Home arrow Artikel Kesehatan arrow Retinopati Diabetika

Jumlah Pengunjung

Retinopati Diabetika Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail

• Merupakan salah satu komplikasi Diabetes Melitus (DM) pada mata yang paling banyak menyebabkan kebutaan menetap.
• Terjadinya seiring dengan lamanya menderita DM. Makin lama DM diderita makin tinggi kemungkinan terjadinya retinopati.
• Resiko menderita Retinopati DM tinggi yaitu 60% pada penderita yang menderita DM > 15 tahun, resiko juga meningkat pada orang muda penderita DM.
• Angka kebutaan Retinopati Diabetika adalah ±30%.

Retinopati Diabetika ditandai dengan adanya gangguan pembuluh darah diretina berupa kebocoran, sumbatan dan pada tahap selanjutnya timbul pembuluh darah abnormal yang sangat rapuh dan mudah menimbulkan pendarahan dengan segala akibat yang merugikan.

Kebutaan pada Retinopati Diabetika dapat dikurangi dengan deteksi dan penanganan yang memadai termasuk kontrol teratur.
Penganan dengan sinar Laser bertujuan meringankan akibat kebocoran pembuluh darah serta menghilangkan pembuluh darah abnormal sehingga kemungkinan terjadinya kebutaan dapat dikurangi.
Sinar Laser tidak dapat mengembalikan fungsi penglihatan yang sudah rusak akibat Retinopati Diabetika. Pasca penyinaran laser penderita Retinopati Diabetika masih perlu di follow-up secara teratur, karena mungkin diperlukan terapi laser tambahan.

PEMERIKSAAN DAN TERAPI
Pemeriksaan dan terapi yang dapat dilakukan penderita Retinopati Diabetika antara lain:
• INDIRECT OF THALMOSKOP
Diperiksa seluruh permukaan fundus yi sampai belakang penggantung lensa dapat dilihat dengan alat indirect oftalmoskop, yang sebelumnya mata pasien ditetes dengan midirasil.

• FOTO FUNDUS
Dilakukan foto fundus dengan foto-polaroid, sehingga akan nampak optikus, retina dan pembuluh darah diretina, sebelumnya penderitaditetesi medriasil.

• FOTO FLUORESCEIN ANGIOGRAFI
Dilakukan pemotretan fundus, seperti diatas tetapi sebelumnya penderita selain ditetes medriasil, akan diinjeksi intravena dengan zat kontrassehingga gambaran detail halus epitel pigmen retina, aliran sirkulasi darah retina, gambaran pembuluh darah dan integritas fungsinya. Selain itu FFA juga berfungsi untuk memonitor terapi fotokoagulasi pada penyakit Retina dan Khoroid.

• FOTO KOAGULASI LASER
Adalah teknik terapi menggunakan sumber sinar kuat untuk mengkoagulasikan jaringan, tujuannya merusak jaringan retina yang tidak normal, antara lain menghilangkan adanya pembuluh darah, melekatkan jaringan chorioretina yang terlepas maupun robek dll.

• OPERASI VITREORETINA, Vitrektomi
Penderita Diabetes Retinopati yang telah lanjut, didapatkan Vitreus/badan kaca keruh akibat pendarahan retina masuk kebadan kaca, dan juga berakibat adanya jaringan ikat dibadan kaca yang akan mengakibatkan tarikan retina, sehingga akan berakibat terlepasnya retina atau ablasio-retina. Operasi Vitrektomi digunakan untuk menjernihkan badan kaca dan juga mengupas jaringan ikat yang ada, sehingga lokasi asal perdarahan dapat dilakukan photokoagulasi laser, dan adanya tarikan retina dapat dihindarkan.

Comments (18)Add Comment
Saraf mata putus krn Diabetes
written by Thia, August 26, 2009
Dokter..mama saya saat ini mengalami pembengkakan pada matanya sehingga menyebabkan ia tidak dapat membuka matanya karena sakit sekali...setelah di cek ke dokter RS, dokter tsb mengatakan bahwa mata mama saya bengkak & merah dikarenakan diabetesnya (tekanan gula darah & tekanan darah yg terlalu tinggi)..saat ini mama telah menjalani operasi laser mata n menrut dokternya ada gumpalan darah di mata mama...

