mataku?
Mohon dg sangat jawaban pertanyaan2ku..
Thanks,dok.
...
written by cherish, July 22, 2010
dok, saya ingin bertanya.
selama 2-3 hari saya menderita demam yang cukup tinggi, lalu demamnya turun dihari selanjutnya. Tapi bagian di sekitar alis mata saya menjadi sakit bila saya melirik ke kanan-kiri-atas-bawah. Apa yang terjadi ya dok?
dan apa yang harus saya lakukan agar sembuh?
trims
Central Resous Retina
written by shanty, August 02, 2010
Dear Dok Nurfiffi

pak dokter saya mau bertanya mengenai penyakit suami saya usia 34 th baru 2 minggu yang lalu mengalami bayangan kabur n ada 2 titik hitam di setiap penglihatannya, setelah kami ke Dr,itu bisa di laser tapi hanya 1 karena yang 1 lg sudah msk di dalam penglihatan jadi klopun di laser akan berakibat buruk dalam penglihatannya (dengernya aja dah ngerii bgt). apakah penyebabnya n seberapa lama bisa hilang klo hanya minum obat saja tanpa di laser n di suntik.
Terima kasih dok, smoga ilmu yang di sharing untuk kita smua bermanfaat.

shanty-Depok
Tanya perawatan lanjutan u Retinopaty Diabetica
written by Fahru, August 05, 2010
Dear Dokter,

sekitar thn 2004 ibu saya menjalani operasi besar u kedua matanya, retina matanya mengalami kebocoran yang disebabkan diabetes, akhir 2 ini beliau mengeluh penglihatannya semakin kabur, apakah penglihatan nya tsb msh bisa diselamatkan, soalnya dibawa konsultasi ke doktor mata cuma diberikan vitamin mata saja, terima kasih dok untuk bantuannya

H. Fahru, Banjarbaru
penyakit apa?
written by citra, August 07, 2010
dok, saya punya sodara. skitar 34 thun. dia mnderita skit mata skitar 3 bulan. pertamnya. lo liat tu ada bintik-bintik item. trus da kaya sarang laba-laba warna item.klo pejam mata da kaya lmpu (kelap-kelip). menurut dokter setempat da gangguan pada retina. apa butul dok? n apa penyakit nya?

terimakasih sebelumnya,
jawaban untuk citra
written by agus p, August 11, 2010
Kemungkinan besar memang telah terjadi sesuati di bagian retina mata saudara anda. Saran kami silahkan datang ke RS yap ke klinik Vitreoretina setiap hari senin-sabtu kecuali rabu, kalau mau pendaftaran via telepon dulu. Saya belum dapat menjawab dengan pasti apa nama penyakitnya tetapi kemungkinan retina lepas bisa jadi kemungkinan. Demikian jawaban kami semoga bermanfaat
PTOSIS?
written by MEI, August 11, 2010
ANAK SAYA LAKI-LAKI, 7 THN. MATANYA SENDU SEKALI... APAKAH MATA YANG SEPERTI ITU TERMASUK PTOSIS? PENGARUH MATANYA TERSEBUT, DIA SERING PUSING DAN MATANYA SERING MERAH... APA YANG SEBAIKNYA SAYA LAKUKAN? APAKAH HARUS MEMAKAI KACAMATA? APAKAH HARUS DILAKUKAN OPERASI?DAN APAJUGA PENGARUHNYA KELAK JIKA TIDAK DILAKUKAN TINDAKAN APA2 PADANYA? SELAMA INI JIKA MATANYA MERAH, KAMI MEMBERINAY TETES MATA C.xYTROL DAN C.LYTEERS, APAKAH BERBAHAYA JIKA DIPAKAI TERUS MENERUS?
...
written by citra, August 14, 2010
Dok, saya citra yang beberapa hari lalu konsul di web ini. Masih mengenai saudara saya. Kata dokter setempat, kemungkinan matanya terkena virus, bakteri, dll. Apa benar mata bisa terkena virus? Apa berbahaya? Saudara saya diberi beberapa jenis obat antivirus yang ditelan (3 jenis). Tindakan apa yang harus dilakukan?
Trimakasih, Dok. Mohon tanggapannya.
penglihatan anak berbintik2
written by lestari, August 16, 2010
Dokter yth,
anak saya wanita umur 10 tahun, sebulan terakhir mengeluh pandangannya kabur, kalau melihat dinding spt kresek 2 ( bintik2 di televisi kalau acara tv sudah selesai)
saya sudah bolak balik ke dokter mata dibilang normal. terakhir kemaren di tes tekanan bola matanya 25,5. dulu tahun 2007 sempat tinggi juga , ikemudian dikasih obat tetes dan minum turun. Belakangan ini kelihatannya makin bermasalah penglihatannya. rencananya minggu depan akan tes untuk mengetahui bidang pandangnya.memastikan glukoma atau tidak.
Saya sangat khawatir sekali, kira2 separah apakah kondisi anak saya?dan apa kemungkinan terburuk yang bsia terjadi.

Terima kasih

Lestari
Penglihatan ada bintik2 hitam
written by Nugraha, August 23, 2010
Dok,
klo liat kok pasti ada bintik2 hitam
pnyebabnya apa ya
penyembuhannya gmn ?
mrs
written by eliyati, August 24, 2010
smilies/cheesy.gif...Ass.wrwb...
saya dr kal-sel
ponakan saya sejak lahir yg sebelah kiri bentuk n bola matax kecil n yg sebelah kanan normal td d tengah2 matanya ada selaput putih...dia tdk bisa melihat dngn jelas kecuali didekatkan ke mata....bisa d oprasi tdk or termasuk sakit mata apa...alamt Dr yg bisa saya datangi dmn...???terimakasih
Kelopak mata seperti berdenyut
written by michael, August 24, 2010
Dok,saya laki2 umur 22 tahun,saya mau tanya sekitar 3 minggu lalu saya barusan melakukan operasi eyelid, dan mulai 5 hari yang lalu mata2 pada bagian kelopak sering terasa seperti bergerak-gerak / berdenyut-denyut (gemetar2 kecil).
...
written by michael, August 24, 2010
Dok,saya laki2 umur 22 tahun,saya mau tanya sekitar 3 minggu lalu saya barusan melakukan operasi eyelid, dan mulai 5 hari yang lalu mata2 pada bagian kelopak sering terasa seperti bergerak-gerak / berdenyut-denyut (gemetar2 kecil).yang ingin saya tanyakan hal itu disebabkan oleh apa dan bagaimana cara mengobatinya
Terima kasih
dipinggir bola mata hitam ada titik putih
written by fatma, August 27, 2010
mav dok sy mau tanya ... mata kanan saya di pinggir bola mata hitam ada titik putih kalau saya pusatkan pandangan kelihatan jelas tapi kalau bola mata hitam saya geser ke kanan ke kiri tidak nampak ,,, kira2 kenpa ya dok ... kemarin saya sempat kena tipes selama 1 bulan kira2 pengaruh dari sana atau tidak ,,,
terima kasih
...
written by agus, September 05, 2010
Dok,boleh gak ex ablatio retina pake softlens ? sbmlmnya trmksh.
mapelindaow
written by maradu, September 06, 2010
dok.. saya punya masalah dgn mata.. mata saya melihat bengkok semua, ternyata setelah di cek di rs mata pembuluh darah mata saya bocor dan mengeluarkan eksudat atao cairandimata, langkah yg diambil adalah melakukan laser,, setelah di lakukan laser memang setelah 3 bulan sembuh dan normal kembali tetapi setelah 1,5 tahun masalah mata saya kembali lagi dgn hal yg sama,, setelah di laser lagi hanya bisa bertahan selama 6 ulan mat saya normal, setelah itu di laser lagi bahkan setelah di laser mata saya sampai sekarang susah untuk melihat, sepertinya ada pendarahan, setiap saya nunduk pasti akan gelap,,, yg mau saya tanya dok,, bisa nggak mata saya sembuh lagi,,,sebelum di laser ssaya sudah di cek gula darah, dan semua normal,, memang karena pembengkakan pembuluh darah mata dan bocor,, ada nggak langkah lain untuk mata saya ini???

terima kasih
biayanya ??
written by maradu, September 06, 2010
dok mau nanya apa perlu operasi dan biayanya berapa?? mapelindau itu apa ya dok, soalnya pernah saya dengar dari dokternya. terimakasih
...
written by maradu, September 23, 2010
maaf dok konfirmasi lagi, bukan mapelindaw tapi hypelindaw...
terimakasih...
rgds
maradu.
...
written by imawan, October 02, 2010
Sata usia 67 th, sejak 6 tahun yl mata kanan saya utk baca makin sulit. Saya sdh periksa kebebrapa dokter di RSM William Booth Smg, RSM dr. Yap Jogya dan RS. Glean Eagle Singapore. Semuanya mengatakan bahwa divitreous ada gelembung yg berisi cairan. Kata dokter2 yg mmemeriksa tidak bisa dioperasi maupun di laser sebab takut gelembung pecah dan bisa jadi kebutaan. Obat yg diberikan hanya caps. Omega 3, Vit A dan D seta neurotropic vitamin. Tapi sekarang penglihatannya saya makin mundur. Bagaimana pendapat dokter. Mohon penjelasannya.
Retina mata sobek dan cairan mata sedikit keluar???
written by hendrik, October 21, 2010
dok mata kiri saya terkena senjata tajam krna perampokn sehingga retina mata saya sobek srta cairan mata saya sedikit keluar,dan juga sudah dioperasi dirscm,tetapi blum ada hasil trus saya berobat lg ke JEC trus doktr disana jg mengatakan sangat minim skli harapan untuk kmbali normal,skrng saya terus tetap mncri secound opinion.keadaan fisik mata kiri saya lihat kekanan-kekiri,atas-bawah,buka tutup bisa semua saraf baik cuma penglihatan belum bisa.mohon saran mungkin dokter bisa kasi jalan secound opinion buat saya.kira2 saya harus kermh sakit mana? atau ada tidak langkah lain penyembuhanya?atau jalan pendonoran? mohon infonya dok...terima kasih banyak.karna mata jendela melihat keindahan dunia,maka dari itu apapun langkahnya saya akan cari.
Penananganan untuk macular hole
written by Alin, November 03, 2010
Dok saya mau tanya. beberapa hari kemarin saya periksa mata k spesialis mata. dan dari hasil pemeriksaan dikatakan terdapat macular hole. apa benar tidak ada terapi atau cara untuk menyembuhkan macular hole?
trims
Degenerasi retina
written by Olalla, November 07, 2010
.askum dok
.saya mw tanya
degenerasi retina itu apa bisa sembuh?apa ada obtnya?
.trima kasih
Floater
written by Firman, November 11, 2010
Dokter Yth.
Saya mau nanya dok,beberapa bulan ini saya melihat bayangan dan bulatan-bulatan air di mata saya kalau melihat kelangit.Tambah lama tambah banyak dan membesar.Saya sudah periksa ke dokter dan kata dokter retina saya sehat,dan tidak ada apa-apa di vitreus saya.Dokter bilang bayangan/benda-benda itu bukan di vitreus tapi dekat lensa mata.Dokter bilang airmata saya kotor/sekret dan masuk ke area kornea.Dokter bilang tidak apa-apa dan hanya diberi obat tetes mata.Apa memang bisa terjadi begitu dok?
...
written by Ain, November 15, 2010
Dok,saya umur 23thn, mata saya sekarang min 5,pengobatannya bisa dengan laser? Berapa biaya nya dok jika di laser?
Thank u before...
dok, apa betul penyakit kencing manis dapat menyebabkan lensa mata yang di pasang setelah operasi katarak dapat bergeser dari posisinya
written by giannisugianto, December 01, 2010
saya mempunyai seorang ibu yang menderita kencing manis yang mana matanya mengalami kekaburan setelah di periksakan ke dokter dinyatakan ada kataraknya dan di anjurkan operasi katarak. yang saya ingin tanyakan apakah benar karena penyakit kencing manisnya lensa mata bisa bergeser shingga posisinya tidak pas. ini dialami ibu saya setelah operasi katarak dan pemasangan lensa mata.hal ini dinyatakan sesudah cek kembali ke dokter karena penglihatan ibu saya yang masih kabur.operasi baru terjadi 1,5 bulan yang lalu.
...
written by didi, December 04, 2010
Dok, mata saya tidak bisa melihat dengan jelas.
bagian tengah penglihatan saya kabur, jadi bila melihat, benda yang fokus ditengah terlihat kabur, yang jelas hanya di sisi luar dari penglihatan tersebut. Kira2 itu termasuk gangguan apa, bagaimana penangananya? terima kasih
peg telkom
written by sutriono, December 17, 2010
Dok Istri saya tidak bisa melihat dgn jelas
hanya melihat bayangan hitam dan sudah pernah diperiksa ke Jakarta eye senter katan ada virus
...
written by dewi, December 20, 2010
selamat siang dokter,
saya dewi usia 35 thn. dan tgl 18 kmrn saya minum noni yg terbuat dari buah noni (1 sloki) dan siangnya saya terasa lemas dan tiba2 mata sebelah kiri saya terlihat buram disertai sakit kepala yg sangat, apakah ini ada kaitannya dengan mata saya yg smp skrg agak buram dan berat kantong mata sblh kiri saya dok? mohon infonya ya dok..makasih.
retinal degenetion & leucoma cornea
written by Maria Sby, December 24, 2010
apakah ada obat untuk 2 kasus diatas? bila dioperasi, berapa biayanya? trmksh.
maria
banyak cahaya putih kecil melayang apakah itu!
written by arif, January 10, 2011
saya penderita ablasio retina sudah 1/2 tahun awalnya hanya melihat benda bulat transparant ma seperti benang hitam di mata,, terus berapa bulan ni muncul lg bintik kecil cahaya warna putih seperti salju tu banyak melayang layang,, tu juga kan terlihat jelas bila melihat langit tau beground berwarnah terang dok bisa di jelaskan apa itu!
Resiko laser yag ataupun vitrectomy
written by Ronny K, January 12, 2011
dok,kalau menghilangkan floater debgan laser yag berapa persen kemungkinan keberhasilannya,dan apa dampak setelah pasca operasi?
Kalau dengan vitrectomy berapa persen kegagalannya dan dampak pasca operasi?
umur saya 16 tahun,tapi floater di mata kanan saya amat banyak,padahal minus mata saya dibawah 2,00 di kedua mata saya.
Floater ini muncul setelah gendang telinga kanan saya sobek pada saat saya berumur 10 tahun,apakah sobeknya gendang telinga kanan berpengaruh dengan byknya floater di mata kanan saya
mata kabur
written by Gafur, January 12, 2011
org tua sy sudah lebih dr sepuluh tahun menderita diabetes...kedua matanya kabur,awalnya matanya ada bayang hitam ditengah mata klo melihat..skrg yg dilihat hanya benda yg bercahaya dg jarak krg lbh 3 meter....dari 5 Dr spesialis mata yg kami datangi,3 menyatakan pendarahan syaraf mata dan hanya diberi obat,2 Dr spesialis menyatakan katarak dan dapat dioperasi,bagaimana menurut pendapat Dr...
Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya
written by ginting paska, January 13, 2011
saya berusia 17 tahun, pada usia 10 tahun mata kiri saya terkena tembakan peluru pistol mainan dan sudah 6 bulan terahir tidak bisa melihat sama sekali. kata dokter retina mata saya terlepas. apakah masih bisa disembuhkan, berapa biaya penyembuhannya? terima kasih atas penjelasan dokter
Buta Warna Parsial
written by wahyu, January 24, 2011
Yth.: Team Dokter RSM Yap


Langsung saja ya,Dok.
Saya pernah test Ishihara & dokter mengatakan bahwa saya mengalami buta warna parsial. Saya mengalami kendala saat mencari pekerjaan hanya karena kelainan ini. Mohon maaf sebelumnya, bukannya saya sok tahu, tapi setahu saya buta warna itu disebabkan karena keturunan, kerusakan sel mata / kerusakan syaraf pada retina mata. Setahu saya, kelainan / penyakit pada mata seperti :Katarak,astigma, trakhoma,dan lain-lain bisa ditolong / disembuhkan dengan mnggunakan kacamata ataupun operasi.
Apakah kelainan buta warna parsial ini tidak dapat disembuhkan secara medis?
Mohon bantuannya,Dok.
Terima kasih
Berbahayakah Silicone Oil?
written by sempurna hati, February 01, 2011
Aslkm,
Dokter ibuku pernah di operasi mata karena ablasio retina, terus cairan mata diganti minyak silikon biar tidak mengkerut. apakah minyak silikon bisa beracun?
Terima kasih,atas penjelasannya.
...
written by yunengsih, February 10, 2011
aslm.. apakah bener kerusakan pada retina mata tidak ada pengobtannya? saya pernah di vonis oleh dokter retina sudah tidak bisa di obati lagi?
tanya
written by gea dhika, February 16, 2011
dok ayah saya menderita minus 16, baliau masih bisa membaca tapi terlalu dekat dan itupun hanya kalo masih terang,, kalo malam sudah terlalu sulit untuk baca tulisan,, nah waktu saya berbincang2 dengan kakak teman saya yg dokter(tp tdk dktr mata) dy mengatakan ada kemungkinan bintik pada retinanya itu mengelupas, nah,, waktu periksa dl dokterpun angkat tangan,, bisa ganti kacamata tp harus import dr singapore,, dan hanya d kasi obat dan tetes mata, kira2 bagaimana ya dok..
terimakasih
melanosit
written by yanuar h, February 16, 2011
assalamualaikum.
Dok, saya yanuar umur 23 tahun, saya mau bertanya: kedua mata saya di daerah yang berwarna putih dan hitam terdapat bercak-bercak coklat. apakah itu bisa dihilangkan? bagaimana menghilangkannya selain dengan operasi apakah bisa? misal perbaikan gizi atau gmn Dok, mohon penjelasannya. terimakasih banyak Dok,..
wslmkm.
RETINA
written by ANDI, February 17, 2011
piye tho? doktere mriyang pow?, pertanyaan numpuk lum di jawab?
maslah ablastio retina
written by reta, February 25, 2011
cok, saya udah 9 bulan terkena ablatio retina, awal sering melihat benda transparant, besrta kilatan jg perti benang,, awal perikas kt dokter gpp hanya minus tinggi ma retina q tipisn terus berpa bulan nih liaht bnyk benda pitih melyang perti kunang2 bnyak dok, terus periksa lg ktx gpp ma di ganti kcmata doank terus yg saya tnykn benda putih tu pa ternasuk antio retina tau pa! jg berpa lmkh pndrita aclatio retina capai akhit tau blind,, krna 3blan sekalih bertambah perti jaringan!!!
uveitis
written by sherly, March 03, 2011
mau tanya dong....
saya terkena uveitis hanya di mata kanan karena toxsoplasma.
pengelihatan saya ada bayangan2 hitam tapi yang kiri tidak.
itu bisa disembuhkan secara total gak ya?
lalu apakah toxso saya berbahaya kalau tinggal 10%?
Pandangan Mata Kanan Hanya Bayang-bayang.
written by zaky, March 16, 2011
Dear Dokter

pada tgl 26-02-2009 lalu Saya mengalami kecelakaan dan koma selama 12 hari, yang membuat saya harus di operasi craniotomi karena pendarahan otak. tgl 20-03-2009 mata saya di USG karena tidak bisa melihat. Hasil USG menyebutkan bahwa tampak septa-septa dalam bulbus oculi kemungkinan hematoma pada corpus vitreus. Sampai sekarang mata kanan saya tidak dapat melihat, yang tampak hanyalah bayang bayang yang tidak jelas. Menurut Dokter apa penyakit yang saya alami ini dan apakah ada solusi untuk penyembuhannya??

salam....Mohon jawabannya....
ROP
written by surepto, March 19, 2011
Dear dok,
saya mau tanya?saya punya anak laki-2 lahirnya prematur dan matanya sekarang tdk bisa melihat.sekarang anak saya sudah umur 2 tahun.apakah bisa di obati?
...
written by tia ningsih, March 25, 2011
selamat siang dok..
umur saya 21 tahun.. sudah 2 bulan ini saya mengalami gangguan penglihatan mata diantaranya 2 titik hitam di mata sebelah kiri yang mengikuti bola mata say, selanjutnya banyak benang2, dan bulatan2 transparan di mata sebelah kiri dan seperti kerutan di penglihatan.. penyakit apa yang saya alami..? dan apa obatnya dok?? dan bagaimana cara mengatasinya
penyakit pada retina
written by ummi hasnah, March 26, 2011
saya punya ibu. dia menderita penyakit mata kata dokter ada masalah pada retina nya. sekarang mata ibu saya yang sebelah kiri tidak bisa melihat apa-apa. yang sebelah kanan masih mampu cuman kalo melihat seperti ada kabut yang cukup tebal. sekarnag penglihatannya sedah mulai menurun. ada obat atau cara tidak untuk menyembuhkan penyakit ibu saya ini?? terima kasih
...
written by elya sari dewi, April 04, 2011
saya usia 50th..3 mgu yg lalu (07-03-11) saya dan anak saya kecelakaan, nabrak tembok jembatan layang. pelipis mata saya koyak.sy baru menyadari pandangan saya ada yg tdk beres di minggu2 ini. pandangan bagian bawah gelap dan sperti ada kapas2 hitam yg berterbangan. stlh cek ke dokter mata, saya dianjurkan operasi krn hasil rontgen retina mata saya sobek.apakah memang hrs dioperasi? apakah msh ada kemungkinan mata saya sembuh stlh dioperasi? brp kira2 biaya operasinya? mhn kejelasan
...
written by ruby, April 04, 2011
dok aq krg berumur 20 thn, wkt q berumur 3 thn mata q tergores kayu sampai keluar darah... trus karang bekasnya msh ada tergores pth dan itu mkn mlbar.
yg sy mau tanyakan apa bekas itu bisa hilang??
makasi sblmX???
titik hitam & benang2 di penglihatan (floaters)
written by Tika, April 10, 2011
Sore Dokter,

Saya mau tanya...saya pernah baca di beberapa situs yg menjelaskan bahwa floaters dapat hilang oleh waktu dengan proses penyerapan secara alamaiah...yang mau saya tanyakan adalah apa yang dimaksud dengan proses penyerapan secara alamiah itu?& apakah terapi dengan meminum jus wortel atau mengkonsumsi vit A setiap hari dapat menghilangkan/mengurangi floater?
mohon penjelasannya doketer.

Thanks,
Tika
pengen tahu kejelasan
written by ian, May 11, 2011
hallo dok,sya mau tanya,kenapa mata saya di kasih minus berapapun hanya bisa berpengaruh kecil untuk penglihatan saya.jarak jauhpun masih kabur.andai kalau opeasi apakah bisa berhasil? dan kira kira berapa biayanya

terima kasih
mata tidak bisa melihat lagi
written by afif, May 21, 2011
dok apakah mata terluka dalam (katanya pendarahan) bisa dsembuhkan. diagnosa terakhir mengatakan: darah menggumpal menutupi penglihatan.mohon infony Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya
adanya tanda putih atau lingkaran putih pada kornea mata pada balita usia 5 bulan
written by dwi puji, May 25, 2011
Dok,mau tanya, adanya lingkaran putih pada kornea mata balita umur 5 bln itu penyababnya apa dan apakah itu membahayakan, solusi pengobatannya bagaimana?
...
written by Endah, May 28, 2011
Dok apa ulkus kornea bsa d smbuh kan,? Akibat memakai soflen
kerusakan syaraf mata
written by lily, June 09, 2011
dulu waktu umur 13 tahun saya pernah mengalami kecelakaan, pada waktu kecelakaan tiba2 mata saya tidak dapat melihat..tetapi setelah saya berbaring mata saya bisa melihat kembali..sekarang saya sudah berumur 21 tahun mata kanan saya sudah -15 yang kanan yg kiri -5 silinder...waktu saya periksa ke dokter mata dibilang ada kerusakan syaraf mata kanan saya jadi harus di laser untuk mempertahankan syarafnya agar tidak jatuh..
tetapi sudah tidak dapat di sembuhkan bahkan dengan operasi sekalipun...
apa benar kerusakan syarap mata tidak dapat disembuhkan??
apa benar saya tidak boleh melompat atau melakukan gerakan mendadak atau syaraf saya bisa lepas??
kalau tidak di laser apakah berbahaya??
Ada "masa" di jalur syaraf mata
written by Amirudin, June 15, 2011
Selamat siang Pak/Bu Dokter,

minta bantuan nya Pak/Bu, Sahabat saya terindikasin ada "masa" di otak nya yg mengakibatkan syraf mata nya tdk bisa bekerja dgn baik, hingga skrg tingkat penglihatan nya hanya tinggal 5-10" saja. sementara beliu tidak berani melaukan operasi utk mengeluarkan "masa"tsb karna doter tdk menjamin mata nya dia akan kembali bekerja normal/seperti semula bahkan di khawatirkan akan kehilangan semua penglihatan nya tsb, gimana menurut Pak/bu dokter atau langkah apa yg harus kami lakukan utk menyelamatkan penglihatan nya.
terima kasih byk atas bantuan nya.
...
written by Fajriyah, July 10, 2011
Mf pa ni fajriyah dari cilacap gini pa,saya punya kelainan retinisis febmentosa ,emang pnykt spt it ga da obtnya dok
floater
written by sukma, July 13, 2011
Dokter saya wanita berusia 27 tahun, mata kiri saya minus 1,75 sedangkan yang kanan 0.75.Dan udah 6 bulan ini saya mengalami floater berbentuk benang2 transaparan dan bintik2 putih, dan kalau melihat cayaha terang sepersekian detik ada semacam kilatan cahaya, saya khawatir kalau iti gejala ablasio retina
Kemudian saya periksa ke dokter mata tapi katanya mata saya sehat dan wajar terjadi hal itu, apa itu benar dok?
Bagaimana menghilangak kilatan cahaya saat melihat obyek terang dan menghilankan floater di mata saya ini dok karena saya merasa sangat terganggu dan gak nyaman
...
written by Ovan, July 14, 2011
Dokter,saya laki2 23 thn.mata kanan saya telah dioperasi tambal sekitar 5 blan yang lalu.stlah dioperasi sampai skrang mata saya bila menjelang malam selalu memerah.apakah bs diobati...?trma kasih
haloo dok
written by Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya , July 18, 2011
Dokter saya punya adik ipar mata kanan nya gak bisa melihat.itu kecelakaan nya ringan dok cuman jatuh sendiri dari motor pas disekitar matanya /pelipis mengalami luka lecet sedikit baru nyadarnya setelah pulang dari rumah.itu langsung dibawa kedokter khusus mata tapi uda diperiksa hampir seminggu dan sudah coba disuntik buat merangsang sarafnya tapi tetap tdk berhasil.kesimpulan dokter sarafnya putus.dok apa ada alternatif lain dok?umurnya sekarang 25 dok.laki laki.makasi sebelumnya dok smilies/cheesy.gif smilies/wink.gif smilies/wink.gif smilies/grin.gif
retina sobek
written by iwan pamoedji, July 24, 2011
Kepada Dokter,
Saya mau konsultasi mata anak saya,lepas retina mata kanan anak saya,pada Desember 2008 dan umur pada saat itu 11 tahun,berdasarkan hasil pemeriksaan disebuah RS di Jakarta.
Pada January 2009 dilakukan operasi dan juga dimasukan silicon oil.
Pada May 2010 dilakukan cataract extraction IOL implant dan dikeluarkan silicon oil
Pada Juli 2010 retina lepas kembali silicon oil kembali
Sampai sekarang belum bisa melihat (masih gelap)
Saya sebagai orang tua ,harus berbuat apa atas kondisi anak saya mohon saran dari Dokter,terima kasih sebelumnya atas saran dari Dokter.
Lubang Makula
written by lia, August 15, 2011
kalo diagnosanya Lubang makula, apakah ini dlm tahap berbahaya, apakah perlu di operasi, terapi atau laser, kira-kira berapa biayanya ?? apakah setelah selesai operasi, laser ato terapi tidak akan ada lagi penyakit ini...sukses kah, soalnya klo sudah mendengar operasi, laser dan terapi pikiran jadi parno, apakah harus di operasi, laser, terapi atau ada cara penyembuhan yang lain. tolong penjelasannya.

Terima kasih
tentang ablatio retina.
written by rahmat saputra;dr., August 16, 2011
sbg seorg tng keshtn,sy memgalami masalah pd mt berupa floater dan kilatan chy,kebetulan minus sy os:5,5& od:5,0 , Tekanan IOP saya 20 kiri dan kanan. Sy mau tanya biaya laser di sn berapa? Krn ada indikas sy terancam ablatio retina pd mata kiri. Trm ksh,Slm Sejawat.
ttg ablatio retina dan glaukoma
written by rahmat saputra;dr., August 16, 2011
sbg tng kshtn,sy mengalami mslh pd mt kiri saya, minus mata sy 5,5 sdh melihat floater dan kilatan cahaya, tekanan bola mata sy 20 berpotensi glaukoma. Skrg ditambah lagi kecenderungan ablatio retina krn mulai ada robekan retina. Dr mata menyarankan dilaser,pengobatan smntr tetes mata xendo vitrolenta dan xendo timol oralnya optimax. Yg mau sy tanyakan biaya laser di rmh skt mata dr.yap? Bs brp x dilaser? Trm ksh,slm sejawat.
wiraswasta
written by ja'far , August 19, 2011
pak mohon tanya, pak saya termasuk penderita ablasio retina, saya sudah menderita hampir 4 tahun,sebelum saya tahu bahwa penyakit ini cara penyembuhanya lewat opersi saya rutin ke dokter specialis mata, sampe hampir 1 tahun hasil tidak ada, saya mencoba untuk mempertegas pertanyaan saya untuk kesembuhan, barulah pak dokter itu menerangkan, aku sempat kecewa tp ya aku terima walaupun dalam hati kok g kemarin pertama kali aku cek mata ini. pak terus terang saja waktu dulu aku cek rutin dan untuk membeli resep sungguh sangat berat.bisa di bilang hasil jerih payahku hanya untuk dapat memenuhi cek rutin dan resep dokter, untuk itu pak ada g yayasan mata untuk dapat menolong apa yang telah aku keluh kesahkan ini, pak mohon saran dan jawabanya..... trimasih
Sanprima untuk toksoplasma?
written by Ponimam, August 24, 2011
Halo dokter, saya mau tanya tentang obat toksoplasma. Bbrp waktu yg lalu saya didiagnosa terinfeksi toksoplasma yg menyebabkan mata saya agak buram. Kemudian dokter memberi saya obat Sanprima dgn dosis 2x2. Saya sempat bertanya dgn dokter lain yg bilang Sanprima adalah obat diare, bukan untuk tokso, yg kemudian menganjurkan saya Trozin 500mg. Lain hari saya tanya dokter kandungan istri yg bilang obat tokso adalah Rovamycin. Saya jadi bingung mana yg benar dok. Mohon bantuannya. Terima kasih
pengaruh mata minus jika melahirkan..??
written by vitamaria, September 04, 2011
Dear Dokter,

saya menderita mata minus 0.75, dan saat ini saya sedang hamil, saya ingin sekali melahirkan normal, memungkinkan kah untuk saya melahirkan normal dengan kondisi saya yang seperti itu..
mohon info,

terimakasih banyak..
perdarahan retina
written by ratna.s, September 09, 2011
smilies/grin.gif saya mau nnya dok .,.akhir akhir ini saya pergi krumah skit untuk cek mata saya yg setahun lalu kata dokter terkena perdarahn retina .,penyebab awal nya saya tidak tahu,maka dri itu saya dsuruh cek darah n kolesterol .karena saya tidk keturunan diabetes,pernah jtuh kena bnturan keras dll pnyebab perdarahan itu .,kata dokter pembuluh darah pada mata kanan saya bengkak,saya mau nanya apa ad jalan keluar nya >??karena dokter yang menangani saya justru tidak pernah mmberi harapan kepada saya,itu mmbuat saya ketakutan ,satu lagi dok ,apa pmbuluh darah saya itu bisa menyambung k otak saya ??????????terimaksih
PERDARAHAN RETINA
written by suhardi, September 09, 2011
smilies/tongue.gif DOK .,PERDARAHAN RETINA ITU APA ???DAN BAGIMANA PENANGANNYA ??????
Pengembalian posisi mata
written by Elha, September 12, 2011
Dok, wkt umur sy 10 thn, mata sy trkena serbuk kembang api, dgn segera melapor k puskesmas, tp tk dokter tdk ap2 n sy hnya d beri salep. Namun, lama2 mata sy itu skrg tdk berfungsi, skrg sy hnya mampu melihat dgn sbelah mata. mata yg cacat itu hanya mampu melihat warna. saat itu sy tdk berani melapor k ortu, krn mrka tdk punya biaya untuk pngobatan, sampai saat ini sy 25 thn, mata sy msh seperti itu, bahkan posisi bola mata itu mengarah ke arah ujung mata atw dgn istilah juling. pdhl sblm kecelakaan itu, mata sy normal.
pernah sy mencoba periksa mata, kt dokter katarak pecah, btuh operai, sy msh blm punya biaya untuk itu.

yg ingin sy tanyakan, apakah mata sy bs kembali normal ? wlwpun sudah sangat lama tidak di obati ? berapa biaya yg sy butuhkan untuk itu semua ? adakah keringanan bg org yg tdk mampu spt sy ?
tolong d jawab dok, krn sy menjadi minder sampai saat ini krn mata sy. sy ingin PD dok, ingin bekerja dgn layak. trims
rasa sakit dan vitreus
written by Jay, September 13, 2011
dok saya adalah pengguna softlen dan cukup sering menggunakanya karena saya hobi olahraga. beberapa bulan akhir ini sering sekali keluarnya benda" hitam seperti benang ya melayang" di mata saya sehingga sedikit mengganggu konsenterasi. Dan beberapa hari yg lalu sampai sekarang ini mata kanan saya terasa sakit jika melihat kekiri dengan sangat tajam.. Mohon bantuanya dok karena saya belum sempat periksa ke dokter. terima kasih.
cicatric pada retina
written by wury, September 13, 2011
slmt siang dok, saya wanita 27 tahun,sya inginmenanyakan tentang cicatric yang menyerang mata kanan saya yang disebabkan toxoplasma.kata dokter macula pada mata kanan saya sudah tdp jaringan parut,,apakah hal tsb bisa di obati?sedangkan hasil lab Ig M toxoplasma saya sudah di obati dan sudah negatif. terimakasih.
...
written by Roy, September 19, 2011
Mat siang dok.
Saya sudah dioperasi katarak pada bulan Juli 2011, namun saat ini ( /- 3 bln) saya sudah bisa melihat benda namun masih belum bisa melihat hurup/membaca, ada kabut tipis yang menghalangi, apa penyebabnya dok ?
terima kasih atas jawabannya.
ROP
written by Ardyanto, September 19, 2011
Dok, anak saya lahir prematur umur sekitar 29-30 minggu . 2 bulan pasca kelahiran dokter anak merecomendasikan untuk periksa ROP di KMN . Kemudian anak saya bawa ke RS william Booth Semarang dan di periksa dengan hasil kodisi normal dan disarankan untuk periksa kembali bulan ke 3 dan 6 bulan lagi untuk monitoring . bulan ke-3 saya periksakan lagi ke KMN dan hasilnya juga normal tetapi dokter di KMN merekomendasi untuk RetCam di KMN Jakarta . Pertanyaan saya ; perlu kah RETCAM di lakukan mengingat dua pemeriksaan menyatakan normal ...tks
Distrophy Cornea
written by Zairil Hakim, September 21, 2011
Hi Dok,

saya diputuskan terkena distrhopy kornea, kira2 apa solusi untuk sakit mata saya ini ya?

apakah LASIK jadi salah satu solusinya?
segala metode pengobatan telah sy coba namun tidak membuahkan hasil, seperti tetes mata herbal, kejut listrik, jilat mata, dll

Thx atas responnya
ask
written by stefan, September 23, 2011
dok,teman saya mengalami kecelakaan,matanya kena gear motor dan kt dokter retinanya luka...apakah ada kemungkinan bisa sembuh?
bayangan hitam blur
written by yunus, October 01, 2011
dok 2 hari ini saya mengalami, mata kiri saya melihat ditengah2 ada bayangan hitam bulat transparan menyebabkan susah fokus untuk daerah itu, sedangkan yang mata kanan saya normal2 saja. kalau saya pejamkan kedua mata saya saya melihat ada berkas putih seperti cahaya bocor yang ada dalam kegelapan dan cukup terang. gejala apakah ini dok ? dan bagaimanakah proses penyembuhanya donk?>
terima kasih sebelumnya dokter yang baik hati.
Mata Kiri buta selama 16 karna terbentur
written by Buday, October 01, 2011
apa yg hrs di lakukan utk mata kiri saya ?
kondisi mata:
1. ada warna putih seperti awan menutupi
2. tidak dapat meihat sama sekali, bayangan tidak ada dan gelap pun ga bs terlihat.
3. biasa kl orng tutup mata kan msh bs liat kegelpan, kl ini sama skali ga bs dok.

dok kl di operasi bs ga? hrs operasi apa ya ? and kira2 biaya nya ?
tolong bls dok. thanks
...
written by ali, October 01, 2011
ass,dok,ak umur 26 th,3 bulan trakhir ini mata knan ak penglihatanx kurang jelas,kalau bercermin mata kiri ak gak kelihata,gejala apa namax dan bagaimna penangananx,trimksi dok,mhon pnjelasanx
Mata kanan ada bayangan bulat yang bikin kabur pandangan
written by B. Jaka Purnama, October 02, 2011
Pandangan mata kanan saya tertutup kabut bulat sedangkan disekitarnya jelas. Apakah ini termasuk retinopati serosa sentralis? Bagaimana therapi penyembuhannya, dan bagaimana peluang sembuhnya? Mohon jawabannya.Terima kasih.
...
written by lili, October 02, 2011
assalamuailaikum dokter, saya lili,,umur saya 20tahun.suatu malam saya iseng memotret mata saya dengan kamera. namun celakanya, saya lupa bahwa kamera yang saya gunakan mempunyai lampu kilat. saya terlalu dekat memfotonya. jadi setelah saya memfotonya,,dimata saya tiba2 ada noda hitam, setelah beberapa mnit noda hitam itu hilang. memang tidak ada gangguan yag berarti, namun.. saya slam ini jadi paranoid sendiri..saya merasa seperti mata saya da yang salah. tolong saya dok..
...
written by H. AZRIAL, October 03, 2011
tanya pd dokter. anak saya dua orang prempuan umur 23, laki2 umur 18. sejak kecil sudah tampak gejala skit mata yg sering melanggar benda yg ada didepannya, makin hari makin mulai berkurang penglihatannya. apa nama penyakitnya ini dokter. berdasarkan pengalaman RS Mata Dr YAP dapat menanganinya. mhn jwbn terimakasih.
...
written by H. AZRIAL, October 03, 2011
tambahan dari H. Azrial. anak saya terakhir sdh diperiksa ke RS AINI Jakarta dan ISEC di Kuala Lumpur serta bbrp alternatif namun diaknosanya belum ada solusinya.
...
written by H. AZRIAL, October 03, 2011
dari H.Azrial.saya optimis mata anak saya bisa disembuhkan, karena menurut hadist rosulullah tidak ada penyakit yg tidak dapat disembuhkan kecuali maut. dan Allah menurunkan penyakit kpd ssorang dan Allah lah yg menyembuhkannya. dan kita disuruh berikhtiar(berusaha).
...
written by ali, October 04, 2011
mlm dok,ali kosul lgi ne mslh ali 2 hri yg lalu, pexebab mta knan ak ada bundaran htam yg menutupi,n gmna penangananx?mohon penjlasnx,trimaksih
...
written by ali, October 04, 2011
mlm dok mf,nmbah lgi,kata dokter sih,ada pembengkakan dbagian retina,n ak cmn dksi vitamin sama anti bengkak,tpi blum ada perubahan,gmna ni dok ak hawtir sekali cos pengeliatan ak tambah kabur yg sebelah kanan
2 minggu ablasio
written by Tala, October 09, 2011
Assalamualaikum
saya mau tanya klo saya terkena trauma pukulan benda tumpul pada mata dan saya terkena ablasio retina d mata kanan selama 2 minggu!
Apakah saya masih bisa dioperasi?
Sebelum saya terkena ablasio retina saya jga memakai kacamata dengan minus 20! Apakah masih bsa disembuhkan? Sekarang saya hanya bisa melihat sedikit pada mata kanan saya
...
written by fahmi, October 10, 2011
dok sya mau tanya bapa sya kdua matana sudah tdk melihat lg diagnosa dok kiri katarak kanana ablasio yg kiri sudah di operasi katarak tetapi hasilna masih tdk kelihatan stelah di diagnosa ulang hasilna k2 matana ablasio apakah itu mungkin terjadi brapa biaya operasi ablasio untuk 2mata skaligus obat rawat inap! kemungkinan berhasilna brapa persen !
terima kasih.
biaya operasi ablasio
written by stefani, October 10, 2011
1. brapa biaya operasi ablasio untuk 2mata skaligus?
2.brapa persen tingkat keberhasilanya?
3.brapa lama paska operasi mata bisa melihat walaupun tidak sempurna?

thanks.
shine and headache
written by slimdog, October 11, 2011
mata saya Mendadak seperti melihat tirai yang menutupi sebagian penglihatan, diawali kilatan-kilatan cahaya melintas dilayar pandangan,setelah cahaya hilang, muncul sakit kepala yang luar biasa biasanya di sertai muntah..penyakit apa ya dok ini apa msih bsa disembuhkan???
mohon d jawab y dokter.
written by wi2n, October 12, 2011
Mf sblmny.sya mau tanya.
Saya pnya ponakan yg skrng brumur 1thn 3bln.
Bbrp bulan stlh ia lahir,kdua mata sering keluar kotoran dan sering brair.sdh k dokter umum(d tmpt kmi blm ada dr.SpM).dokter umum cma mngtakn krna pngaruh flu.pdhl pnkan sya tdk slalu flu.
Bbrp hri mta kiri sdh tdk prnah mngeluarkn ktoran dan air mta lg.tp mta knan brtmbh sering mngluarkn ktoran dan air mata.
Apa kh tdk brlnjt smpai ia dwsa nnti dok?
Ada pngaruhny kh trhdp lapang pnglihatan?
Bsa kh smbuh?
Mhon jwbnny y dokter.
Trima kasih sblmny.
nyambung pertanyaan yg td.
written by wi2n, October 12, 2011
kotoran yg keluar itu sprti kotoran mata biasa tp kdng brwrna kuning dan bnyk.
Air mata yg keluar jg sring brlebihn.
Mhon jwbnny y dokter. smilies/smiley.gif
ROP
written by ibu alfino, October 17, 2011
maaf sebelumnya,anak saya lahir prematur.1,5 bln di oksigen.sudah pernah operasi hernia,terahir di laser karena bermasalah dengan mata.artinya sdh 2 kali suntik bius berpengaruh g buat kesehatan?sdh dilaser tapi kenapa masih difonis ROP.benarkah ROP susah disembuhkan?
nyambung pertanyaan yang tadi
written by ibu alfino, October 17, 2011
sekarang anak saya umur 4 bln.lahir usia kehamilan 7.5 bln.
...
written by maryono, October 31, 2011
halo dok selamat malm..?
saya mau tanya ,.saya pernah 1x oprasi mata berhubungan dngan retina putus. stlah oprasi dlm jangka waktu 2 tahun ini,saya sudah periksa ke rumh sakit YAP dan d nyatakan bahwa retina mata saya putus kmbali..dan di anjurkan untuk oprasi..
pertanyaan saya : adakah solusi yg laen selaen oprasi....?
TRIMAKASIH.
mnurut
...
written by hary, November 02, 2011
dok saya penderita uveitis, dokter mana yang paling tepat buat saya ( di RS mata Dr YAP) smilies/smiley.gif thx.
Mata Berkedip
written by yohana naomi, November 05, 2011
Dok anakku yang laki matanya sering berkedip sangat berlebihan, sehingga kalau sudah sering begitu kedua matanya menjadi merah ...
Sudah dibawa ke dokter, dianggap kurang memproduksi air mata, sehingga diberikan obat tetes mata untuk membasahkan matanya (Tears Naturale II), tetapi nanti sudah sembuh beberapa bulan kemudian kambuh lagi.
Saya sangat kasihan kalau dia terus begitu, apa yang harus saya lakukan untuk kesembuhan nya , tks
mata berkabut
written by roy, November 07, 2011
Dok...saya berusia 41 th matakn-kr minus 1 duabulan ini kalau kena cahaya matahari diluar ruangan kalau melihat seperti ada kabut, tapi kalau malam atau dalam ruangan (siang-malam) tidak ada masalah.saya sudah hampir 1 th ini menggunakan c.xitrol. apakah mata saya katarak dok? biayanya berapa kalau operasi?terima kasih
jawaban untuk roy "mata berkabut"
written by agus p, November 14, 2011
Terima kasih atas pertanyaannya...
Mas roy, mohon maaf anda menggunakan c xitrol selama satu tahun secara terus menerus itu sangat berbahaya karena akan menimbulkan glaukoma steroid. Saran saya segera periksa di klinik glaukoma kami setiap hari senin, rabu, kamis, jumat sabtu serta STOP c xitrol anda terlebih dulu sembari menunggu hasil periksa. Pendaftaran via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255
jawaban untuk harry "uveitis"
written by agus p, November 14, 2011
Terima kasih atas pertanyaannya...
Uveitis adalah termasuk peradangan pada uvea, silahkan anda periksa di klinik Uvea dan imonologi kami setia hari senin, kamis dan sabtu. pendaftaran lewat telpon 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57
Demikian jawaban kami, semoag bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255
mata kanan saya ada benang hitam dan kabut tipis
written by chandra, November 16, 2011
Dok saya mao tny...
Mata kanan saya waktu itu ada benang" hitam segaris n bintik kecil... Trs klo saya liat yang terang kyk di luar jendela... Ada kyk selaput tipis yg menghalangin pengelihatan saya... Jd saya cek kedokter mata, katany mata saya terserang virus toxoplasma... Kira" bisa di sembuhin total ga ya ?
Tanggal 17 bln 3 sudah sembuh... Selang 2 or 3 bln mata kanan saya kambu lagi... Kira" kenapa ya ? Apakah penyakit mata saya ini bisa sembuh total ?? Tolong jawabannya dok...
ablasio retina akibat myop
written by billy, November 17, 2011
dok....saya mau tanya
salah satu komplikasi myop adalah ablasio retina..

bagaimana patofisiologinya?

mohon bantuannya dok...terima kasih
...
written by Lia, November 18, 2011
Apa saat ini ada cara untuk menyembuhkan retinis pigmentosa?
Salam sejahtera
written by Rose Manja, November 21, 2011
doktor,saya ingin bertanya satu soalan tentang mata.Jikalau mata bergerak dibahagian mata,tidak kira bahagian kanan mahupun di bahagian kiri,adakah itu penyakit atau bukan.Itu saja soalan saya.Terima kasih.
mata kanan berdenyut-denyut
written by nur nasihah sahak, November 23, 2011
salam dr.saya nak tanya kenapa kelopak mata kanan saya kerap kali berdenyut-denyut .apakah cara untuk mengatasinya?
jawaban untuk billy "ablatio retina"
written by agus p, December 01, 2011
Terima kasih atas pertanyaannya...
Myop dikarenakan adanya bola mata yang terlalu lonjong/panjang. Secara normal lapisan retina sellau melekat pada lapisan koroid pada bola mata.
Ablatio retina adalah lepasnya lapisan saraf retina dari lapisan koroid, hal ini dikarenakan karena saraf retina selalu tertarik mengikuti bola mata yang panjang/lonjong sehingga pada titik tertentu saraf retina tidak bisa mengikuti panjangnya bola mata kemudian terlepas dan terjadilah ablatio retina.
dampak dari lepasnya saraf retina ini adalah turunnya tajam penglihatan, luas lapang pandang menyempit. Jika hal ini tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat maka akan menimbulkan kebutaan yag permanen
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat.

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. hukmas
088802811255
jawaban untuk nur nasihah sahak ''mata berdenyut-denyut"
written by agus p, December 01, 2011
Terima kasih atas pertanyaannya...
Mata sering berdenyut-denyut biasanya disebabkan oleh kondisi otot mata yang terlalu tegang, sehingga butuh relaksasi. saran kami silahkan istirahatkan mata dengan melihat jauh selama 5 menit setelah mata bekerja 1 jam.
Jika berkenan silahkan periksakan ke dokter spesialis mata terdekat untuk memastikan kondisi mata anda
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
haloo dok
written by nila, December 10, 2011
saya sudah terlambar dioperasi retina sekarang mata saya suka sakit seperti kemasukan air dan kepala saya suka pusing sebelah gimana cara menanganinya dok smilies/grin.gif
Konsultasi
written by zeky, December 11, 2011
sekitar 2,5 tahun lalu saya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan saya koma 15 hari dan harus menjalani operasi dibagian kepala karena terjadi pendarahan....sebelum saya d operasi, darah keluar dari mulut, hidung, telinga dan mata saya.....sekitar - 1 bulan kemudian saya keluar dri rumah sakit dan saya mendapati klo penglihatan mata sebelah kanan saya terganggu (Penglihatan kabur)....dan stlah saya USG, hasilnya adalah, "Tampak Septa Septa Dalam Bulbus Oculi kanan kemungkinan akibat Hematoma pada Corpus Vitreus". Mohon informasi apa sakit saya ini bisa disembuhkan???dan apakah ada obat yg dapat saya minum?
jawaban untuk nila "sakit kepala"
written by agus p, December 14, 2011
Terima kasih atas pertanyaannya...
Untuk mengetahui penyebab sakit mata dan kepala suka pusing, saran kami segera periksakan ke dokter mata terdekat anda atau jika berkenan silahkan datang ke RS Dr. yap setiap hari kerja. Pendaftaran via telpon 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255
jawaban untuk Zeky "mata kabur akibat kecelakaan"
written by agus p, December 14, 2011
Terima kasih atas pertanyaannya....
Organ mata dengan otak memang saling berhubungan erat sekali,kemungkinan besar kaburnya penglihatan akibat dari adanya benturan pada kelpala sehingga mengakibatkan ada sesuatu yang tidak normal pada daerah mata anda.
Saran kami, silahkan anda datang ke klinik Neuro Oftalmologis kami untuk mengetahui penyebabnya dan mengenai apakah bisa disembuhkan atau tidak tergantung bagian mana yang mengalami kerusakan.
Pendaftaran via telpon 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255
kilatan cahaya
written by rizky, December 21, 2011
dok saya mau nanya seminggu yang lalu (tgl 15 desember) saya main futsal, ketika itu teman saya menendang bola dan tanpa sengaja tepat mengenai wajah dan mata kiri saya, ketika itu saya pikir tidak apa-apa, namun beberapa hari yang lalu saya sering melihat kilatan cahaya bergerak di mata kiri saya, bisa tolong dijelaskan apakah itu benar-benar ablasio dan bisa mengakibatkan kebutaan, soalnya saya tidak berani untuk cerita kpd orang tua saya.. terima kasih.
jawaban untuk rizky "kilatan cahaya"
written by agus p, December 21, 2011
Terima kasih atas pertanyaannya...
Salah satu akibat dari benturan pada mata adalah lepasnya saraf retina, yang biasanya ditandai dengan adanya penyempitan lapang pandang, tajam penglihatan menjadi kabur secara mendadak, ada bayangan hitam bergelantung, ada kilatan-kilatan cahaya. Saran saya segera periksa ke klinik vitre retina kami setiap hari senin, selasa, kamis, jumat dan sabtu. Pendaftaran via telpon 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Setelah mendapatkan hasil periksa dokter baru anda bicarakan bersama dengan kedua orang tua, karena maua tidak mau tanggung jawab ortu masih penuh kepada anda, jangan takut dimarahin karena ortu pasti sayang kepada anda.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255
Mata sebelah kiri kadang kala seperti ada bintik hitam yg lewat
written by David, January 02, 2012
Pagi Dok...
Saya mau tanya...Mata sebelah kiri ibu saya katanya kadang2 seperti ada bintik hitam kecil yg lewat...
itu kenapa ya....
Pasca Operasi Ablasio
written by Viana, January 11, 2012
Dok , saya mau bertanya . Apa benar ada jenis teknik operasi yg di dalam mata kita dipasang semacam silikon . Setelah 6 bulan dari proses operasi ablasio , silikon tersebut harus diangkat lagi melalui operasikembali . Terima kasih dok
...
written by dewi natalia, January 11, 2012
Dok, saya mempunyai anak lahir prematur waktu usia kandungan 7 bln, sekarang anak saya berusia 8 bln menderita ROP std 5.Saya sudah membawa ke SBY smp ke JKT tapi tidak ada hasil.Adakah jalan lain untuk mengobati ROP std 5 tsb?? Apakah retinanya sdh terlepas? retina yg terlepas apa dpt ditempelkan kembali? Terima kasih.
...
written by lucky, January 14, 2012
dok, saya penderita buta warna parsial, untuk pengobatan atau terapi penanganannya seperti apa dok?atau barang kali dokter ada masukan atau ada rujukan dok untuk terapi dan herbalnya?
buta dari lahir
written by umar sidik, January 16, 2012
dok, saya punya kakak buta dari lahir tp bentuk bola mata normal dan bisa merasakan cahaya (gelap/terang) apakah bisa disembuhkan dok?
Jawaban untuk david "bintik hitam yang lewat mata"
written by agus p, January 16, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Mohon maaf saya ingin bertanya kepada anda, berapa usia anda? apakah anda punya penyakit DM?
Kemungkinan bintik hitam itu adalah floater, yang diakibatkan oleh cairan badan kaca ada yang mencair, hal ini tidak berbahaya tetapi kalau makin lama makin banyak maka akan tetap mewngangganu penglihatan kita.
Saran kami silahkan datang ke RS Mata DR. yap untuk memastikan apakah penyebab titik hitam tersebut setiap hari kerja. Pendaftaran via telpon 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.

Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255
jawaban untuk viana "pasca operasi ablatio retina"
written by agus p, January 16, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Memang betul bahwa salah satu metode operasi ablatio retina adalah dengan memasukkan minyak silikan ke dalam bola mata, hal ini bertujuan untuk memberikan tekanan pada saraf retina yang lepas sehingga bisa tertempel kembali.
Untuk proses evakuasinya memang bisanya dilakukan 6 bulan pasca operasi tetapi dalam keadaan tertentu bisa lebih cepat atau lebih lama dari waktu 6 bulan tersebut (tergantung kondisi matanya)
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255
pelajar
written by heru, January 17, 2012
dok saya mau tanya apakah mata jereng/juling bisa disembuhkan?trus ap bisa memakai kacamata prisma lems?terimakasih
mata juling/jereng
written by heru, January 17, 2012
apa bisa disembuhkan dok?trus apa bisa memakai kacamata prisma lems?sekian terimakasih dokter
hipertensi retinopati
written by mustofa ibrahim siregar, January 19, 2012
dok, saya mau nanya?
kenpa retinopati hipertensi lebih banyak dialami wanita dibanding pria, trus lbih bnyak terjadi pada umur > 40 tahun
jawaban untuk heru "pelajar juling"
written by agus p, January 20, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Penanganan mata juling dilihat dulu karena sebabnya, kalau sebabnya karena mata minus/kelaianan refraksi maka kita hanya memberikan kacamata untuk membantu supaya tidak terlihat juling, tetapi kalau karena adanya kelumpuhan otot mata maka perlu dilakukan tindakan operasi.
Saran kami silahkan periksa ke klinik strabismus kami setiap hari senin, rabu dan sabtu. pendaftaran via telpon 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255
UDAH 3X OPERASI ABLASIO RETINA
written by DWI NANDA RINTO, January 22, 2012
SAYA MAU TANYA,SAYA UDAH 3X OPERASI ABLASIO RETINA DI RS.DR YAP.TP SAMPAI SKR G ADA PERUBAHAN APA2 MALAH TAMBAH G BS NGELIAT,MATA KANAN SAYA.SKR MSH DPASANG SILIKON.KLO BUAT CANGKOK RETINA ADA G Y....TKS
mohon tanya
written by mita, February 01, 2012
mohon tanya
bapak saya menurut dokter sakit mata di bagian retina.
bapak sakit mata di sebelah kiri, pernah muncul saraf sebesar benang yang menutupi pandangan mata dan saraf tersebut putus yang mengeluarkan darah sehingga menutupi pandangan mata. lama nya sudah 3 bulan lebih dan sampai saat ini belum sembuh. mohon penjelasan pada ibu/bapak dengan kondisi seperti diatas dapatkah disembuhkan?perlukah operasi? bagaimana pengobatannya? dan kira kira memerlukan waktu berapa lama? mohon info juga untuk biaya nya? apakah bisa menimbulkan kebutaan?selama ini pengobatannya menggunakan tetes mata merk VITROLENTA.
kemudian saya ucapkan terimakasih dan mohon dengan sangat untuk segera di balas.
...
written by Sobrun, February 04, 2012
dok. saya belum tau penyakit apa yang diderita ayah saya, ciri"nya sebagai brikut :- penglihatan tampak lebih kecil dari mata normal dan saat melihat dimalam hari tampak kabur. ini jenis penyakit apa ya dok? sudah pegi ke rumah sakit mata belum ada hasil yang memuaskan, kira" untuk penanganannya gimana ya?
jawaban untuk mita "mohon tanya"
written by agus p, February 05, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
kalau dari hasil periksa dokter mata dikatakan bahwa ada saraf mata yang putus dan terjadi perdarahan, kemungkinan besar bapak anda mengalami ablatio retina yakni lepasnya saraf retina dari lapisan diatasnya dan juga hal ini bisa menyebabkan perdarahan pada badan kaca sehingga penglihatannya menjadi kabur.
Saran kami, silahkan datang ke klinik vitreo retina kami SEGERA, setiap hari senin, selasa, kamis, jumat dan sabtu. pendaftaran via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255/081392628118
jawaban untuk sobrun "mata bapak kabur saat malam hari"
written by agus p, February 05, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
mata kabur disebabkan oleh bernagai hal, bisa katarak, saraf mata yang lepas, glaukoma dll. kami belum bisa memastikan juga jenis penyakit ayang dialami oleh bapak anda karena gejala dan keluhan yang disampaikan masih terlalu umum.
Saran kami, silahkan datang ke RS mata Dr. yap setiap hari kerja untuk diperiksa sehingga dapat diketahui diagnosa penyakitnya.
pendaftaran via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255/081392628118
assalamualaikum
written by Rhara, February 06, 2012
dok. saya belum tau penyakit apa yang diderita ayah saya,matanya sering mengeluarkan bintik hitam seperti kotoran nyamuk dan sering juga mengeluarkan air mata, suka gatal, kira2 itu knp iah dok?? kira2 harus d'operasi tidak??
hohon d'jwb
makasih..
Jawaban untuk Rhara "assalamu'alaikum"
written by agus p, February 06, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Adanya bintik-bintik hitam yang selalu mengikuti gerakan mata kita biasanya terjadi karena adanya proses perubahan elastisitas /kekentalan dari cairan badan kaca (normalnya dia seperti gel). Secara fisiologis hal ini dapat terjadi pada orang-orang yang sudah memasuki usia 60 tahun atau lebih. Adanya bintik-bintik hitam ini juga dapat menjadi gangguan jika makin hari jumlahnya makin banyak dan kalau sudah demikian maka perlu dilakukan penanganan secepatnya, sehingga bintik-bintik hitam ini tidak makin bertambah banyak.
Saran kami silahkan datang ke klinik vitreoretina kami setiap hari senin, selasa, kamis, jumat dan sabtu. pendaftaran via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255/081392628118
Mata Buram Karena Toxo
written by Kristina Dewi, February 13, 2012
Dear Dokter,

Mata kana saya buram karena terkena toxoplasma, apakah bisa disembuhkan melalui obat ? jika bisa apa nama obatnya, namun jika tidak bisa tindakkan apa yang bisa dilakukan dan memerlukan biaya berapa, Terima kasih
jawaban untuk kartika dewi "Mata buram karena toxo"
written by agus p, February 13, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Memang efek dari bahaya toxo pada mata adalah merusak daerah saraf retina sehingga menyebabkan pandangan jadi kabur. Pada prinsipnya penanganan toxo ini harus dilakukan dengan Mengobati proses infeksi/radang yang timbul akibat toxo, kalau infeksi/radang sudah bisa diobati maka selanjutnya tinggal menjaga agar infeksi/radang toxo ini tidak timbul lagi.
Untuk penglihatannya tergantung dari seberapa parah daerah saraf retina yang terkenan efek dari penyakit toxo.
Saran saya jika tidak keberatan silahkan datang di klinik vitreo retina kami setiap hari senin-sabtu (kecuali rabu).pendaftaran via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255/081392628118
pertanyaan
written by ameu, February 15, 2012
anak saya luka parut pada mata akibat toxoplasma... gimana cara pengobatanya....
Retina Robek
written by kendura, February 17, 2012
dok, untk tindakan vitrectomy :
1). berapa total biaya kisaran untuk konsultasi obat operasi rawaat inap?
2). setelah operasi, butuh rawat inap berapa hari?
3). butuh masa penyembuhan berapaa lama sampai bisa sembuh? apa perlu istirahat total? kl iya, berapaa lamaa?
4). apa pantangan yang tdk boleh di makan/minum/dilakukan?
5). apa ada solusi spy bisa tetap beraktifitas/bekerja selagi masa penyembuhan?

sebelumnya, trims yaa dok
jawaban untuk ameu "luka parut pada retina akibat toxoplasma"
written by agus p, February 20, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Adanya luka parut pada daerah retina mata ini memang tidak bisa disembuhkan atau dihilangkan. Prinsip pengobatan dan penanganannya adalah JANGAN sampai infeksi toxoplasma ini kembali kambuh sehingga akan mengganggu penglihatan lagi. Salah satu caranya adalah dengan menjaga stamina tubuh kita tetap vit sehingga virus toxo tidak kambuh lagi, atau dengan kontrol rutin ke dokter sub spesialis vitreo retina setiap 6 bulan sekali.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
081392628118/088802811255
jawaban untuk kendura "Retina Robek"
written by agus p, February 20, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Salah satu tujuan operasi vitrektomi pada retina yang robek adalah untuk melekakatkan kembali retin ayang robek tersebut sehingga kalau sudah rekat kembali diharapkan retina mendapatkan suplai makanan dan penglihatan bisa membaik, tetapi kalau kondisi retina yang robek tersebut telah mati maka meskipun rekat kembali penglihatan tidak akan membaik.
1. Biaya operasi vitrektomi tergantung dari metode operasi yang digunakan, biasanya minimal berkisar 17 jut-an
2. Lama perawatan rawat inap tergantung dari kondisi pasca operasi baik kondisi umum mauapun matanya, dari pwengalaman yang ada biasanya 2-3 hari diperbolehkan pulang
3. Biasanya pasca operasi kita observasi sampai 6 bulan kedepan. Istirahat total sebaiknya dilakukan sekitar 1 bulan, karena kalau dipakai aktivitas yang berlebihan dikawatirkan retina yang telah merekat itu lepas kembali
4. Tidak ada makanan / minuman yang dipantang, kecuali dia ada riwayat penyakit gula, hipertensi dll (pantangan sesuai petunjuk dokter)
5. Setelah 1 bulan, pasien boleh beraktivitas seperti biasa.

Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255/081392628118
...
written by adin, February 20, 2012
hallo dok..
-/ 10 th yg lalu mata saya terkena benturan yg berakibat penglihatan mata kanan saya buram sampai sekrang.
yang saya tanyakan apakah cara pengobatannya harus dengan oprasi atau ada cara yang lain selain oprasi?
mohon penjelasannya
terima kasih
fungsi vitrolenta
written by mona, February 20, 2012
dok, ayah saya, 63 th, bermaksud mengganti kacamata karena belakangan pandangan menjadi lebih kabur dan tidak bisa melihat hal-hal detil dari jarak jauh. pihak optik menyerankan untuk melakukan pengecekan dahulu ke dokter. lalu dokter mengatakan bahwa saraf mata ayah saya sdh mulai berkurang kinerjanya, dan diberi resep VITROLENTA.apa sebetulnya fungsi vitrolenta dok...kok banyak digunakan untuk pasien floaters, padahal ayah saya tidak mengalami gejala itu? terimakasih sebelumnya.
mata kiri
written by martin , February 20, 2012
dok, 3 hari yg lalu mata saya yg kiri terkena benturan yg cukup kuat sehinga mengakibatka mata saya merah .....

pertanyannya, karena benturan itu mata saya yg kiri kalau melihat enggak fokus maka akan muncul bintik yg lama kelamaan akan memudar .apa yg harus saya lkukan untuk mengatasinya apakah saya harus membiarkannya saja.?
terimah kasih sebelumnya
titik
written by ameroon, February 21, 2012
dokter mata saya kemaren kena benturan yg cukup keras sampe2 keluar air mata dan mata saya memerah dan setelah bnturan tersebut mata saya kalau saya melihat akan muncul bintik kayak bintang klaw saya ngeliat dg fokus ke satu titik bintik2 itu enggak kelihatan tapi klaw saya noleh ke kiri bintik2 itu keliatan tpi berbeda halnya klau saya ngeliat ke kanan dan klaw saya melihat di tempat yg gelap bintik itu enggk terlalu terlihat.....

menurut dokter apakah bintik itu akan selalu ada klaw saya melihat terutama pada saat saya noleh ke kiri dan bagaimana cara penanganannya .. thx sebelumnya smilies/smiley.gif
jawaban untu adin "mata kena benturan"
written by agus p, February 24, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Akibat mata kena benturan memang salah satunya adalah adanya penurunan penglihatan, hal ini disebabkan oleh adanya kenaikan tekanan bola mata, adanya katarak, adanya perdarahan di mata bagian depan atauapun belakang, adanya saraf mata yang lepas dll yang diakibatkan oleh benturan tersebut pada mata.
Untuk mengetahui efek benturan tesebut apakah ada dari salah satu diatas maka harus diperiksa secara langsung dengan alat alat tertentu. dan untuk memastikan apakah perlu operasi atau tidak maka harus dilakukan pemeriksaan mata secara langsung.
saran kami, silahkan datang di RS mata Dr. yap setiap hari kerja untuk dilihat kondisi matanya sehingga penyebab buramnya dapat diketahui dan dilakukan penanganan secara pasti.
Pendafatran pasien via telpon 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255/081392628118
jawaban untuk mona "fungsi vitreolenta"
written by agus p, February 24, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Fungsi vitrelenta adalah sebagai pencegah/mengurangi kekeruhan pada lensa ataupun badan kaca pada mata. Floaters sendiri biasanya disebabkan oleh adanya perubahan kekentalan cairan sehingga caiaran badan kaca yang semla bening menjadi agak keruh.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255/081392628118
jawaban untuk martin "mata kiri kena benturan"
written by agus p, February 24, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Terima kasih atas pertanyaannya...
Akibat mata kena benturan memang salah satunya adalah adanya penurunan penglihatan, hal ini disebabkan oleh adanya kenaikan tekanan bola mata, adanya katarak, adanya perdarahan di mata bagian depan atauapun belakang, adanya saraf mata yang lepas, pembengkakan pada daerah makula lutea, dll yang diakibatkan oleh benturan tersebut pada mata.
Untuk mengetahui efek benturan tesebut apakah ada dari salah satu diatas maka harus diperiksa secara langsung dengan alat alat tertentu.
saran kami, silahkan datang di RS mata Dr. yap setiap hari kerja untuk dilihat kondisi matanya sehingga penyebab buramnya dapat diketahui dan dilakukan penanganan secara pasti.
Pendafatran pasien via telpon 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255/081392628118
...
written by Anita, February 26, 2012
Dok ayah saya mengeluh pengliatanya akhir-akhir ini menurun, kaya ada yg mengganjal di mata dan silau , setelah periksa ke klinik daerah rmh sy . Kata'a gejala katarak . Cara mengobatinya bgaimana ya dok ? Apa aja yg msti di lakukan ?
Terimakash..
jawaban untuk anita "gejala katarak"
written by agus p, March 01, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Prinsip penanganan katarak ada beberapa cara, antara lain :
1. Jika katarak masih dapat dibantu oleh kacamata maka cukup dengan pemakaian kacamata saja
2. Jika dengan bantuan kacamata sudah tidak bisa maka biasanya perlu dilakukan tindakan operasi.

Saat ini di RS mata Dr. Yap hampir semua pasien katarak kita lakukan operasi fakoemulsifikasi yang mempunyai keunggulan dibanding metode jahitan/konvemnsional, antara lain luka sayatan kecil sehingga cepat sembuh dan mengurangi terjadinya mata silindris pasca operasi katarak.
JIka berkenan silahkan datang di klinik katarak kami setiap hari senin, selasa, rabu dan sabtu dengan Prof. dr. Wasisdi Gunawan, Sp.M (K) atau dr. Agus Supartoto, Sp.M (K)
Pendafatran pasien via telpon 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255/081392628118
20 tahun
written by Santaro, March 03, 2012
smilies/cry.gif akibat kecelakaan sepeda motor mata sebelah kiri saya tidak bisa melihat.
Selama 3 tahun...aku ingin lepas dri penderita an ini...
Tuhan memberkati amin.
jawaban untuk Santaro "20 tahun"
written by agus p, March 04, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Kecelakaan yang mengenai mata atau trauma mata akan bisa berakibat pasien kehilangan sebagian atau semua penglihatannya, hal ini diakibatkan oleh adanya efek trauma pada mata antara lain adanya peningkatan tekanan bola mata yang menyebabkan rusaknya saraf mata atau adanya kekeruhan lensa/katarak atau lepasnya sebagain atau seluruh saraf retina mata.
Saran kami silahkan datang di RS mata Dr. yap setiap hari kerja untuk dilakukan pemeriksaan sehingga penyebab kenapa anda tidak bisa melihat dapat diketahui secara pasti. Kalau masih memungkinkan untuk dilakukan terapi atau pengobatan kami akan berusaha seoptimal mungkin.
Pendafatran pasien via telpon 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255/081392628118
ROP
written by Nera Devi, March 04, 2012
Dok, sya punya seorang putri lahir prematur dgn usia kandungan saat lahir 30 minggu dan berat lahir 1000gram
di inkubator selama 45 hari dan telah didiagnosa ROP stadium I zona 3.
Sekarang usia putri saya sudah 8 bulan. Sya periksa kembali ke dokter mata di RSUD Dr. Moewardi dengan hasil:
- mata kanan tampak membiru ( sya kurang paham artinya apa karena saya bertanya pada dokter tpi dokter tdk mau menjelaskan )
- mata kiri telah menjadi stadium II dan mulai masuk zona 2
Sya akhirnya drujuk untuk k rs mata dr. yap yogyakarta ..
Sy mohon informasi mengenai :
1. jadwal dokter ahli retina di rs. mata dr. Yap yogyakarta?
2. Berapakah biaya yang harus saya siapkan untuk periksa ke dokter spesialis, laser dengan/tanpa mondok ataupun operasi mondok? (mengingat kami berada di surakarta dan harus membawa bayi ke yogyakarta sehingga perlu perencanaan waktu dan juga biaya)

sya sgt membutuhkan informasi ini. Harapan saya bda membawa putri saya ksna minggu depan insya Allah..
Sya mohon jwbn d web ini dpt dkirim ke email saya : Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya
jawaban untuk Nera Devi "Anak ROP"
written by agus p, March 05, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
jawaban sudah kami kirim ke email anda, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
Lanjutan ROP
written by Nera Devi, March 05, 2012
Mhon maaf dok, di email sya tdk bsa terbca..
Mhon pertanyaan di atas dijawab disini saja...

Slain itu, saya ingin bertanya kembali...
- menurut dokter bagaimana kondisi anak saya tersebut? Dokter mata yang d RS. dr. moewardi mengatakan bahwa anak saya harus dilaser matanya ... Apakah aman dan boleh dilaser pada usia 8 bulan ini?
- bisakah langsung dilaser pada hari dilakukannya pemeriksaan atau harus membuat janji jadwal terlebih dahulu?

Terimakasih atas informasinya
jawaban untuk Nera Devi "lanjutan ROP"
written by agus p, March 06, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
1. jadwal Praktek dokter sub spesialis retina setiap hari senin, selasa, kamis, jumat dan sabtu. Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
2. Biaya periksa dokter retina berkisar 200 ribu-an dan biaya laser ROP untuk 2 mata berkisar 3 juta-an (LAser LIO)
3. Laser LIO memang diperuntukkan untuk bayi-bayi prematur yang mengalami ROP dan usia 8 bulan sudah aman untuk dilakukan pada anak-anak karena sebelum direkomendasikan sudah terlebih dahulu dilakukan penelitian dan ujicoba oleh tim-tim ahli yang berkompeten.
4. Untuk hari tindakan tergantung dari kondisi pasien, tetapi memang kebanyakan ada yang langsung ditangani

Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
...
written by rizaldi, March 08, 2012
dok. anak saya 5 tahun lalu terserang steven jhonson. dan sejak saat itu penglihatan nya rusak. dan kedua kornea matanya keruh ,dia sering membaca dengan mendekatkan bukunya kemata sebelah kanan dengan jarak 5-7cm. sekarang anak saya berusia 15 thn. saya mau tanya berapa biaya operasi matanya, terimakasih
jawaban untuk rizaldi "anak steven jonhson"
written by agus p, March 12, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Salah satu efek steven johnson pada mata adalah terjadinya perlengketan pada selaput konjungtiva dengan kornea atau ke organ mata luar lainnya yang kalau tidak segera ditangani maka akan menjadikan kornea tersebut keruh sehingga akan mengganggu penglihatan. Salah satu cara untuk menangani kornea yang keruh ini adalah dengan dilakukan cangkok kornea, tetapi tingkat keberhasilan tindakan ini memang sangat dipengaruhi oleh kondisi mata pasien pra operasi, kwalitas donor kornea, penyulit intra operasi dan post operasi.
Kemudian biaya operasi sendiri tergantung dari metode yang digunakan (minim berkisar 6 jutaan) itupun harus menunggu kalau donor kornea ada, tetapi kalau mau cepat kita bisa membeli donor kornea lewat Bank mata pusat jakarta (harga 1 kornea berkiodsar 15 jutaan)
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
Ablatio Retina?
written by Benedette, March 12, 2012
Dok, saya ingin bertanya mengenai ablatio retina, saya tidak meliliki riwayat diabetes, dan juga tidak pernah mengalami trauma mata, belakangan mata kiri saya, bagian bawah saya sering mendapat kilasan cahay, ini sayang mengganggu sekali, dan kadang pandangan saya seperti terhalang kabut, tapi hanya sebentar, dan masalah yg sangat mengganggu adalah migrain hebat, apakah ini termasuk gelaja ablatio retina seperti yang saya baca di internet?mohon bantuannya penjelasannya.terima kasih sebelumnya smilies/smiley.gif
jawaban untuk Benedette "Ablatio Retina??"
written by agus p, March 13, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Adanya kilatan cahaya biasanya menunjukkan adanya suatu gangguan pada daerah saraf retinanya yang disebabkan adanya tarikan pada saraf retina yang disebabkan oleh adanya perubahan struktur cairan badan kaca/vitreus, kebanyakan hal ini dialami oleh pasien-pasien berusia antara 40-70 tahun.Tetapi adanya gejala kilatan ini tidak selalu menunjukkan gangguan pada retina sudah terjadi. Saran kami, segera saja periksakan ke dokter spesialis mata sub divisi vitreoretina agar dapat segera diketahui apa penyebab kilatan tersebut. Jika berkenan silahkan datang di klinik vitreoretina kami setiap hari senin, selasam kamis, jumat dan sabtu. Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
Katarak Kongenital
written by Bapak Juan, March 21, 2012
Dokter, anak saya sekarang usianya 2½ tahun, 1½ tahun yg lalu telah dilakukan operasi katarak. dan setahun setelah operasi kita periksa kembali ke dokter yg melalukan operasi, hasil dari pemeriksaan menyatakan bahwa saraf2 mata yg di operasi itu gosong, itu penanganan untuk selanjutnya bagaimana ya dokter. apakah anak saya masih bisa melihat?.
saya sangat membutuhkan informasi dari dokter, Terima Kasih banyak
jawaban untuk bapak juan "katarak konginetal"
written by agus p, March 21, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Untuk menentukan tindakan atau penanganan apa yang tepat maka tentunya kami harus melihat dulu secara langsung kondisi mata adik, sehingga kami akan bisa memberikan solusi terbaik.
Saran kami, silahkan datang di klinik lensa dan katarak kami setiap hari kamis.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
katarak konginetal
written by Bapak Juan, March 22, 2012
Terima kasih atas jawabannya...
apakah klinik lensa dan katarak ada cabang di daerah sumatera utara khususnya kota medan, atau dokter rekomendasi untuk daerah medan.
terima kasih
jawaban untuk bapak Juan "katarak konginetal"
written by agus p, March 25, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Mohon maaf bapak, untuk di daerah medan kami belum mengetahui untuk klinik/rs khusus mata yang lengakp seperti di jakarta, yogyakarta dan bandung.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
pembulu darah mata pecah
written by wahyudi, March 25, 2012
yth. Dokter Mata Yap, dok pembulu darah mata sy yg kanan pecah awal des 2011, saat ini sudah diambil tindakan laser 1x dan suntik dgn Lucentis 3x, akan tetapi hasilya blm maks, penglihatan masih kabur ( kemajuan sdh 70% dr awal berobat), tindakan apalagi yg hrs sy lakukan, mohon saran dokter
jawaban untuk wahyudi "pembuluh darah pecah"
written by agus p, March 28, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Melihat hasil yang sampai 70 % berarti pengobatan dan penanganannya sangat bagus sekali. Memang untuk kasus seperti ini agar agar darahnya dapat terserap maka dilakaukan dengan injeksi avastin atau lucentis dan setelah darahnya terserap baru dilakukan laser pada retinanya.
Saran kami tetap kontrol sesuai instruksi dan berikan obat sesuai aturan yang tertera.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255

pandangan bergoyang-goyang seperti naik kapal
written by Rizka, March 29, 2012
dok, saya berusia 22 tahun, sejak SMP kelas 1 pandangan saya selalu bergoyang-goyang seperti naik kapal. Tapi tidak pusing. Mata saya kanan -2, kiri -2,5. Apa yang saya alami dok? Saya belum periksa ke dokter mata. Tapi saya pernah konsultasi alternatif katanya retina saya lemah. Trims.
Pasca operasi retina
written by Asep, March 30, 2012
Dok, saya menjalani operasi retina 10 hari yg lalu. Setelah operasi pandangan menjadi terang dibanding sebelum operasi. Tapi sekarang bagian terang itu membulat, jika menunduk lingkaran itu makin terbentuk, seperti sedikit air dalam telur. Bulatannya terang, sedangkan lingkaran luarnya gelap.

Apakah ini normal setelah operasi dengan silicon oil?
Mengapa saya harus tidur tengkurap 10 jam per hari?
jawaban untuk rizka "pandangan bergoyang-goyang seperti naik kapal"
written by agus p, April 01, 2012
Terima kasih atas pertanyaan..
Untuk mengetahui penyebabnya maka kami harus melakukan pemeriksaan terhadap kondisi mata anda secara langsung. ada kemungkinan penyebab masalah pada saraf matanya atau yang lainnya.
Saran kami, silahkan datang langsung ke RS mata Dr. yap setiap hari kerja untuk diperiksa secara langsung sehingga penyebabnya dapat diketahui secara medis.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
jawaban untuk asep "pasca operasi retina"
written by agus p, April 01, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Adanya pandangan yang disampaiakan itu merupakan hal wajar jika operasinya menggunakan minyak silikon karena hal tersebut akibat pengaruh adanya minyak silikon dalam bola mata.
Tujuan anda tidur tengkurap/menunduk adalah agar minyak silikon tersebut dapat menekan saraf retrina yang telap dilekatkan kembali, kalau posisi anda terlemntang maka minyak silikonnya akan menekan ke daerah lensa mata dan kornea.
Saran kami, silahkan kontrol sesuai petunjuk dokter dan taati peraturan yang telah dianjurkan oleh perawat/dokter demi kesembuhan anda
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
Mata
written by masagus ferdiansyah, April 01, 2012
dear,.Bp / Ibu Dokter,
Ibunda kami, operasi katarak di RSUD Bekasi, pada bulan Februari, namun pemasangan lensanya di bulan maret,.namun masih belum bisa melihat setelah operasi itu,.lalu di rujuk ke RSCM Jakarta,.baik RSUD dan RSCM ,.dokter menilai sudah tidak bisa dioperasi lagi mata Ibunda,.lalu pada hari sabtu tgl 31 Maret 2012,.di cek di JEC Jakarta,.dokter tersebut juga mengatakan sudah tidak bisa dioperasi lagi,.dengan alasan retina nya ditutupi oleh pendarahan,. saya tanya ke dokter JEC tersebut,..apakah terjadi karena pada saat operasi pertama dan karena lamanya pesangan lensa sehingga terjadi pendarahan,..tapi dokter di JEC mengatakan kemungkinan iya dan kemungkinan tidak (jawaban bersayap),. yg kami ingin tanyakan,..apakah retina yg dipenuhi pendarahan itu bisa disembuh kan dan Ibunda bisa melihat lagi,.(hanya mata sebelah kanan). minta tolong pencerehannya,.jika bisa,..kami akan segera berangkat ke Jogja.
Masagus. Ferdiansyah
Prima Harapan Regency. Bekasi.
...
written by Yudithya, April 01, 2012
dok, saya mau tanya. mata saya yg kiri,setiap melihat seperti ada goresan yg membuat pandangan saya menjadi buram. tetapi buramnya hanya segaris, seoerti ada goresan segaris dimata saya. kira-kira disebabkan olh apa ya?
terimakasih.
biaya pemeriksaan
written by rizka, April 02, 2012
terimakasih atas jawaban pertanyaan saya, berapa biaya untuk melakukan pemeriksaan mata dg kasus pandangan bergoyang2 seperti naik kapal yang saya alami dok? Trims
Ptosis Kongenital
written by Lia, April 02, 2012
Dok, anak saya lahir 28 Maret 2012 dg kondisi mata sebelah kiri lebih kecil dibandingkan dg yg kanan. dktr mata d daerah sy mendiagnosa mata anak saya ptosis kongenital. pertanyaanya, apakah bisa disembuhkan tanpa operasi? kalaupun harus d operasi, usia berapa yg dperbolehkan untuk op ptosis kongenital? dan biayanya sampai berapa ya dok? trimakasih
RETINAL DETACHMENT
written by ABDUL AZIZ, April 02, 2012
Assalamu 'alaikum Wr.Wb
Dok anak saya berusia berusia 22 bulan dan mata kirinya divonis dokter retinal detachment total dan menurut dokter bila dilakukan operasi percuma karena sudah lepas semua dengan kemungkinan kalau dilakukan operasi akan terjadi pengempesan bola mata , mohon petunjuk apa ada alternatif lain untuk menyelamatkan mata anak saya dok , terima kasih.
Wassalamu 'alaikum Wr.Wb
Apakah Ablasio Retina wajib dioperasi?
written by Johan, April 02, 2012
Dok, istri saya berumur 32 tahun, baru baru ini secara tidak sengaja mata kanannya didiagnosa ablasio retina, ada robekkan dibagian bawah matanya.
Tidak sengaja karena saat dia memeriksakan mata ke dokter mata hanya untuk memeriksa minus matanya.
Pertanyaannya, apakah dengan kondisi ini harus dioperasi? walaupun istri saya tidak mempunyai keluhan apa apa terhadap matanya.
Saya hanya takut jika dioperasi malah akan memperburuk kondisinya.
Terima kasih.
mata kiri kabur
written by wennyk, April 03, 2012
Dokter, saya mau nanya mata kiri saya terasa kabur untuk melihat, kaburnya seperti kaca yang retak ada hitam2nya. saya sudah periksa ke dokter mata di beri vitamin mata untuk di minum dan obat tetes karena di cek tidak ada apa2 jadi mungkin mata lelah saja, sesuai saran dokter juga saya sudah mengganti kacamata saya dengan hasil pemeriksaan yang terbaru. Tapi sampai sekarang pun masih kabur,kondisinya belum membaik. Kira2 kenapa ya dok dengan mata saya..
terima kasih
jawaban untuk mas agus ferdiansyah "mata ibu"
written by agus p, April 09, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Tujuan tindakan yang akan dilakukan adalah hanya untuk membersihkan perdarahan yang terjadi, tetapi hal ini juga harus dipahami apa penyebab perdarahannya tersebut karena adanya saraf retina yang lepas atau ada sebab lain.
saran saya coba periksakan dulu di klinik mata nusantara kebun jeruk atau kebun nanas dengan dr. Syakon, kemungkinan kalau hanya bertujuan untuk membersihkan perdarahannya saja kemungkinan masih bisa. Kalau dari dr. Syakon sudah memberikan penjelasan, silahkan menghubungi kami kembali.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
jawaban untuk yudithya "goresan pada mata"
written by agus p, April 09, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Mohon maaf sebelumnya apakah mata anda pernah trauma seperti kebentur atau kecolok sesuatu??
Saran kami silahkan datang saja di RS Mata Dr. Yap setiap hari kerja untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
jawaban untuk lia "mata anak ptosis"
written by agus p, April 09, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Mohon maaf apakah yang dimaksud ptisis atau ptosis. Kalau ptisis adalah terjadi pengecilan pada bola mata sedangkan ptosis biasa terjadi pada kelopak mata yang turun sehingga menutupi bola mata.
Untuk penaganan operasi biasanya dilakukan pada usia pra sekolah (umur 10 tahunan)
Biaya tergantung dari metode operasi, jenis bius yang dipakai, kelas perawatan dan penggunaan obat-obatan (minimal berkisar 6 juta-an)
Saran kami, silahkan datang saja di klinik rekonstruksi dan estetika mata kami setiap hari rabu dan sabtu
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
jawaban untuk abdul aziz "retinal detachment"
written by agus p, April 09, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Kami belum bisa memberikan solusi karena kami harus melihat secara langsung kondisi matanya. Memang kalau tidak dilakukan operasi maka lama kelamaan matanya akan mengecil sendiri, tetapi klaau itu benar lepas total kemungkinan besar juga sudah sulit untuk dilakukan tindakan operasi agar retina yang lepas tersebut menempel kembali.
Saran kami, silahkan dicoba dulu saja diperiksa di klinik vitreoretina kami setiap hari senin, selasa, kamis. jumat dan sabtu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
jawaban untuk johan "ablatio retina apakah harus dioperasi?"
written by agus p, April 09, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Untuk menentukan operasi atau tidak harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, kalau hanya retina robek dan belum sampai lepas biasanya hanya dilakukan tindkan laser, tetapi kalau memang sudah sampai lepas biasanya adalah dilakukan operasi yang betrtujuan untuk melekatkan kembali retina yang lepas tersebut sehingga diharapakan retina tersebut mendapatkan suplai makanan sehingga penglihtan yang hilang bisa kembali lagi.
Saran kami, silahkan dicoba dulu saja diperiksa di klinik vitreoretina kami setiap hari senin, selasa, kamis. jumat dan sabtu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
jawaban untyuk wennyk "mata kiri kabur"
written by agus p, April 09, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Adanya banyangan hitam-hitam kemungkinan terjadi gangguan pada daerah retina. Secara pasti kami belum bisa menjelaskan menhgenai gangguan apa, karena hal ini harus dioperiksa secara langsung kondisi retinanya.
Saran kami, silahkan dicoba dulu saja diperiksa di klinik vitreoretina kami setiap hari senin, selasa, kamis. jumat dan sabtu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
Mata Terasa tebal
written by Atin, April 11, 2012
Dear Dr,

Saya dulu pernah mengalami kelainan pada syaraf mata/retina....apabila melihat ada silauan disekitar object / object seperti terhalang, Menurut dokter ini biasanya dialami oleh pria & akan sembuh maksimal 12 minggu ( penyakitnya saya lupa )..setelah dilakukan pemeriksaan rutin akhirnya bisa sembuh. Tetapi saat ini saya merasakan mata ini terasa tebal itu kenapa ya.
Mohon penjelasanya

Terima kasih
jawaban untuk atin "mata terasa tebal"
written by agus p, April 13, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Kemungkinan besar hal ini tidak berkaitan dengan retina. Keluhan yang disampaiakn kurang mendetail sehingga kami belum bisa menjawab dengan pasti.
Saran kami silahkan datang ke RS mata Dr. yap setiap hari kerja untuk dilakukan pengecekan kondisi mata anda.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
o81392628118/088802811255
Bola mata hitam tertutup seperti selaput
written by brian maolana, April 29, 2012
Dear Dr.
Saya brian dari batam, ayah saya memiliki masalah pada mata sebelah kanannya. Sebelumnya pernah melakukan operasi katarak di sebuah rumah sakit mata dijakarta. Sesembuhnya dari katarak mata ayah saya terkena bola. dan sampai saat ini mata sebelah kanannya seperti tertutup selaput putih (seperti mata ikan) dan sekarang terganngu penglihatannya. Seringkali matanya sakit kalo terkena sinar langsung/matahari, dan sering mengeluarkan air mata karna perihnya dan harus memakai kacamata hitam. yang saya mau tanyakan, Apakah nama penyakit mata yang diderita ayah saya ? apakah bisa dilakukan operasi ? minimal untuk meredakan perih dimatanya, dan untuk saat ini ayah saya dikasih obat tetes mata dan pil penahan perih.
saya berharap RS Dr YAP bisa memberikan solusi terbaik untuk mata ayah saya.

terima kasih sebelumnya
jawaban untuk brian maolana "Bola mata hitam tertutupi selaput"
written by agpt, April 29, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Salah satu akibat benturan bola pada mata adalah terjadinya katarak sehingga kataraknya harus diambil dan kemungkinan dipasang intra okuler lens saat operasi katarak dilakukan.
Adanya keluihan mata perih, berair tentunya hal ini merupakan sesuatu yang harus diketahui penyebabnya. Mata perih, silau berair itu merupakan keluhan yang masih sangat umum, tetapi ada kecurigaan mengarah kepada adanya peningkatan tekanan bola mata yang bisa merupakan faktor resiko dari benturan bola tersebut atau yang lain.
Oleh sebab itu kami belum bisa menjawab dengan pasti apa penyebab keluhan mata pada bapak anda.
Saran kami sebaiknya silahkan datang langsung ke RS mata Dr. yap setiap hari kerja untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail tentang penyakit dan penyebabnya.
Pendaftaran pasien via telpon 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
081392628118/088802811255/PIN BB 326AE889
'ablasio retina'
written by adampatria, May 01, 2012
saya dinyatakan dokter terkena ablasio retina akibat diabetes, kedua mata sudah tidak bisa melihat dengan jelas..bagaimana penjelasannya?
jika dilakukan operasi apakah dapat memulihkan penglihatan kembali?

mohon bantuannya.

M.TRI HERU WIYONO
Ponorogo
...
written by SAMYONO, May 01, 2012
dok saya mau tanya untuk tindakan laser,biayannya berapa?untuk rs dr.yap melayani askes pns ga?
jawaban untuk M Tri Heru W " ablatio retina karena DM"
written by agus p, May 01, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Adanya saraf retina yang lepas atau ablatio retina menyebabkan terjadinya penurunan tajam penglihatan.Salah satu penaganan pada kasus saraf yang lepas adalah dilakukan operasi yang bertujuan salah satunya adalah untuk menempelkan kembali saraf retina yang lepas tersebut sehingga diharapkan dengan menempelnya kembali saraf retina yang lepas tersebut penglihatan akan kembali tetapi hal ini tergantung dari saraf retina yang lepas tersebut sebelum operasi, apakah dia masih bagus, sudah layu ataukah sudah mati. Kalau saraf retina yang lepas tersebut sudah mati maka meskipun tertempel kembali penglihatan akan tetap tidak bisa dikembalikan lagi.
saran kami silahkan segera bawa ke klinik vitreoretina kami setiap hari senin, selasa, kamis. jumat dan sabtu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
jawaban untuk Samyono "biaya laser retina"
written by agus p, May 01, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Untuk biaya tindakan laser retina berkisar 900 ribu/mata/sekali laser.
Mohon maaf untuk kerjasama dengan PT ASKES, mohon doanya semoga awal bulan Juni 2012 ini kami sudah bisa melayani pasien peserta PT ASKES.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
ablasio retina
written by anggun, May 05, 2012
selamat siang dok,,
saya mau tanya,, kalo sdah mngalmi ablasio hmpir 2 thun dan blum pernah ditngani (hnya k dkter mata dan d beri vitamin untuk mncegah agar tidak fatal ) apakah masih ada harapan sembuh? kalo iyya biaya operasinya berapa? adakah keringanan biaya untuk orang kurang mampu scara ekonomi? bgmna untuk mndapat kringanan tsb,, terima kasih,, smilies/smiley.gif
buta sebelah mata
written by fiki annas, May 06, 2012
SAYA MAU TANYA DOK,MATA KANAN SAYA SUDAH TIDAK BISA DI BUAT MEALIHAT,KARENA KECELAKAAN,SAYA SUDAH PERGY KE DOKTER KATANYA SIH SYARAF MATA SUDAH ADA YANG RUSAK,SEHINGGA DOKTER TIDAK BSA BERBUAT APA APA,APAKAH SELAMANYA MATA KANAN SAYA BUTA DOK ATAU ADA JALAN KELUAR AGAR MATA KANAN SAYA BSA NORMAL KEMBALI?MOHON BANTUANNYA DOK.
Bekas Virus Toxoplasma di Dalam Mata
written by Aries, May 07, 2012
Dok, Mata Kanan saya untuk melihat buram (kabur), kata dokter mata ini karena virus toxoplasma. namun ketika di tes virus toxo telah negativ dan dokter mata tersebut mendiagnosa jika retina mata saya rusak karena virus toxo seperti bekas luka. Apakah bisa di sembuhkan? dengan cara apa Dok? terimakasih. . .
...
written by Darius, May 22, 2012
Halo Dok,nama saya Darius. Mau konsul sedkit, mata saya sebelah kanan sewaktu masih di bangku SD terkena benda keras sehingga terjadi pendarahan dan setelah diobati dgn ramuan tradisional, muncul bintik putih agak besar pada bola mata sehingga penglihatan mata kanan saya menjadi kabur.Sekarang sy sdh berumur 39 tahun. Apakah mata saya bisa disembuhkan? Mohon jawabannya. Terima kasih.
jawaban untuk anggun "ablatio retina sudah 2 tahun"
written by agus p, May 25, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Ablatio retina adalah terlepasnya saraf retina dari lapisan diatasnya, sehingga kalau saraf retina yang lepas tersebut tidak segera ditempelkan kembali maka lama kelamaan saraf tersebut akan mati dan kalau sudah mati maka tidak dapat dihidupkan lagi, hal ini akan berdampak pada hilangnya penglihatan secara permanen.
Jadi kami tidak dapat mengetahui secara pasti bagaimana kondisi saraf mata anda saat ini jika berkenan silahkan datang ke klinik vitreoretina kami setiap hari senin s/d sabtu kecuali rabu agar dapat diperiksa secara langsung kondisi saraf matanya.
Tetapi melihat waktu yang sudah 2 tahun kemungkinan besar kondisi saraf matnya tidak bagus lagi.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
jawaban untuk fiki ansa "buta nata sebelah "
written by agus p, May 25, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Akibat kecelakaan kemungkinan ada benturan pada daerah mata atau kepala sehingga benturan tersebut akan mengakibatkan beberapa hal antara lain saraf retina lepas, saraf mata lumpuh, perdarahan pada bagian dalam mata dll, hal-hal inilah yang kemungkinan menyebabkan kenapa mata anda jadi tidak lihat sebelah.
Kami tidak bisa memastikan apakah masih dapat disembuhkan atao tidak karena kami harus melihat secara langsung kondisi mata anda saat ini sehingga kami dapat mengetahui penyebabnya secara pasti.
Jika berkenan silahkan datang periksa di RS Mata Dr. yap setiap hari kerja.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
jawaban untuk aries "akibat terkena toxoplasma"
written by agus p, May 25, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Memang benar bahwa jika seseorang terkena toxoplasma maka salah satu akibatnya adalah adanya gangguan pada mata yang disebabkan oleh infeksi toxo tersebut ke dalam mata bisa berupa katarak (saat bayi) atau adanya bekas luka pada daerah saraf retina sehingga mempengarufi fungsi penglihatan orang tersebut.
Bekas luka ini tidak dapat disembuhkan tetapi prinsip pengobatannya hanya jangan sampai infeksi toxoplasma ini kambuh lagi, yakni dengan pengobatan yang teratur dan rutin, menjadi stamina tubuh, olahraga teratur serta makan makanan yang bergizi.
jika berkenan silahkan datang ke klinik vitreoretina kami setiap hari senin s/d sabtu kecuali rabu agar dapat diperiksa secara langsung kondisi saraf matanya.
Tetapi melihat waktu yang sudah 2 tahun kemungkinan besar kondisi saraf matnya tidak bagus lagi.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
jawaban untuk darius "mata terkena benturan"
written by agus p, May 25, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Memang benar akibat benturan pada mata bisa saja terjadi perdarahan dalam bola mata, saraf mata lepas atau katarak dll.
Adanya warna bintik putih pada mata kemungkinan besar terjadi katarak sehingga menutupi cahaya yang masuk ke dalam mata.
Agar cahaya dapat masuk ke dalam mata maka katarak tersebut perlu diambil, tetapi apakah fungsi penglihatn akan membaik atau tidak juga dipengaruhi oleh kondisi organ mata yang lain seperti badan kaca, saraf retina dll.
Saran kami, silahkan datang dulu saja ke RS Mata Dr yap agar dapat diperiksa lebih detail apa penyakitnya sehingga kami bisa memberikan solusi terbaik buat anda.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256/57.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
Eye Floaters
written by martin, June 01, 2012
apakah Eye Floaters dapat hilang secara alami..?
Jawaban untuk Martin "Eye Floaters"
written by agus p, June 03, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Floaters dapat hilang dengan sendirinya secara lamai tetapi membutuhkan waktu yang sangat lama bisa 3-6 bulan, tetapi hal ini juga terkandung dari faktor resiko yang lainnya misalkan seorang penderita penyakit gula maka akan lebih lama daripada floater yang disebabkan oleh murni faktor usia saja.
Saran kami, silahkan periksakan terlebih dulu saja ke dokter mata terdekat. Jika berkenan silahkan datang di klinik vitreo retina kami setiap hari senin, selasa, kamis, jumat dan sabtu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
Eye Floaters
written by martin, June 03, 2012
terimah kasih atas jawabannya dok sekarang saya sudah agak tenang smilies/smiley.gif.....
jawaban untuk martin "Eye Floaters"
written by agus p, June 08, 2012
Sama-sama....semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
Saraf mata rusak
written by Cici, June 16, 2012
Dokter yang baik,

Saya mempunyai seorang putra yang berumur 9 thn, Dan skr di diagnosa mengalami kerusakan saraf mata kanan yg kemungkinan di sebabkan oleh glukoma. Skr anak saya kalo di tutup mata kirinya dia hanya bisa me lihat bentuk dan warna. Kecuali di didekatkan sekali baru dia bisa baca tulisan.. Dokter saya mohon, adakah cara menyembuhkan saraf mata anak saya yg sangat saya sayangi ini.. Kalo Ada berapa kira2 biayanya dok..? Terima kasih sebelumnya..
jawaban untuk cici "saraf mata anak rusak"
written by agus p, June 17, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Glaukoma meruapakn penyakit mata yang menyebabkan kebutaan tertinggi nomor 2 di dunia setelah katarak, dimana glaukoma ini menyerang saraf mata sehingga saraf mata tersebut menjadi rusak dan akibatnya terjadi kebutaan.
Jika saraf mata sudah rusak maka sangat sulit sekali untuk bisa dikembalikan fungsinya, sehingga penglihatan yang sudah hilang juga akan sulit untuk dapat dikembalikan lagi.
Penanaganan yang penting sekarang adalah menjaga agar saraf mata yang masih bagus ini tidak ikut rusak juga sehingga kebutaan total dapat dihindari dengan cara sellau periksa rutin ke dokter sub spesialis glaukoma, bahkan jika perlu dilakukan operasi untuk membuat saluran humor aquos sehingga tekanan bola mata dapat stabil ke posisi yang aman dan nyaman bagi pasien.
Jika berkenan silahkan periksa di klinik glaukoma kami setiap hari senin, rabu, kamis, jumat dan sabtu untuk diperiksa lebih detail tentang kondisi saraf matanya sehingga kami bisa memberikan rekomrendasi apa yang harus dilaukan untuk mencegah kebutaan total yang mungkin dapat terjadi.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
terkena benturan
written by hermin, June 21, 2012
Dokter yang terhormat.
mata kiri saya terkena benturan yang keras dan karena satu dan lain hal saya tidak memeriksakannya ke dokter dan beberapa hari setelahnya mata kiri saya tidak dapat melihat sama sekali dan muncul selaput putih di bola mata saya,namun beberapa tahun terakhir ini mata saya bisa melihat meskipun agak buram,apakah ada tindakan yang bisa dilakukan agar mata saya bisa melihat kembali,untuk penjelasannya saya sampaikan banyak terimakasih
jawaban untuk hermin "terkena benturan"
written by agus p, June 21, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Akibat benturan pada mata dapat menyebabkan beberapa gangguan mata seperti terjadninya katarak, glaukoma sampai saraf retina terputus.
Kalau melihat keluhan seperti muncul selaput putih ada kemungkinan hal tersebut adalah katarak.
saran kami untuk memastikan apakah penyakitnya silahkan datang di RS mata Dr. yap setiap hari kerja.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
Mata dalam foto ada darah menggumpal
written by edyk, June 23, 2012
haloo dokter..
ISteri saya sudah menderita Diabetes selama lebih dari 10 thn..dan sekarang mengalami komplikasi ke mata..yaitu penglihatan kabur dan seperti melihat benda2 kecil terutama pada mata kanan sama pendarahan yang berubah-ubanh tergantung gerak posisi mata dan dibayangan mata ada benang-benang lembut seperti akar serabut tetap mata kakan kiri hal ini terjadi sudah di laser bagaimana solusi penyembuhannya aman dan cepat mohon petunjuk sebelumnya kami ucapkan terima kasih
Mata dalam foto ada darah menggumpal
written by edyk, June 25, 2012
Selamat Pagi Dokter..
Isteri saya sudah menderita Diabetes selama lebih dari 10 thn..dan sekarang mengalami komplikasi ke mata..yaitu penglihatan kabur dan seperti melihat benda2 kecil terutama pada mata kanan sama pendarahan yang berubah-ubanh tergantung gerak posisi mata dan dibayangan mata ada benang-benang lembut seperti akar serabut tetap mata kakan kiri hal ini terjadi sudah di laser bagaimana solusi penyembuhannya aman dan cepat mohon petunjuk sebelumnya kami ucapkan terima kasih Mohon cepat dijawab salam sukses
...
written by edi irawan lim, June 26, 2012
selamat siang dokter ...
saya sekarang saya berumur 50 th, saya mau tanya 2 tahun yg lalu saya pernah operasi katarak di jakarta , 3 hari yg lalu tiba2 mata saya yg di operasi itu rabun ,klu liat orang hanya separuhnya, saya sdh periksa ke special mata kata dokter ada kerusakan /kebocoran pada retina mata saya dan harus tindakan operasi secepatnya , yg saya tanyakan apakah kerusakan retina mata saya itu akibat kelalaian opersi katarak .dan apakah bisa kerusakan itu menjalar ke mata sebelahnya. ,mohon di jawab cepat ya dok. makasiah
Test Toxoplasma
written by Dedi, June 27, 2012
Dokter, umur saya 70 thn. saya mau tanya, dimata saya banyak floater. saya berinisiatif untuk test toxoplasma ke Lab.

Jenis test toxoplasma apa yang perlu saya di uji ?
karena saya lihat ada test igA,igB dan igM, test yang mana yang perlu di uji.
kalau perkiraan biayanya brp ?
Jawaban untuk edyk "Mata dalam foto ada darah menggumpal"
written by agus p, June 28, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Memang salah satu komplikasi diabetes pada mata adalah terjadi diabetik retinopati yang dapat menyebabkan perdarahan dalam bola mata. Penagananan perdarahan ini berbeda-beda tergantung dari kondisi matanya sendiri ada yang hanya dengan obat, ada yang harus dilaser dan ada juga yang harus dilakukan injeksi dalam bola matanya.
Tujuan laser disini ada beberapa macam salah satunya adalah untuk mematikan pertumbuhan pembuluh2 darah baru yang abnormal dimana pembuluh tersebut sangat rapuh sehingga kalau pecah akan terjadi perdarahan pada daerah retina selain itu juga laser retina mencegah meluasnya pertumbuhan pembuluh baru tersebut ke daerah retina yang lain dan njuga laser mempererat perlengketan reytina dengan lapidsan diatasnya asehingga retina tidak mudah robek.
JIka berkenan silahkan datang di klinik vitreo retina kami setiap hari senin, selasa, kamis, jumat dan sabtu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami dapat memberikan solusi terbaik buat ibu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
jawaban untuk edi irawan lim "retina bocor apa dari operasi?"
written by agus p, June 28, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Retina bocor ada beberapa penyebabnya antara lain trauma, komplikasi dari penyakit sistemik (gula atau hipertensi) atau menag karena faktor usia.
Saya yakin kebocoran tersebut bukan dari operasinya karena jarak rentang waktu antara pasca op katarak dengan kebocoran ini sudah sangat lama, kemungkinan karena faktor usia yang memang sudah 50 tahun.
Saran kami jika berkenan silahkan datang di klinik vitreo retina kami setiap hari senin, selasa, kamis, jumat dan sabtu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami dapat memberikan solusi terbaik buat ibu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
jawaban untuk Dedy "tes Toxo buat floaters"
written by agus p, June 28, 2012
Terima kasih atas pertanyaannnya...
Floater dapat terjadi secara normal pada orangorang yang berusia diatas 50 tahun karena kekentalan badan vitreus sudah tidak seperti dulu lagi. Jadi kemungkinan penyebab floater bukan karena toxonya tetapi memang karena faktor usia.
Saran kami jika berkenan silahkan datang di klinik vitreo retina kami setiap hari senin, selasa, kamis, jumat dan sabtu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami dapat memberikan solusi terbaik buat ibu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
Retina Mata Rusak
written by Jeny, June 29, 2012
Mama saya sudah 13 tahun matanya tidak bisa melihat sama sekali.Kelihatan Normal tapi jika di perhatikan benar di retinanya ada seperti warna Putih, Kira2 jika di operasi masih bisa sembuh ngak yah, Soalnya udah lama banged, Tidak di periksa ke dokter
Terima Kasih
pendarahan mata paska melahirkan
written by rahma, June 30, 2012
setelah melahirkan mata kanan saya mengalami pedarahan, terasa kabur dan sudah berlangsung selama 45 hari, saya sudah melakukan usg mata dan juga sudah diberi obat tapi tidak ada kurangya,apa yang harus saya lakukan dan apakah bisa sembuh?
BEAYA OPERAKSI VITREKTOMI
written by EdyK, June 30, 2012
SELAMAT SIANG DOKTER
SAYA MAU TANYA BERAPA BEAYA OPERASI VITREKTOMI SEKARANG MOHON SEGERA DIJAWAB SEBELUMNYA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH SALAM SUKSES
habis nangis
written by niliestria ayu, July 02, 2012
dikter,...sekarang aqu kemasukan softlen....tiba tiba saat aqu ingin melepas softlen qu,..tiba tiba tidak ada,...apa yang harus aqu lakukan?
jawaban untuk Jeny "Retina Rusak"
written by agus p, July 03, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya..
Jika melihat dari kreluhan yang disampaikan kemungkinan yang mengalami kerusakan bukanlah pada retinanya karena retina dapat dilihat kalau menggunakan alat periksa tertentu. Warna putih yang dimaksud kemungkinan adalah warna putih pada manik mata (Katarak) atau warna putih mengelilingi kornea mata (Arcus senilis).
Jika berkenan silahkan datang saja di RS Mata Dr. yap untuk dilakukan pemeriksaan secara detail, sehingga kami dapat memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
jawaban untuk rahma "perdarahan pasca melahirkan pada mata"
written by agus p, July 03, 2012
Terima kasih atas p[ertanyaannya...
Jika perdarahan terjadai di dalam bola mata maka hal ini akan berakibat fatal dan sebaiknya dirujuk atau dibawa segera ke RS Mata Dr. yap di klinik vitreoretina. Tetapi kalau perdarahannya di luar mata (konjungtiva mata maka hal ini tidak terlalu berbahaya karena dapat diserap sendiri oleh tubuh bkisar 3-2 minggu.
Jika berkenan silahkan datang di klinik vitreo retina kami setiap hari senin, selasa, kamis, jumat dan sabtu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
jawaban untuk Edyk "biaya vitrektomi"
written by agus p, July 03, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
pada dasarnya biaya operasi vitrektomi tergantung dari metode dan jenis operasinya, jenis bius, penggunaan obat dan kelas perawatan. Minimal biaya operasi vitrektomi bkisar 17 juta-an
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
jawaban untuk niliestria ayu "softlens habis nangis"
written by agus p, July 03, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Ada kemungkinan kontak lens yang dipkai terlepas saat anda menangis sambil menggosok-gosok mata anda. Saran kami jika sekarang matanya tidak ada keluhan sakit, merah, cekot-cekot, ngganjal Insya Alloh kondisi mata anda aman, tetapi kalau ada salah satu atau lebih keluhan diatas saya sarankan untuk langsung periksa di dokter mata terdekat atau jika berkenan datang saja di RS Mata Dr. yap setiap hari kerja.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
mata sebelah kiri tidak jelas untuk melihat
written by ganjar, July 03, 2012
Selamat siang dokter.
saya mau tanya?mata sebelah kiri saya tidak jelas untuk melihat,padahal mata kanan saya normal.pakai kaca mata juga tidak bisa untuk melihat!kata dokter saraf mata kiri saya yang bermasalah,gara2 saya dulu waktu kecil suka main kucing!saya sudah mengkonsumsi obat slama 4 bulan lebih,tapi perubahanya sedikit sekali.dokter memberi saya 3 obat yang berupa vitamin dan 1 tetes mata,kata dokter memang ada perubahan dan memang kalau untuk saraf itu susah untuk sembuh perlu waktu yang lama.dokter juga bilang saraf mata saya ada yang putus,jadi ibarat lampu sikringnya sudah putus.saya minta solusinya dan apa yang harus saya lakukan untuk kesembuhan mata kiri saya?
jawaban untuk ganjar "mata sebelah kiri tidak jelas"
written by agus p, July 05, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Memang betul bahwa salah satu organ mata yang penting untuk melihat adalah kondisi saraf matanya. Jika kondisi saraf mata jelek maka akan mengganggu pengilahatn sehingga penglihatan tidak dapat optimal.
Kemungkinan betul juga apa yang dikatakan oleh dokter tersebut bahwa saraf mata anda ada yang robek, maka penanganannya adalah saraf mata tersebut harus dilekatkan kembali tetapi apakah setelah vdilekatkan kembali pengilahatn bisa membaik atau tidak tergantung dari kondisi saraf matanya sebelum dilekatkan kembali, kalau kondisinya sudah jelek maka penglihatannya tidak akan membaik.
Jika berkenan silahkan datang di klinik vitreo retina kami setiap senin, selasa, kamis, jumat dan sabtu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
mata sebelah kiri tidak jelas
written by intan, July 10, 2012
selamat pagi dokter smilies/smiley.gif
saya ingin menanggapi sekaligus bertanya untuk topik "mata sebelah kiri tidak jelas" ..
setau saya , itu disebabkan oleh virus TORCH , sehingga pada retina terdapat paruh/ luka . pertanyaan saya , apakah kelainan seperti ini ada tindak lanjutnya untuk operasi mata ? sehingga paruh atau luka tersebut dapat diobati (dihilangkan) dr mata dan mata bisa normal kembali ..
saya tunggu jawabannya dok , terimakasih sebelumnya dokter smilies/smiley.gif
jawaban untuk intan "mata kiri tidak jelas"
written by agus p, July 10, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Memang betul bahwa salah satu akibat positif virus TORCH pada mata adalah adanya luka pada daerah retina dan akan mengakibatkan jaringan parut pada daerah retina tersebut sehingga akan mengganggu penglihatan. Bekas luka ini tidak dapat disembuhkan dan akan membekas selamanya meskipun dengan tindakan operasi. Jadi yang terpenting sekarang adalah menjaga stamina tubuh agar tetap kondusif sehingga bekas luka tersebut tidak kambuh lagi dan juga kontrol secara teratur sesuai instruksi dokter.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
Bintik merah kecoklatan pada mata
written by Caroline, July 11, 2012
Hallo dok, saya mau tanya, anak saya usia 21 bulan, matanya yg kiri dan kanan ada bercak sprti kotak kecil berwarna merah kecoklatan di bola matanya yg putih... Dari lahir smp sekarang ngga hilang2... Anakku sendiri ngga ada keluhan, mungkin jg krn dia msh kecil blom bs ngomong lancar... Bahaya ga yah dok? Orang tuaku pikir kyk tahi lalat di bola mata, emang ada yah dok?
...
written by diman, July 11, 2012
selamat siang dok.
dok bagi penderita retinal toxoplasmasis bisa di operasi dengan cara vitreoretina. trims
pendarahan di retina
written by andre, July 11, 2012
Selamat sore Dok,
Ayah saya stlh menjalani operasi TUR prostat, dia mengalami gangguan penglihatan seperti kabur dan tidak jelas. Penyebabnya diperkirakan krn penyakit DM yg dideritanya. Namun sebetulnya saatdicek gula darah sblm operasi jg tdk terlalu tinggi 140. Mnrt penjelasan, ada pendarahan d retina mata ayah saya. Apa solusi terbaik utk memulihkan penglihatan ayah saya Dok? Ada alat bantu penglihatan utk kasus ini? Trm ksh Dok.
...
written by yanti, July 16, 2012
siang dok,
saya mau tanya anak saya usia 6,5 thn mengalami benturan mata kanan tgl 26 april 2012,hasil periksaan doktr spesialis mata katanya dia mengalami ablasio retina OD,seklusio pupil, katarak traumatika OD,yg ingin sy tanyakn oprasi apa yg hrs dijalani & tingkat keberhasilannya berp persen, krn sy dpt masukn dr perawt ktnya oprasi itu hy sebagi kosmetik wajah, & oprasi itu dilakukan berulang2, mohon penjelasanny trimakasih.
jawaban untuk caroline "bercak coklat pada mata"
written by agus p, July 17, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Adanya bercak coklat pada mata biasanya ada kelebihan pigmen warna saja, hampir semua kejadian diatas tidak berbahaya buat mata tetapi dari segi estetik memang kurang bagus. Untuk tahi lalat memang ada yang di mata bagian putihnya disebut nevus conjungtiva dan kbanyakan juga tidak berbahaya, tetapi terkadang juga ada yang bersifat massa yang dapat membesar dan meluas.
Saran kami, silahkan datang saja di klinik pediatrik oftalmologi kami setiap hari senin untuk memastikan lebih lanjut tentang bercak coklat tersebut.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
jawaban untuk andre "mata bapak kabur karena perdarahan retina"
written by agus p, July 17, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Penyebab mata kabur ada berbagai macam sebab yang salah satunya diakibatkan oleh komplikasi dari penyakit DM ke organ mata yang bisa terjadi katarak, retinopati diabetik, perdarahan retina dan masih banyak lagi.
Melihat keluhan yang disampaikan belum tentu juga kaburnya mata bapak anda disebabkan oleh perdarahan retina.
Saran kami untuk memastikan penyebabnya silahkan datang saja di RS mata Dr. yap setiap hari kerja untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail. Jika penyakit gula bapak sudah lebih dari 5 tahun ada baiknya periksa di klinik vitreo retina kami setiap senin s/d sabtu kecuali rabu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
...
written by agung s, July 17, 2012
dok,sya mau tanya.kedua mata saya kalau untuk melihat,sprti ada bayang2 rambut dan bulat bening,dan saya rasakan bayangan itu semakin jelas dan bertambah.3 bulan yang lalu, saya sudah berobat,kata dokter saya terkena radang retina. sya rasakan stlah brobat byangan itu sudah tidak jelas tetapi setelah 1 minggu kambuh lagi dan saya priksa ke dkter mata lagi sampai 2 kali dan dberi obat yg sama yaitu lemason 8 sama protagenta, sama antibiotik. umur saya hampir 19 th apakah berbahaya dok ? saya sngat tertekan dg keadaan ini tolong solusinya dok ? terimakasih
minus tinggi, mata berdenyut
written by yanwar, July 18, 2012
Assalamualaikum,
Saya laki2, usia 20th, mata minus 8 kiri, minus 7 kanan, silinder 0.75 kanan kiri. sudah memakai kaca mata sejak usia 6th.
Saya sering mengalami sakit kepala hebat di sertai mata berdenyut, sakit dan terasa bengkak terutama pada mata kiri. Ini sering saya alami sejak usia 8th. Saya pernah periksa ke dokter mata di Medan, katanya akibat silinder. Apakah itu benar dok? karena hal itu masih saya rasakan sampai sekarang.
thanks,.
MOHON INFO
written by Ikbal, July 19, 2012
ASS...
Dokter sy mw tanya, saya sejak 3 thun lalu mengalami kecelakaan dan kepala saya terbentur benda keras hingga tdk sadarkan diri kemudian pandangan saya menjadi buram dan saya di vonis terkena Retinitis Pigmentosa..saya sdh mencoba ke berbagai rumah sakit, alternatif, hingga ada satu rumah sakit justru menyarankan saya untuk ke panti orang2 cacat. hampir semua RS yg saya datangi mengatakan bahwa penyakit saya ini tidak bisa disembukan. apakan ada cara lain untuk menyembuhkan penyakit saya seperti pencangkokan sel batang atau yang lain???operasi mata??
mhn infonya..
trims.
jawaban untuk agung "bayangan rambut pada mata"
written by agpt, July 20, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Adanya bayangan serabut hitam seperti rambut yang bergerak mengikuti gerakan mata kita dinamakan sebagai floater, hal ini biasanya disebakan oleh faktor usia sehingga terjadi perubahan viskositas pada badan vitreus. Tetapi akibat adanya suatu radang juga bisa myebabkan perubahan viskositas badan vitreus.
Saran saya jika berkenan silahkan datang di klinik vitreoretina kami untuk diperiksa lebih detail setiap hari senin s/d sabtu kecuali rabu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
jawaban untuk yanwar "minus tinggi mata berdenyut"
written by agpt, July 20, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Akibat adanya minus tinggi ini terkadang menyebabkan adanya kenaiakan tekanan bola mata sehingga memicu terjadinya penyakit glaukoma dengan beberapa ciri cirinya adalah kepala sering pusing, daerah mata sakit cekut-cekut, pandangan kabur, lapang pandangan mata mulai menyempit.
Melihat keluhan yang disampaikan saya lebih cenderung curiga adanya kenaikan tekanan bola mata.
Saran kami, jika berkenan silahkan datang di klinik glaukoma kami setiap hari senin, rabu, kamis, jumat dan sabtu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail atau sialhkan datang periksa ke dokter mata subspesialis glaukoma di kota terdekat anda.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
jawaban untuk ikbal "Retinitis pigmentosa"
written by agpt, July 20, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Retinitis pigmentosa merupakan penyakit non radang yang mengenai kedua bola mata dan bersifat progresif. p[enyakit ini bersifat familiar herediter atau diturunkan.
sampai saat ini memang belum ada pengobatan yang dirasakan berhasil, yang paling banyak adalah pasien disarankan untuk menggunakan kacamata anti UV dan berwana sehingga melindungi sel-sel retina dari kerusaka sinar UV matahari.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
mohon info
written by dwi santosa , July 23, 2012
maav dok,
saya ingin bertanya saya punya gangguan di retina mata saya, saat melihat ada bintik hitam atau kabur pandangannya.
saya sudah berobat di banjarmasin
tapi saya belum menemui perubahan,
jika saya berobat di YAP, dengan dokter siapa?
mohon dijawab, saya di jawa hanya sampai 8 Agustus 2012, sebelumnya terimakasih
sulit menangkap gerakan cepat
written by clara, July 25, 2012
Permisi dok, saya mau tanya tentang kelainan yg dialami teman saya. Dia tdk bisa menangkap gerakan cepat semenjak kelas 6 SD. Ini krn dia pernah jatuh dan terbentur kepalanya. semenjak itu matanya mengalami kelainan. Contohnya, ketika teman2nya menendang bola ke arahnya, ia tdk menyadari kalau bola itu sudah bergerak ke arahnya. Lalu ia tidak bisa menyadari anak tangga. Katanya kalau melihat anak tangga, di matanya terlihat datar, kecuali jika ia bukan pertama kali melewati tangga trsebut.ketika kelas 1 SMA, ia pernah dioperasi. Tapi tdk sembuh menjadi normal kembali. Namun minus yg ia punya, tdk bertambah setelah dioperasi.
Penyakit ini apa namanya ya dok?
Dan apakah benar2 tdk bisa disembuhkan?
Terimakasih sebelumnya.
jawaban untuk dwi santoso "mohon info"
written by agus p, July 29, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Adanya bintik-bintik hitam pada mata anda kemungkinan besar timbul floaters dimana hal ini disebabkan oleh adanya perubahan viscositas dari badan vitreus.
JIka berkenna silahkan datang di klinik vitreo retina kami setiap hari kerja kecuali hari rabu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
jawaban untuk clara "sulit menagkap gerakan cepat"
written by agus p, July 29, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Akibat benturan pada kepala akan mempengaruhi sistem kerja di otak kita sehingga kalau saraf otaknya sampai ada yang terganggu maka fungsi organ tubuh akan ada yang terganggu.
Untuk mata sendiri bisa saja akibat benturan tersebut menyebabkan kelumpuhan saraf mata sehingga fungsi mata akan terganggu.
Jika berkenan silahkan datang di RS mata DR. yap setiap hari senin, rabu dan sabtu dengan prof. dr. wasisdi gunawan, sp.m
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889
...
written by heru prasetyo, August 05, 2012
selamat pagi,
Sudah lebih dari 3 bulan, mata kiri saya seperti tertutup kabut asap, makin hari makin parah, saat ini jarak pandang mata kiri saya ga lebih dari 30 cm saja, hanya saja apabila ada cahaya dari objek yg saya liat, akan lebih nyaman (walau tetap terdapat kabut). Mata kanan saya sangat normal sekali. Mohon penjelasan. Terima kasih dok.


Heru prasetyo
Operasi Retina
written by Emwady, August 06, 2012
Dokter ahli retina telah merekomendasi untuk operasi : tapi saya takut dengan operasi; gimana sakit nggak Dok operasi itu atau pada saat dibius apa di injeksi?? Saya juga takut diinjeksi/ tks Dok
...
written by Emwady, August 06, 2012
Dok berapa lama operasi mata itu khusus retina??
...
written by garva aditya, August 27, 2012
apa nama huruf yang di gunakan untuk mengetahui plus minus
...
written by slamet, August 28, 2012
dok sya mau tny akn sya umur 11 bln.mata liriny lebi kecil dari mata kanan ny.kedua matany tidak ad respon trhdp cahay.dri hsil usg mta kiri clear retina.mta kanan d tmukn membran tpis.lemah.mohon pnjlsn.da tindak lanjut
mata kanan kabur
written by ibrahim waly, August 28, 2012
mata sebelah kiri ku kabur, karena dulu waktu kecil pernah sakit mata menggunakan salap penicilin, kelihatan matanya seperti normal tapi kalo ditutup mata sebelah kanan saja, mata kiri ga berfungsi alias kabur, kacamata mines apapun ga bisa dipakai untuk mata kiriku karena bayangannya bias, tapi kalo dilihat di cermin nampak biasa aja ga ada tanda kelainan jadi saya terpakasa gunakan satu mata aja tapi kalo orang nampak seperti biasa aja matanya, kira kira aku kena virus apa ya
peradangan retina mata
written by ocik, September 04, 2012
Saya mau tanya. Penyebab terjadinya peradangan Retina Mata itu apa?
dan cara penyembuhannya bagaimana?
mohon jawabannya. terima kasih.
jawaban untuk ibrahim waly "mata kabur"
written by agus p, September 05, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Melihat keluhan yang disampaikan ada kemungkinan mata anda mengalami gangguan pada segmen posterior bola matanya bisa saja gangguan pada saraf retina atau badan vitreusnya karena dikoreksi dengan kacamata belum ada perbaikan.
Jika berkenan silahkan datang di RS Mata Dr. yap setiap hari kerja untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami bisa memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk ocik "penyebab radang retina"
written by agus p, September 05, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Penyebab peradangan pada retina pada dasranya dapat dibagi 2 yakni faktor intern dan faktor ekstern.
Faktor intern bisa saja terjadi karena adanya kelaianan dalam tubuh kita misalkan komplikadsi dari diabetes mellitus.
Sedangkan faktor ekstern bisa saja komplikasi dari suatu trauma dari mata atau karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus.
Saran kami, jika berkenan silahkan datang di klinik vitreoretina kami untuk dialjukan pemeriksaan lebih detail setiap hari senin s/d sabtu kecuali rabu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
peradangan retina mata
written by ocik, September 05, 2012
maaf. masalahnya rumah saya jauh dari klinik anda.
apa tidak ada cara untuk mengobatinya?
Toxoplasma
written by Steven, September 07, 2012
Dok sy mau bertanya, awalnya saya ke dokter mata utk cek min/silinder tetapi dokter menganalisa ada virus toxo. Maka saya tes lab dan hasilnya IGG 113 dan IGM 0.99. Pandangan mata saya kabur yg sebelah kanan. Apakah ini membahayakan dengan indeks diatas? Adakah rujukan ke dokter spesialis toxo di retina? Terima kasih dok, sy tggu balasannya.
Tambahan toxo
written by Steven, September 07, 2012
Indeks IGG dan IGM positif semua dok.
Bekas luka toxoplasmosis
written by Tedy, September 10, 2012
Dear Dokter,

Anak saya terkena retinitis toksomplasmosis yg meninggalkan bekas luka pd mata kirinya, sehingga visual accuity nya tinggal 30%
Hasil Lab test toksoplasma ternyata negatif.

Yg ingin saya tanyakan apakah bekas luka tsb bisa dihilangkan agar visual accuity kembali normal ?
Pengobatan seperti apa yg harus dilakukan untuk kasus seperti ini?
jawaban untuk ocik " peradangan pada retina"
written by agus p, September 13, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
sampai saat ini belum ada mas, jadi penanganan tergantung dari apa penyebabnya.
Saran saya jika bkenan silahkan periksakan ke dokter spesialis mata sub spesialias vitreoretina terdekat dulu aja.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk wsteven "toxoplasma"
written by agus p, September 13, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Dari hasil laborat diatas menunjukkan bahwa memang anda positif toxo. Untuk penanganannya biasanya dokter akan berkolaborasi dengan dokter penyakit dalam sub divisi penyakit darah (Hematologi) untuk penanganan virus toxonya. Kalau virus toxonya sdh terkendali maka Insya Alloh kondisi matanya akan membaik meskipun terkadang tidak sempurna lagi.
Saran kami, jika berkenan silahkan datang di klinik vitreoretina kami untuk dialjukan pemeriksaan lebih detail setiap hari senin s/d sabtu kecuali rabu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk tedy "Bekas luka akibat toxoplasma"
written by agus p, September 13, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Bekas luka akibat toxoplasma pada mata terutama daerah retin tidak akan bisa dihilangkan, sehingga hal ini akan tetap mengganggu penglihatan pasiennya.
Yang terpenting sekarang adalah JANGAN sampai bekas luka tersebut kambuh kembali sehingga menyebabkan luka baru di daerah sekitarnya dengan cara tetap sellau menjaga stamina tubuh kita sehingga virus toxonya tidak aktif lagi dan juga lakukan kontrol ke dokter mata sub spesialis vitreoretina secara berkala untuk melihat perkembangan kondisi saraf retinanya dll.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
Mata berkilat
written by Windy, September 21, 2012
dok, saya mau tanya.. mata saya kalau melihat fokus ke depan, disisi kirinya terlihat seperti kilatan-kilatan cahaya.. setelah itu, kepalanya akan saya tiba-tiba merasa pusing.. kenapa ya, dok?
terima kasih
jawaban untuk Windy " Kilatan cahaya"
written by agpt, October 01, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Adanya kilatan cahaya disebut Flash, hal ini biasa terjadi pada orang orang yang minus tinggi dan normal terjadi kalau frekuensinya jarang tetapi kalau frekuensinya sering maka perlu diwaspadai apakah akan terjadi gangguan pada saraf retinanya atau tidak.
Saran kami jika berkenan silahkan datang ke klinik vitreoretina kami setiap senin s/d sabtu kecuali rabu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami bisa memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
minus berapa?
written by aisya, October 02, 2012
maaf dok..
sy mau tanya, beberapa waktu kemarin kan sy coba tes mata dan hasilnya mata kanan 6/9 dan kiri 6/12,
itu maksudnya gmn ya dok?
minus brp gt?
dan apakah itu bisa disembuhkan tanpa operasi dok?
terimakasih,
Retina Sobek
written by Hadi, October 02, 2012
dok, saya mau bertanya.
Apakah ada kemungkinan kalau operasi bisa berlangsung 2 sampai 3 kali jika setelah operasi tidak ada kemajuan?
Apakah ablasio bisa disembuhkan jika waktu antara gejala dan tindakan operasi sekitar 3 bulanan?
Terimakasih
Retina Lepas
written by Iwan Pamoedji, October 07, 2012
Kepada Dokter,
Saya mau konsultasi mata anak saya,lepas retina mata kanan anak saya,pada Desember 2008 dan umur pada saat itu 11 tahun,berdasarkan hasil pemeriksaan disebuah RS di Jakarta.
Pada January 2009 dilakukan operasi dan juga dimasukan silicon oil.
Pada May 2010 dilakukan cataract extraction IOL implant dan dikeluarkan silicon oil
Pada Juli 2010 retina lepas kembali silicon oil kembali
Sampai sekarang belum bisa melihat (masih gelap)
Saya sebagai orang tua ,harus berbuat apa atas kondisi anak saya mohon saran dari Dokter,terima kasih sebelumnya atas saran dari Dokter.
jawaban untuk aisya " visus 6/9 dan 6/12"
written by agus p, October 07, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Arti visus 6/12 pada mata kanan adalah mata anda hanya bisa melihat benda dsengan jelas dalam ukuran 6 meter sedangkan orang normal dapat melihat benda yang anda lihat tadi dengan jelas pada jarak 12 meter, begitu pula yang 6/9.
Secara ilmu medis mata minus tidak dapat disembuhkan hanya dapat dikoreksi dengan kacamata, pemakaian lensa kontak, tindakan operasi LASIK dan tindakan operasi bedah lensa.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawabn untuk Hadi "operasi ablatio retina"
written by agus p, October 07, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Operasi ablatio retina akan diulang jika terjadi pelepasan kembali pada saraf retinanya kalau tidak maka tidak akan dilakukan operasi kecuali saat operasi dilakukan injeksi minyak silikon maka biasanya dalam jangka waktu 6 bulan minyak silikonnya tersebut harus dikeluarkan kembali dengan operasi lagi.
Kesembuhan bisa melihat tidaknya pasca operasi ablatio retina tergantuhng dari kondisi saraf mata yang lepas sebelum dioperasi, jika kondisinya masih bagus maka setelah beberapa bulan ditempelkan kembali kemungkinan besar penglihatan akan membaik, tetapi jika kondisi saraf reruina yang lepas sebelum operasi buruk maka penglihatan pasca operasipun akan tidak bagus.
Saran kami jika berkenan silahkan datang ke klinik vitreoretina kami setiap senin s/d sabtu kecuali rabu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami bisa memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk Iwan pamudji " saraf retina lepas kembali"
written by agus p, October 07, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Memang kalau retina yang sudah dilekatkan kemudian terjadi lepas lagi, maka keberhasilannya tidak sebagus operasi pertama, karena kondisi retrina yang lepas kembali tersebut kemungkinan besar tidak sebagus pada saat lepas pertama kalinya.
jika dokter menganjurkan untuk ditempelkan kembali dan tingkat keberhasilannya masih ada, kami menyarankan untuk tetap dilakukan operasi ulang.
Saran kami jika berkenan silahkan datang ke klinik vitreoretina kami setiap senin s/d sabtu kecuali rabu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami bisa memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
lanjutan ablasio retina
written by Hadi, October 08, 2012
jika memang diagnosa menunjukkan bahwa kondisi syaraf sudah memburuk, apakah ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi syarafnya? Apakah alternatif seperti akupuntur bisa membantu?
Terimakasih.
Bpk.
written by Agung Prihambodo, October 18, 2012
Yth. Tim Dokter,

Putra saya yang berumur 7 tahun diduga mengalami Coats Disease di mata sebelah kirinya. Hal ini diketahui setelah berobat dan berkonsultasi di salah satu klinik mata di Jakarta. Hasil foto retina nya terdapat bercak kuning yang diasumsikan (sementara) sebagai salah satu indikasi coats disease. Yang saya ingin tanyakan apakah tim dokter R.S. Mata Yap pernah menangani kasus tersebut? Terima kasih Dok.
jawaban untuk hadi "lanjutan ablatio retina"
written by agus p, October 22, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Sampai saat ini setahu saya belum ada alternatif lain kecuali dengan operasi untuk melekatkan kembali saraf retina yang lepas dan juga jika sarafnya sudah rusak maka sudah tidak dapat diperbaiki lagi.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
Pjs. ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
retinooblastoma
written by wita, November 07, 2012
dok saya mmau bertanya
kenapa penyakit retinoblastomahanya terjadi pada anak.
thx.
RETINA DETACHMENT
written by FIFI SYAFRIANI, November 09, 2012
ASS.... SAYA FIFI SYAFRIANI ALAMAT JLN. H. ISMAIL MARZUKI PADANS SIDEPUAN SELATAN. SAYA MENDERITA PENYAKIT RETINA DETACHMENT SUDAH 1TAHUN YG LALU DAN KEMARIN TANGGAL 11 JULI2012 SAYA IOPERASI RS. H.ADAM MALIK MEDAN. SAYA BERTANYA GEJALA RETINA DETACHMENT INI KEMBALI MUNCUL DAN SEMAKI PARAH PENGLIHATAN, APAKAH DENGAN OPERASI LG SAYA JALANI??? SAYA BERUMUR 23 TAHUN DAN AKIBAT DARI MATA SAYA ADLH TERANTUK DINDING. MOHON SARANNYA. TERMA KASIH WASSALLAM
jawaban untuk leny damayanti "retina sobek pasca benturan"
written by agus p, November 26, 2012
Terima kasih atas pertanyaanya..
dari keluhan yang disampaikan kemungkinan besar retina mata andamengalamai ablasio retina yakni lepasnya saraf retina dari lapisan diatasnya sehingga penglihatan akan hilang sebagian.
Penanganannya adalah saraf retina yang lepas tersebut ditempelkan kembali dengan cara dilakukan ooperasi.
Saran kami jika berkenan silahkan datang ke klinik vitreoretina kami setiap senin s/d sabtu kecuali rabu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami bisa memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
Pjs. ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban fifi syafriani "retinal detachment"
written by agus p, November 26, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
Jika terjadi pelepasan kembali saraf retina yang telah tertempel maka tindakan yang harus dilakukan adalah dengan menempelkan kembali saraf retina tersebut (operasi lagi), tetapi hal ini juga melihat apakah masih dimungkinakan atau tidak.
Saran saya jika masih dimungkinkan dan keberhasilannya sangat tinggi lebih baik dilakukan operasi ulang lagi.
Saran kami jika berkenan silahkan datang ke klinik vitreoretina kami setiap senin s/d sabtu kecuali rabu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami bisa memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
cairan bola mata keruh
written by arinda, December 11, 2012
yth tim dokter
saya mw konsultasi dok,,mata sbelah kanan anak saya bila unt melihat kabur, baru terlihat sdkit jelas bila jarak 5cm. stelah saya periksakan dianjurkan unt usg mata, dan hasil dari usg klo bola mata anak saya keruh dan itu trjadi ktny krn infeksi lama,sdgkan anak saya pernah menderita bronchitis,demam berdarah akut, apakah berpengaruh y dok?? kira2 msh bisa disembuhkan dan bisa melihat normal lgi gk y dok, trus apakah ada terapi khusus ato pantangan,dan tindakan yg hrs dilakukan unt kesembuhan mata putri saya dok,,? trimakasih
MR
written by Nangin, December 19, 2012
selamat pagi dok, umur saya baru 25 th dan tidak memakai kaca mata, saya sudah di vonis dokter mata slinder 0,4 dua bulan yang lalu, akan tetapi yg buat saya khwatir itu saya jga memiliki eye floaters,, yg sangat banyak sekali, saya mau tanya apakah bayang bayang itu terus bertambah jika di biarkan ? dan adakah kasus eye floters bisa menyebabkan kebutaan ? soalnya kalu saya perhatikan bintik bintik maupun yg berbentuk serabut itu terus bertambah, kalau sya lihat hampir memenuhu bola mata saya sehingga sangat menggangu,, terimakasih.
...
written by hery, December 21, 2012
pagi dok... sejak kecil mata adik saya ituu ad kelainan ditengah kelopak matanya ad warna putih yg menutupinya sehingga adikk saya g bisa mlihat dengan jelas sama sekali pandanganya itu gelap tp bkn gelap gulita ya dok. tp dy masih bs melihat sinar ataupu cahaya. yang jd pertanyaan saya apakah itu msih bisa disembuhkan atau diopersi supaya bisa melihat dengan jelas,sekian dan terima kasih dok
...
written by tgy, December 25, 2012
saya ingin bertanya Dok, saya punya masalah penglihatan mata sebelah kiri, dari penglihatan ada titik hitam,, lalu saya berobat ke spesialis mata, lalu dokter memponish sya terkena gangguan retina, lalu bagaimana cara mengobatinya, dan kemana rujukan dokter spesialis retina, dan bisa sembuhkan gangguan retina pada mata saya? dan 1 lagi pertanyaan sya dok,apa yang menyababkan terganggunya retina? karena sebelumnya kondisi mata saya normal, mohon saran dan solusinya dok, terima kasih dok
ablasio retina
written by susilo, December 26, 2012
dok saya mau tanya mata saya sebelah kiri kabur..setelah saya periksakan kedokter mata katanya terjadi robekan diretina.. setelah itu dokter memberi obat kapsul MATOVIT AX belum habis obatnya saya uda ada perubahan.. uda mendingan setelah itu saya kontrol lagi dikasih obat lagi seperti tadi n ditambah obattetes VITROLENTA tapi obat tetesnya belum habis mata saya kok jadi merah n gatal ya???? apa saya harus berhenti memakai tetesnya dok??? terima kasih sebelumnya
nana
written by nana, January 01, 2013
dok saya ingin bertanya. skrg umur saya 22th, saya mengalamai kecelakaan jatuh dari sepeda yg kecepatan cukup tinggi, pipi dan mata terhempas, namun saat kejadian tak da satupun yg berbeda, tidak berdarah, tidak luka, tidak bengkak. kejadian itu ketika saya msh duduk dbangku SD kls 1. setelah saya kls 5 SD perlahan bola mata saya sebelah kiri tepatnya yg kena benturan saat kcelakaan itu mulai berubah posisinya menurun ke arah bawah. sehingga terlihat sprti bengkak,kelopak mata pun ikut turun.lama2 pndangan mulai kabur dan skrg mnggunakan kaca mata,sempat drawat tpi dkternya gk mw me operasi. saya bingung hrs berobat kmna lagi. tlong infonya dokter.terima kasih sblumnya
jawaban untuk arinda "cairan bola mata keruh"
written by agus p, January 01, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...
Cairan keruh ini ada kemungkinan disebabkan oleh proses infeksi atau radang ayng terjadi dalam mata atau bisa juga adanya infeksi yang sistemik. Penagananannya adalah bisa dilakukan operasi penggantian cairan bola matanya tetapi harus dilihat lagi kondisi saraf matanya apakah masih bagus atau tidak.
Saran kami jika berkenan silahkan datang ke klinik vitreoretina kami setiap senin s/d sabtu kecuali rabu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami bisa memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk nangin "MR"
written by agus p, January 01, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...
Adanya benang benang yang makin lama makin bertambah akan sangat mengganggu penglihatan shg aktivitas anda pun menjadi terganggu. Hal ini harus segera mendapatkan penagananan secepatkan dengan diperiksa terlebih dahulu untuk mengetahui penyebabnya.
Saran kami jika berkenan silahkan datang ke klinik vitreoretina kami setiap senin s/d sabtu kecuali rabu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami bisa memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban hery "mata adik tertutupi warna putih"
written by agus p, January 01, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...
Sebelumnya maaf ingin bertanya dulu apakah warna putihnya tepat di manik mata (pupil mata) jika Ya, maka adik anda kemungkinan besar terkena katarak dan penangannanyya adalah dengan dilakukan operasi untuk mengangkat kataraknya tersebut dan diganti dengan lensa tanam yang jernih shg cahaya bisa mnasuk sampai saraf mata.
Saran kami jika berkenan silahkan datang ke klinik katarak kami setiap senin selasa rabu sabtu kecuali rabu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami bisa memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk tgy "titik hitam"
written by agus p, January 01, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...

Adanya titik hitam tersebut kemungkinan besar disebut floaters, hal ini normal terjadi pada usia 50 tahun lebih. Saran kami jika berkenan silahkan datang ke klinik vitreoretina kami setiap senin s/d sabtu kecuali rabu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami bisa memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk susilo "ablatio retina"
written by agus p, January 01, 2013
Adanya robekan pada saraf retina akan menyebabkan hilangnya sebagian pandangan anda sehingga akan menyebabkan terganggunya penglihatn anda, jika hal ini dibiarkan dan tidak segera ditempelkan kembali dengan operasi maka akan mengakibatkan saraf matanya mati dan akan terjadi kebutaan yang permanen.
Saran kami jika berkenan silahkan datang ke klinik vitreoretina kami setiap senin s/d sabtu kecuali rabu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami bisa memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk nana "kelopak mata turun pasca kecelakaan"
written by agus p, January 01, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...
Akibat trauma pada mata akan menyebabkan beberapa hal antara lain saraf mata lepas sehingga lama lama mata menjadi mengecil sendiri sehingga kelopak mata akan mengikuti turun kebawah juga, atao bisa juga terjadi kelumpuhan pada otot penggerak kelopak matanya sehingga kelopak matanya juga ikut turun dll.
Saran kami jika berkenan silahkan datang ke klinik trauma mata kami setiap rabu dan sabtu untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga kami bisa memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
gloukoma steroid
written by utami, February 02, 2013
Assalamu'alaikum
Tim dokter yth.
Apakah yang dimaksud dengan gloukoma steroid? apakah penggunaan salep kulit yang mengandung kartikosteroid secara terus menerus dalam jangka panjang bisa mengakibatkan gloukoma?ketika penggunaan topikal steroid tersebut dihentikan, apakah berefek terhadap gloukoma?
Terima kasih atas jawabannya.
jawaban untuk utami "glaukoma steroid"
written by agus p, February 03, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...
Glaukoma steroid adalah glaukoma yang disebabkan oleh peningkatan tekanan bola mata dimana hal ini terjadiu akibat pemakaian obat-obat yang mengandung steroid ()anti inflamasi) secara berkepanjangan dan terus menerus baik secara oral maupun topikal.
Adanya peningkatan tekanan bola mata ini lama kelamaan akan mendesak saraf mata sehingga saraf mata menjadi rusak bahkan mati, jika saraf mata sudah rusak ato mati maka tidak dapat diperbaiki lagi sehingga dampaknya penderita akan kehilangan pandangan/tajam penglihatan menurun secara permanen bahkan buta.
Jika berkenan silahkan datang untuk periksa lebih detail di klinik glaukoma kami setiap senin-sabtu kecuali selasa.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
...
written by yunita fh, February 11, 2013
Dok, kakak saya habis kecelakaan dan dokter menyatakan open globe injuries dan sudah dioperasi di surabaya....apakah mata kakak saya masih bisa melihat sedang dokter yang menangani pertama menyatakan bahwa blank
batal operasi vitrektomi
written by sultoni, February 17, 2013
assamualaikum.
dok, saya direncanakan untuk operasi vitrek
karena pendarahan di retina, namum operasi dibatalkan karena titer toxoplasma IgG dan CVM IgG saya positif, namun IgM keduanya neg..kl berkanan menjawab, apa kira2 yg menjadi sebab batalnya operasi..dok..
batal operasi vitrektomi krn serologi positif
written by sultoni, February 18, 2013
assamualaikum.
dok, saya berusia 36 th, mata sebelah kanan kabur sejak hr raya kmarin karena pendarahan di retina..direncanakan untuk operasi vitrek
, namum operasi dibatalkan karena titer toxoplasma IgG=52 dan CVM IgG=47 iU/mL , namun IgM keduanya neg..kl berkanan menjawab, apakah memang hrs dihilangkan virusnya dok?, namun menurut yg sy baca kl IgG yg positif sudah tidak bs dikurangi krn latent dlm tubuh..
suwun sanget sebelumnya..dok
jawaban untuk yunitha fh "mata kakak habis kecelakaan"
written by agus p, February 18, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya,...
Untuk menentukan apakah penglihatan kakak anda bs pulih kembali atau tidak maka kami harus memeriksa secara langsung kondisi matanya. Akibat benturan pada mata atau kepala bs menyebabkan terganggunya organ-organ mata seperti adanya kekeruhan lensa, perdarahan dalam bola mata, saraf retina lepas dll.
Jika berkenan silahkan datang di RS Mata DR. Yap setiap hari kerja untuk dilakukan pemeriksaan lbh detail shg kami bs memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk sultoni "batal operasi vitrektomi"
written by agus p, February 18, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...
Kemungkinan besar kenapa operasi ditunda karena kalau nilai toxo masih positif berarti ada kemungkinan infeksi toxo nya masih aktif, jika dilakukan tindakan bedah maka ada kemungkinan besar bs terjadi infeksi sehingga operasi ditunda dulu sampai hasil lab dinyatakan negatif.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
Tanya Kelainan Retina
written by Desmond, February 25, 2013
Salam pak dokter...
Saya punya saudara laki-laki berusia 34 thn yg mengalami gangguan pada mata (mata sangat kabur). Sekitar 2 minggu yg lalu dia dan ibu memeriksakannya di klinik mata di kota kami. Ada sedikit kekecewaan pd saya dgn pelayanan di klinik tsb. Klinik tidak memberikan informasi lengkap ttg penyakit yg diderita oleh saudara saya itu (hanya diberitahu bhw saraf mata mengalami gangguan). Setelah saya konfirmasi langsung ke klinik dan melihat langsung rekam medis (krn saya tdk diperbolehkan mengkopi rekam medis tsb), ternyata retina mata lah yg bermasalah (ada tertulis Retina ODS pd rekam medis tsb).
Pertanyaan saya, apakah retina mata dpt terganggu tanpa disertai keluhan2 lain (pusing2 misalnya)? krn saudara saya tdk pernah mengalami keluhan2 lain. Skedar informasi tambahan, saudara saya ini pernah terjatuh ke sumur pd usia 5 tahun. Apakah mungkin hal ini penyebabnya? Mohon dijawab, dok. Terima kasih.
...
written by yessy, February 27, 2013
jika ingin operasi mata karena pendarahan vitreous dan retinopati diabetikum,itu harganya berapa ya???
jawaban untuk desmond "saraf retina saudara terganggu"
written by agus p, March 05, 2013
Terima kasih atas pertanyaanya...
melihat apa yang diceritakan bisa saja akibat terjatuh ke sumur menyebabkan terganggunya saraf retina jika terjadi benturan pada mata atau kepalanya.
kami belum bisa memastikan apa gangguan yang terjadi pada retinanya.
Saran kami jika berkenan silahkan datang di RS mata dr. yap setiap hari kerja.
Pendaftaran kami layani mulai H-7 ke 0274-544744/550380
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk yessi "biaya operasi perdarahan viotreus"
written by agus p, March 05, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...
pada dasarnya besarnya biaya operasi tergantung dari metode operasinya, jenis bius, penggunaan obat dan kelas perawatannya. Biaya operasi perdarahan vitreus berkisar antara 23-33 jt-am.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
pendarahan pada mata
written by nurwi, March 12, 2013
pagi dok. mau tanya dok, bapak saya berusia 65 tahun, bapak saya mata sebelah kanannya tidak bisa melihat kata dokter disini ada pendarahan di bola mata bapak karena tensi tinggi. yang mau saya tanyakan apakah mata bapak saya masih bisa dioperasi agar bisa melihat lagi ? kira-kira berapa ya dok biaya operasinya?
jawaban untuk nurwi "perdarahan pada bola mata"
written by agus p, March 23, 2013
Terima kasih atas pertanyaanya...
Akibat tekanan darah yang tinggi bisa saja menyebabkan terjadinya pembuluh darah retina yang pecah sehingga terjadi perdarahan pada bola matanya. Tindakan yang bisa dilakukan tergantung dari kondisi perdarahannya sendiri, bisa dilakukan operasi atau tidak.
Saran kami Jika berkenan silahkan datang untuk periksa lebih detail di klinik vitreoretina kami setiap senin-sabtu kecuali rabu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
...
written by Anton, April 02, 2013
Permisi, mau tanya. mata kanan saya kenapa jika saya kedipkan seperti ada blits berbentuk lingkaran yah ?
jika saya tutup mata kiri saya, mata kanan lingkaran blitz tadi berwarna coklat muda sehingga pengelihatan kurang jelas. seperti ada bulatan coklat yang menghalangi pengelihatan

bahaya ga ya?

Terima kasih
floaters akibat lattice degeneration
written by elis, April 05, 2013
Selamat siang dok,saya mau brtnya,saya usia 25 tdk minus tinggi atwpun diabet tdk jg kena benturan namun 3 bln yg lalu tiba2 mata saya dua2nya ada floaters tiap hari smkin tdk nyaman,ada bintik2 hitam dan berserabut aplgi pd mata kanan saya bintik hitamnya bsr sprti huruf 0 yg sllu mngikuti n mlayang2.kt dktr spesialis mata saya ddiagnosa retina retak n hrs dlaser untuk kdua mata.stlh dlaser floatets msh ttp ada dan mnjdi trlihat jls skli brwarna hitam n sngt tdk nyaman tp penglihatan saya msh bgs tdk buram atw kabur.kira2 pnybabnya apa y dok,apa prlu saya tes lab atw foto retina?brbhya tdk?apkh ada obt yg bs menyamarkn floaters atw mngendapkn serabut2nya mengingat vonis dr bbrp dkter yg saya jumpai floatets tdk bs hilang seumur hidup.trmksh dok untuk sdianya mnjwb prtnyaan saya.
jawaban untuk anton "blitz"
written by agus p, April 22, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...
Adanya 'blitz" pada mata bisa terjadi karena adanya tarikan pada saraf retina mata, jika blitz ini sering muncul saran saya segera periksakan di RS Mata Dr. Yap pada klinik vitreoretina setiap senin-sabtu kecuali rabu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk elis "floaters"
written by agus p, April 22, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...
Memang benar apa yang dikatakan oleh dokter spesialis mata tersebut. Pada umumnya setelah dilaser floater tersebut akan berkurang terkadang bs hilang. Sebenarnya hal ini tidak berbahaya tetapi sangat menganggu pandangan.
Saran kami jika berkenan segera periksakan di RS Mata Dr. Yap pada klinik vitreoretina setiap senin-sabtu kecuali rabu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
...
written by Lidya, April 28, 2013
Selamat Malam.
sejak 1-2 thn yg lalu mata kiri ayah saya sering berair, namun setelah dibersihkan dgn air mineral katanya terasa enakan sehingga tdk pernah konsultasi ke dokter mata. Sekita 1 - 2 bln yg lalu, ayah saya mulai sering mengeluh vertigo, dan jika mata kanannya ditutup, mata kiri akan melihat tulisan di tv atau garis2 terlihat bengkok di tengah, jadi spt melengkung, dan jarak benda yg dilihat menjadi lbh dekat dibanding dgn penglihatan dgn mata kanan. Setelah ke dr mata, disarankan utk operasi katarak. namun setelah operasi 2 hari yg lalu, keluhan msh tetap sama spt sblm operasi. Yang ingin saya tanyakan, apakah mungkin mata kiri ayah saya mengalami masalah dgn retinanya? Usia ayah saya 75 thn dan sudah pakai kacamata sejak lama. Terima kasih sebelumnya atas jawabannya.
saya ingin bertanya
written by nisa, April 29, 2013
putra saya berusia 7th, mata kirinya hanya dapat membedakan gelap dan terang setelah di usg matanya terdapat "kekeruhan yg memiliki masa" di bola mata bagian belakang. ia tidak merasa terganggu atau terlihat terganggu karena mata kanannya berfungsi baik. mohon penjelasan. terimakasih sebelumnya..
pandangan mata tdk jelas
written by ita, May 05, 2013
Sore Dr...
Saya mau tanya sdh beberapa hari ini mata sebelah kiri saya kl melihat seperti habis terkena Blitz ato matahari dan itu sangat menggangu sekali terutama saya menyetir mobil, penyebabnya kenapa ya... apa krn mata lelah ato penyebab lain mungkin (saya seorang sekertaris yg durasi untuk melihat komputer cukup sering) mata kanan saya pernah dilasik krn iritasi penggunaan soflent (mata kana - 12 dan kiri -3 setelah lasik menjd -3,5 kanan dan kiri tetap) mohon penjelasannya ....

Terima kasih
Salam
Ita - Jakarta
123456789
written by musa, May 07, 2013
Maaf dok. Saya mw bertanya. Di lingkarang mata hitam saya pas bagian atas duaduanya ada wrna putihnya ??knpa ya??
Saya jga klo melihat jauhkabur..tdak jlas..
...
written by Arry, May 12, 2013
Selamat sore Dok

Mau nanya Dok,mata kanan saya dulu pernah luka terkena lidi dan sekarang mata kanan saya retinanya tertutup jadi putih semua dan tidak bisa melihat lagi dan bola matanya malah mengecil kadang terasa sakit,katanya sdh tdk bisa disembuhkan lagi,kira kira apa solusinya ya Dok untuk menyamakan dengan mata kiri saya soalnya saya jadi risih sendiri

Terima kasih
jawaban untuk lidya "mata ayah melihat obyek melengkung"
written by agus p, May 14, 2013
Terima kasih atas pertanyaanya...
Bisa saja terjadi kelaianan pada saraf retinanya, hal ini bisa kita lakukan dengan pemeriksaan Kisi Amnsler, dimana pasien diminta untuk melihat titik fokus yang ada di sekitar garis-garis mendatar dan vertikal, jika garisnya terlihat melengkung maka bisa dipastikan ada kelaianan pada daerah retinanya.
saran kami jika berkenan silahkan anda dilihat di google untuk kisi amsler-nya kemudian di print dan dipakai untuk test ke bapak, jika iya silakhkan datang di klinik vitreoretina kami setiap senin-sabtu untuk diperiksa lebih detail.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 mulai H-14 sudah kami layani
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk nisa "anak pada mata belakang keruh bermassa"
written by agus p, May 14, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...
Jika memang di dalam hasil USG sudah positif ada massa pada mata bagian belakang kemungkinan besar yang terjadi adalah adanya tumor retinoblastoma, dimana tumor ini termasuk tumor yang ganas, tetapi untuk membuktikannya saran kami SEGERA periksa aja di Klinik Onkologi mata kami setiap rabu dan sabtu. Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk ita "pandangan mata tidak jelas"
written by agus p, May 14, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...
Melihat keluhan yang disampaikan ada kemungkinan bahwa organ kornea anda ada suatu gangguan, hal ini bisa terjadi karena adanya riwayat infeksi pada mata anda.
Saran kami, silahkan periksa ke dokter mata subspesialis kornea dan infeksi mata luar di daerah terdekat anda.
Jika berkenan silahkan datang di klinik Kornea dan Infeksi mata luar kami setiap senin kamis dan sabtu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk musa "123456789"
written by agus p, May 14, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...
Kemungkinan besar yang anda maksudkan adalah adanya lingkaran warna putih yang mengelilingi kedua kornea mata anda, jika iya maka hal ini disebut arcus senilis. Keadaan ini normal terjadi pada orang-orang usia lanjut (diatas 40 tahun) dan tidak berbahaya jadi anda tidak perlu kwatir.

Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
jawaban untuk Arry "mata kanan mengecil habis kena lidi"
written by agus p, May 14, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...
Memang benar apa yang dikatakan oleh dokter disana bahwa mata anda sudah tidak bisa ditolong lagi, hal ini dikatrenakan saat terkena lidi mata anda terluka dan juga kemungkinan besar isi badan kaca sudah keluar juga (ditandai dengan putih-putih yang menutup mata anda), hal ini yang menyebabkan bola mata mengecil (isinya keluar).
Jalan yang terbaik adalah dilakukan operasi untuk pengeluaran isi bola matanya kemudian setelah luka kering akan dipasang mata palsu (protesa mata) yang berfungsi hanya sebagai estetika saja.
Jika berkenan silahkan datang Klinik Rekonstruksi dan Estetika mata kami setiap rabu dan sabtu. Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255 / PIN BB 326AE889 /0274-9411620
pasang bola mata palsu
written by Arry, May 14, 2013
sore Dok

kira kira berapa ya Dok biayanya untuk operasi pasang bola mata palsu

terima kasih
Robekan Pada Retina
written by Hendra, June 03, 2013
Dok,maaf saya ingin bertanya pandangan kabur dan penglihatan kurang terang,dan sudah saya periksa di klinik mata katanya ada sobekan di retina dan segera di obati karna akan menyebabkan kebutaan ...apakah benar dok?dan langkah apa yg harus saya lakukan sekarang?dan kira"dana berapa yang harus di siapkan?terima kasih sebelumnya dok....terima kasih....
Jawaban Arry "Pasang Bola Mata Palsu"
written by dr. Erin, Sp.M, June 03, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya....
Pada dasarnyabiaya operasi pemsangan mata palsu terganung dari metode operasi, penggunaan obat dan kelas perawatannya, biaya minimal berkisar 8,5 juta.
Jika berkenan silahkan periksa dl ke klinik estetika dan rekonstruksi mata setiap hari rabu dan sabtu.
Pendaftaran pasien via telp 0274-544744 , 550380 atau 088802811256.
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,



dr. Erin Arsianti, Sp.M

Jawaban Hendra 'robekan pada retina'
written by dr. Erin, June 07, 2013
Sdr Hendra,
Retina merupakan dinding terdalam bola mata.Fungsi retina adalah menerima bayangan visual yang dikirim ke otak. Dan apabila terjadi robekan di retina dapat menyebabkan penglihatan kabur, gangguan melihat bentuk, melihat kilatan-kilatan cahaya, penglihatan seperti tertutup tirai dll. Jikalau robekan tersebut tidak ditindaklanjuti dapat menyebabkan robekan semakin luas yang dapat menurunkan fungsi penglihatan. Untuk lebih memastikan sdr dapat memeriksakan diri ke poli mata subdivisi vitreoretina RS mata Dr YAP. Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat.
dr erin
...
written by TARI, June 21, 2013
malam dok,
saya mw tanyak dok.
anak saya uda usia 10 bulan sampai saat ne sama se x lom bisa melihat.
dy dalam inkubator 1 bulan.
lahir prematur,
kembar dok.
bola mata nya seperti gel,
dy seperti mata kucing.
dan pernah saya bawa ke RS medan eye center medan.dokter tu bilng klo dia memang buta.
jalan satu2 nya harus opersi.
saya ingin tanya apa memang benar dok kecuali operasi g da jalan lain lg,
klo bisa obat saja.
makasih dok.
mata kanan hanya melihat setengah lapang pandang
written by ardi nantara, June 25, 2013
selamat malam dok, saya mengalami gangguan pada mata kanan saya, kejadian ini sudah terjadi 1tahun lalu. mata kanan saya hanya bisa melihat setengah obyek yang ada di depan saya, hnya bisa melihat setengah obyek bagian atas saja setengah obyek bagian bawah gelap total, saya sudah pernah meeriksakan ke rumah sakit dan pada ronsen mata dari hasil pemeriksaan pada poto/gambar mata kanan saya setengah bagian atasnya kelihatan lebih pucat, kata dokter karna tidak ada darah yang tersuplay keretina mata sya, kemungkinan karna tersumbat dan terjadi pendarahan. setelah itu sya sudah bawa kemana2 tpi tidak ada hasil juga sampai saat ini. mohon saranya dok bagai mana cara untuk menyembuhkan penyakit yang saya derita ini. terimakasih.
Mata Merah
written by Melda Nainggolan, June 30, 2013
Selamat pagi Dok, saya mau bertanya kenapa mata saya merah setelah pakai masker Tomat di Mata??
mata kabur
written by maria , July 08, 2013
dokter yg baik,
adik saya mata sebelah kirinya mulai kabur sejak 4 bulan lalu. Katanya, ada bayangan putih yg seperti lewat. Pernah memeriksakan ke dokter mata katanya ada gumpalan darah, krena takut maka ia tidak menindaklanjuti utk berobat. Kemarin ke dokter mata lagi dan katanya ada masalah dg retinanya. dokter membuat gambar, kalau retina (syaraf)..maaf saya kurang paham, 3/4 nya berwarna biru, pdhal harusnya berwarna merah...dan menyebut seingat saya istilah MCV (?)saya kurang paham apa maksudnya...apakah dokter dapat membantu menjelaskan apakah itu? dan bagaimana mengobatinya?
terima kasih dokter.
kilatan cahaya
written by mubarok, July 12, 2013
Aslmkm.. Saya najib mubarok 23 tahun.. saya salah satu pasien RSM Yap.. Saya mengalami mata minus tinggi.. kiri 21 dan kanan 18, hal terberat yang pernah menimpa saya adalah kebocoran pembuluh darah yang memberikan noda hitam di mata.. saya kemudian pergi ke bagian retina dan akhirnya sembuh..
Namun.. ada beberapa hal yang waktu saya periksa tidak saya tanyakan..
seperti terdapatnya floaters, dan kilatan cahaya di mata sebelah kiri..

pertanyaan saya.. apakah ini pertanda bahwa retina saya sudah sangat parah? apakah bisa berdampak kebutaan? Mohon penjelasan untuk meminimalisir resiko..
trimakasih
Mata anak saya kabur
written by Cholief Zuniawan, July 13, 2013
Dok mau tanya tentang kesehatan anak saya. bahwa anak saya umur 14 tahun menderita pandangan kabur sudah sekitar 4 tahun sudah saya periksakan kemana2 akan tetapi ada dokter di surabaya mengatakan kalau anak saya katanya retina nya keruh. bagaimana apa bisa saya memeriksakan kesehatan mata anak saya ke rs dr yap trims
Kacamata pecah
written by Rahesti, July 22, 2013
Sore,maaf dokter saya mau tanya, adik sayakan matanya minus, 2 hari yg lalu kacamata yg dia pake pecah, tapi tetap dgunakan karena belum sempat untuk mengganti yg baru,, lalu saat ini mata dia bengkak,, apa itu pengaruh dr kacamatanya yg retak?? Mohon jawabannya, terimakasih sebelum dan sesudahnya..
pasca vitrekomi
written by hadi, July 26, 2013
dok,
saya sudah 1 tahun dioperasi vitrektomi. walau sudah membaik tapi saya masih melihat kabut dipenglihatan saya dan penglihatan aaya jadi sedikit bergelombang dan patah patah. kata dokter retina saya sudah menempel. apakah gelombang dan penglihatan saya yang patah patah bisa pulih. saat ini saya masih menggunakan silikon oil.
terimakasih jawabannya.
sipit sebelah
written by yurmawita, July 28, 2013
Dok, mau tanya
anak saya dari lahir punya mata sipit sebelah. Kelopaknya sebelah kanan tidak sempurna lipatannya. tapi kalau penglihatan normal. apakah bisa dioperasi dok? berapa biayanya. usia anak saya sekarang 6,8 tahun. dimana bisa konsultasi ya? trimakasih Dok..
...
written by Farhan, August 06, 2013
Permisi dok, mau nanya
kenapa ya dok, mata kiri saya kalau ngeliat titik cahaya gelembung gelembung air ada titik titik atau lubang bewarna hitam. itu terjadi pas sore dan malam hari.
tapi sekarang udah gak lagi. umur saya 16 tahun. mohon bantuannya dok. terima kasih
Mata yg terkena tokso
written by reyvand nazareno, September 19, 2013
saya mau tny dok....dl waktu istri sy hamil tidak periksa tokso setelah melahirkan ternyata anak saya terkena tokso bawaan istri saya....setelah sy chekupkan ternyata yg terkena mata sblh kiri jd terganggu pandangannya dr jarak 10cm sdh tdk kelihatan...
stlh 5 thn ini dan sy sering baca artikel di internet ternyata anak yg terkena tokso aken terganggu utk otak kanannya sehingga tidak dpt konsentrasi dan mengganggu pelajaran....klau menurut dokter sebaiknya saya hrs berbuat apa terhadap anak saya yg bernama reyvand....klau di lakukan operasi membutuhkan biaya sebesar berapa....trima kasih dok.
...
written by riswan, September 19, 2013
umur ayah saya 65 thn....penderita diabetes, pernah melakukan operasi mata...menurut dokter yang sebelah kanan glukoma dan yang sebelah kiri stroke mata....ada kemungkinan ayah saya bisa melihat lagi....terima kasih sebelumnya..tolong dijawab segera....
mau tanya
written by hardi, September 20, 2013
mau tanbya dok, kakak saya habis operasi katarak, ternyata setelah operasi, penglihatannya tetap terganggu. dari hasil scan ternyata pembengkakan retina. memang kakak saya punye penyakit diabetes maupun hypertensi. apakah penyakit kakak saya ini termasuk retinopati? apakah ada kemungkinan untuk disembuhkan misalkan dengan vitrektomi. kemarin disarankan untuk dilaser untuk mencegah perluasan pembengkakan. trimakasih jawabannya.
Mata kiri tdk dpt melihat krn Toxoplasma dlm darah >265
written by Didik Triono, September 23, 2013
Selamat sore dokter...saya punya tante usia 47 thn penglihatan mata kiri tidak dpt melihat lagi,prosesnya sangat cepat sekali dari pandangan kabur ke tdk bisa melihat kira-kira 3 hari,setelah dicheck darah ternyata nilai toxoplasmanya >265,yang perlu saya tanyakan apakah penyakit tersebut dapat disembuhkan ? dan berapa kira-kira biaya yang diperlukan ? terima kasih atas informasinya bpk/ibu dokter.
adanya garis-garis putih di mata
written by hija, October 03, 2013
hallo dok,
saya berusia 21th, mau nanya
mata sebelah kanan saya tidak bisa berfungsing dengan baik/penglihatan tdak jelas (buram). setelah konsultasi ke dokter, katanya ada garis-garis putih di mata kanan saya.
pertanyaan nya :
1.apakah ini bisa mengakibatkan kebutaan ?
2. apakah ini bisa menjalar ke mata sebelah kiri saya ?
3. apakah ada obatnya dan apa yang harus saya lakukan ?
4 dan apakah ini bisa disembuhkan ?

mohon jawabannya dok, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih
terkena sikatrik karena toxoplasma
written by teguh arianto, October 22, 2013
mohon informasi, apakah mata yang terkena sikatrik akibat toxoplasma dapat disembuhkan? kalo bisa dengan cara apa? dan apakah di RS DR YAP bisa melakukan tindakan untuk hal tersebut? mohon informasi secepatnya
injeksi apa operasi vitrektomi seharusnya?
written by dewi, October 24, 2013
selamat sore dokter, ibu sy terkena retinopati diabetik, mata kanan udah injeksi 1x, mata kiri 2x, tetapi dg injeksi itu tdk menunjukkan adanya kemajuan penglihatan, cm dari foto fundus mata kiri pendarahannya jd berkurang,stlh itu dilakukan USG beberapa retina terlihat sudah lepas (retina detachment),yg ingin sy tanyakan
1. retina yg udah lepas itu rusak apa enggak? bs dipasang lg yg akhirnya nnti bs lihat lg?
2. langkah apakah sebaiknya yg ditempuh, diinjeksi lagi atau langsung operasi vitrektomi?

terimakasih bnyk atas jawabannya
hole pada retina
written by Harya, November 05, 2013
Assalammualaikum dokter, maaf saya mau bertanya,mata kanan saya kata,dokter terdapat hole, denger denger sih dokter menyebutkan macular hole, ada rencana oprasi namun gagal karena letak posisi bola mata kanan saya juling dan kata dokter holenya terlalu besar, yang mau saya tanyakan kalau kasusnya seperti saya apakah tidak mungkin dilakukan oprasi agar saya dapat sembuh? Karena kata dokter bag. Strabismus mata saya juling karena visusnya 1/60 terimakasih
floters
written by haryanto solo, November 08, 2013
pak dokter

perkenalkan nama saya haryanto
saya mengalami pandangan ada bintik hitam, tadinya hanya satu, saya periksakan ke spesialis mata, katanya ndak apa2, akan tetapi lamakelamaan, bintik2nya bertambah, kira2 kalo operasi lasik bisa hilang ndak bintik2 itu, dan berapa biayanya, trimakasih
terkena cmv retinitis
written by dyah, November 12, 2013
maaf dok bisakah saya dapat penjelasan, mata kakak saya terkena cmv retinitis dan smakin hari pandangan smakin kabur, bisakah mata kakak saya melihat kembali? dimana saya dapat memeriksakan keadaan kakak saya, timakasih
biaya operasi injeksi avastin
written by suparmi, November 14, 2013
dok saya sering kontrol ke dr yap, mau tanya biaya operasi injeksi avastin berapa ya? kemerin sdh dilaser seteleh sebulan saya dianjurkan dokter untuk melakukan injeksi tsb. mksih
mata palsu
written by handy, November 18, 2013
Dok, apakah mata palsu juga bisa bergerak sma sperti mata yg aslinya?
terima kasih...
pendarahan retina
written by Ruth Adiarti, November 26, 2013
bagaimana mencegah pendarahan retina lagi, kira kira 1 th yg lalu pendarahan retina. trims ya Dok.
Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya
written by andy sudrajat, December 01, 2013
Mohon saran Dok, Usia saya 45 th, mata saya timbul lingkaran putih di bagian hitam mata. mata saya tergolong sensitif. Bagaimana cara menghilangkan lingkaran putih itu. Apakah harus dengan laser?
Makasih Dok...
...
written by ismail, December 04, 2013
selamat malam..
nama saya ismail usia 35 thn. di jakarta saya punya keluhan pandangan menjadi tidak jeas sejak 2 minggu yll tidak ada riwayat trauma, ht,dm, ketika saya bercermin saya baru menyadari teryata mata kanan saya pandangannya berkurang, jadi jika lihat obyek seperti terhalang oleh thorak foto, setelah di foto fundus teryata mengalami perdarahan, saya sudah di laser tapi sudah 2 minggu belum terasa perubahan yg signifikan...pandangan saya masih berkabut jika melihat obyek pandangan mata kanan yg sakit lebih kecil dibanding yg kiri, saya mendapat obat cendo atrofin dan cendo vitrolenta...apa yg sebaiknya saya lakukan apakah perlu ditambah obat, atau harur ada tindak lanjut........atas jawaban dan arahannya saya ucapkan terima kasih
Infeksi Mata Karena Parasit
written by sakti, December 23, 2013
PagiDok,
nama saya sakti Prasetya usia 25th di batam,
saya mengalami penglihatan kabur pada mata sebelah kiri,,
setelah saya pergi memeriksakan diri ke dokter spesialis mata ternyata dokter mengatakan mata saya terkena infeki karena parasit toxo yang saya dapat dari ibu saya,
setelah menjalani pengobatan namun kondisi tidak membaik dan mata saya menjadi bengkak,
dokter menyarankan saya untuk melakukan laser mata,
karena di batam belum ada RS yg bisa menangani maka saya diberi rujukan ke RS.dr.YAP,kira2 berapa biaya yg hrs saya keluarkan,
dan tingkat keberhasilan nya,apa tidak ada cara lain selain di laser..mengingat keterbatasan waktu dan biaya.
trimakasih

Buta warna parsial
written by kahfi, January 08, 2014
Selamat siang dokter. Dok saya mau nanya nih, kira2 penyakit buta parsial tuh bisa disembuhkan melalui operasi penggantian retina mata apa nggak ??
klw bisa, kira2 berapa ya total biaya operasinya ??


terimakasih smilies/smiley.gif
Mata kiri tertusuk lidi, buta dan mengecil
written by Mohamad Atok Arif Rifqi, January 16, 2014
salam dokter
saya memiliki anak yang sekarang berumur 16 tahun.
3 tahun lalu mengalami kecelakaan, dimana mata kirinya tertusuk lidi. Pencabutan lidi dilakukan di RSAD Magelang. Seminggu kemudian anak saya dirawat di RS Muhammadiyah Parakan, melihat kondisi yang semakin memburuk anak saya dirujukan ke RSUP Kariadi Semarang.
Di RSUP Kariadi 2x operasi, yang pertama inj viterous & pengambilan cairan mata. Yang kedua inj viterous/vitrektomi dengan hasil toxo negatif.
Sekarang setelah 3 tahun, bola mata mengecil atau menyusut dan yang pasti BUTA.
Kira2 apa yang perlu kami lakukan dan estimated biaya jika kami mengambil langkah pengangkatan bola mata kirinya.
Terima kasih
ablasio retina
written by dinda, January 18, 2014
Slmat pagi dok..
Dok saya mau tanya gmna penangan pada ne"k saya usia 69 yang terkena katarak matur dan juga ablasio retina tapi tidak ada riwayat DM dg hasil lab normal..
Terimakasih
Mata Kanan Tidak Bisa Melihat
written by Ijang, January 22, 2014
Selamat Malam Dok..
Umur saya sekarang 26thn dan sudah 16thn mata sebelah kanan saya tidak bisa melihat. Dulu pernah diperiksa ke rumah sakit mata Cicendo, kata dokter terjadi kerusakan pada saraf mata kanan dan tidak bisa disembuhkan.

Yang saya ingin tanyakan apakah kerusakan pada saraf mata, sekarang sudah dapat disembuhkan/operasi?

Terima kasih.
Ayah saya sudah lama operasi katarak lensa lepas
written by Rihad, January 28, 2014
Selamat malam Dok...
Saya mau tanya ayah saya sudah lama operasi katarak, dan setelah bertahun2 lensa nya lepas dok, tp ayah saya sudah bisa mengakalinya dengan memasang kembali dengan cara nunduk2 sujud2 sampai si lensa menempel kembali, nah setelah beberapa lama, skrng penglihatan nya menjadi seperti katarak kembali kata ayah saya penglihatan nya seperti ada kabut , itu bagaimana mengobatinya dok terimakasih
mata kanan kabur mendadak setelah mandi kemalaman
written by ardy, February 08, 2014
Mlm dok langsung sj umur saya 30 thn mau menanyakan knapa mata kanan saya tiba tiba kabur tanpa sebab.saya perikaa di dr mata.katanya ada darah si retina saya.kemudian saya danjurkan utk usg mata dan cek darah.stlh cek usg mata dan cek darah trnyata hasilnya mata saya normal tak ada gejala ablatio retina dan darah saya normal.kemudian saya oleh dokter di beri vitrolenta dan vit.cendo trnyata stlah 1 minggu mata ssya tdk ada prrubahan.yg saya tanya kan saya sakit apa dok........trims




Ablasi Retina
written by Yuli Supriyono, February 11, 2014
Slmt siang dok, pada tanggal 28 januari 2014 sy periksa ke dokter mata dan disarankan untuk USG mata dan hasilnya terlihat ada garis terpisah dan disimpulkan bahwa saya mengalami ablasi retina. Tanggal 3 Februari 2014 sy membawa rujukan dari dokter mata di mataram (NTB) ke RS Mata Dr. YAP, setelah dilakukan observasi smp tgl 5 februari 2014 sy dinyatakan tidak mengalami ablasi retina, hanya ada jaringan ikat yang disebabkan virus yang menyerang retina sehingga hanya diberi obat untuk dikonsumsi selama 1 bulan. Tgl 10 Feb 2014 sy membawa rujukan balik dr RS Dr. YAP untuk dokter mata di mataram, akan tetapi dokter di mataram meyakini bahwa sy mengalami ablasi retina. Pertanyaan sy dok, apa yang harus saya lakukan dengan perbedaan pendapat tersebut? mohon jawabannya segera, tks.
Hemianopia
written by Galvin, March 06, 2014
Dokter, saya ada mau tanya, apakah homonymous Hemianopia bisa disebuhkan /,mohon sekali pencerahannya dokter yang terhormat.

Best Regards,


Stefanus Galvin.
permasalahan mata
written by lailatu , April 07, 2014
dok saya mau tanya adik saya sekitar 1 bulan yang lalu opersi pengangkatan silikon namun, sekarang ada permasalahan lagi yaitu mata adik saya ada warna dalam rongga matanya dan itu sekarang sudah mengganggu penglihatannya dalam keadaaan gelap pun matanya masih ada cahayanya, bagaimana dok apa adik saya harus segera diperiksakan pada dokter mata? sedangkan adik saya harus controlnya baru 1 bulan lagi
minta saranya dok
Mata ROP
written by Fransiska Purwaningsih, May 07, 2014
dok saya mau tanya. anak saya lahir prematur 28 minggu berat 1200. sekarang 3 bulan dan divonis menderita ROP stad 5. apkh msh ada cara u anak saya bisa melihat. terima kasih.
...
written by dewi, June 01, 2014
dok saya mau tanya. ibu saya punya penykit diabetes.tapi yang kering gtu.udah lari ke mata. pas di cek katanya nya matanya pendarahan, dan sebelah lagi sarah mata lepas,jdi katarak. apa bisa di operasi. mau tanya se kalian kira" biaya operasi nya berapa ??? dan di mana bisa di operasi penyakit mata seperti itu. tolong dok balasanya.
...
written by hardi, June 10, 2014
Salam dok,
Saya hardi,Ibu saya sekarang berusia 80 thn,sekitar 7 thn lalu setelah bbrp minggu dia operasi katarak ada keluhan dari ibu saya krn matanya jadi gelap.pd saat kontrol si dokter yg mengoperasi mata ibu saya bilang bhw saraf mata ibu saya sdh bnyk yg mati.
Pertanyaan saya, apa ada yg bisa melakukan operasi atau bedah saraf mata dok? Saya ingin ibu saya dapat melihat lagi dok..
Terima kasih.
...
written by Priyo, June 11, 2014
Waktu kecil sebelah kiri luar dari mata saya terkena taji ayam jago setelah itu fungsi mata mungkin 80%. Tahun 1997 saya pernah operasi mata karena retina sobek, hasilnya sekarang fungsi mata tinggal 5-10% (bisa melihat dengan jelas jarak 10cm). Bisakah fungsi mata saya ditingkatkan jadi 50%?
...
written by ida pati, June 12, 2014
tanya ayah (5smilies/cool.gif saya periksa di RSI sultan agung semarang katanya harus operasi penyambungan retina yang putus dan disarankan ke RS YAP Jogya. yang ingin saya tanyakan berapa biayanya? Dengan riwayat DM bagaimana keberhasilannya.Terima kasih atas jawabannya.
...
written by Giyono, June 15, 2014
Selamat Siang Dokter,

Kami mhn informasi, bahwa anak kami usia 7 bulan belum bisa melihat kondisi disekitar dengan baik, setelah diperiksa ke RS Mata, diperoleh informasi bahwa harus operasi Retina pada kedua mata anak kami.

Yang ingin kami tanyakan berapa biaya untuk tindakan operasi Retina pada anak seusia 7 bulan tersebut.

Terima Kasih,
Salam,
Giyono
...
written by sidik, July 05, 2014
Dok saya mau nya gimana ya cara pengobatan eyefloaters, saya saudah engidap selama kurang lebih 14 thun, apakah dengan cara oprasi bisa menyembuhkan secara optimal ,. terus oprasi apa yg efektif dan baik trimakasih Dok smilies/cheesy.gif

Write comment
quote
bold
italicize
underline
strike
url
image
quote
quote
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley

security code
Write the displayed characters


busy
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
Lensa Kontak (158 komentar) Friday, 25 July 2014
Medical Check Up (199 komentar) Wednesday, 23 July 2014
Glaukoma (693 komentar) Wednesday, 23 July 2014
Operasi Katarak Sehari (177 komentar) Tuesday, 22 July 2014
Klinik Pediatri Oftalmologi (158 komentar) Sunday, 20 July 2014
OPERASI KATARAK GRATIS 'PROGRAM BINA LINGKUNGAN (2 komentar) Thursday, 17 July 2014
Jogja Lasik Center (700 komentar) Wednesday, 16 July 2014
Newsfeed
© 2014 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.