Yang ingin saya tanyakan..apakah mama saya bisa kembali melihat seperti sebelumnya? karena saraf mata mama menurut dokter sudah banyak yg putus...

Apakah ada cara agar mama bisa melihat lagi?

mohon informasinya..
Terimakasih,
Katarak karena DM
written by Nasabri, September 02, 2009
Dokter Yang baik ...
Bapak saya sekarang berumur 76 tahun dan Bapak saya punya penyakit Katarak dan DM pernah mencapai 600 dan juga punya penyakit darah tinggi.
Yang mau saya tanyakan bagaimana menyembuhkan penyakit Katarak pada mata Bapak saya? mohon saran dari Dokter.
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih

Hormat saya,
Nasabri
Consultant
written by Dewa Purnadjaja Tb,SE, September 21, 2009
dokter, istrisaya saayini penglihatannya gelap, mederita DM sudah lama, dan juga hypertensi, sekarang tensinya sudah normal dan gula darah 150rata2 dibawah 200, apakah ada kemungkinan melihatlgi dengan system ini, terimakasih, Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya
...
written by Nana, January 29, 2010
Dok.mm sy kadar gula 408,tp udah djadwal bwt lasik..bahaya g kira2,resikony gmn?tks
mata kabur akibat diabetes
written by arifin, February 07, 2010
pagi dok,bapak saya itu punya penyakit diabetes dan akibatnya mata kanan menjadi kabur,dulu pernah terapi laser di RS anda ini tapi belum juga ada perubahan dan menurut dokter spesialis mata sudah tidak bisa disembuhkan lagi,pertanyaan saya apakah dengan tindakan operasi sakit bapak saya ini bisa disembuhkan??makasih
penglihatan kabur
written by dewi satiasari, March 24, 2010
dok tanya dong.... penglihatan ibu saya akhir-akhir ini agak terganggu, jadi kalau baca atau nulis musti dibantu pakai lampu / senter yang menyoroti objek yang mau dibaca. Selain itu, kalau melihat jauh kadang-kadang yg kelihatan hanya siluet orangnya saja. Sudah pernah konsultasi ke dokter katanya ada gangguan retina, apa itu yg dinamakan retinopati ?? umur ibu saya 69 tahun. Dulu pernah sekali gula darahnya tinggi, tapi saat ini normal terus. terimakasih
pendarahan pada syaraf mata
written by yulya, May 14, 2010
Dokter yang baik...
ibu saya umur 55 thn, menurut dokter didaerah saya ibu sudah lama menderita diabetes,tp ibu baru merasakan 6 thn trakhir ini,4 bln yg lalu mata kiri ibu kabur kelihatan spt asap putih dgn gejala mata berair,perih dan pusing terkadang,ibu lngs periksa kedokter spesialis mata katany ibu mengalami pendarahan syaraf,pd saat itu gula darah 425 gula tidak puasa(gula tertinggi yg pernah dialami),ibu diberi obat dan tetes mata smbil rawat jalan tp tdk ada perubahan,mata ibu smkin kabur hingga akhirny mata kiri tdk dpt melihat sama sekali (buta)...kmrn sore mata kanan ibu mulai kabur seperti asap putih,kmbali pada hari ini kami konsultasi lg ke dokter sp. mata...tapi dokter akhirny menyerah dan menyarankan ke tempat lain...pertanyaan saya,apa yang terjadi dgn mata ibu saya?apakah mata ibu saya bisa disembuhkan dan kembali melihat normal seperti biasany??..terima kasih banyak.
...
written by dian, October 04, 2010
ini dokternya g ada y??? smilies/sad.gif
mata buta akibat diabetes militus
written by gita, March 04, 2011
dok aku mau tanya nich..
bapak saya sudah lama menderita DM dan selama 2 tahun terakhir ini mata bapak saya mulai kabur hingga sekarang hampir mengalami buta.kira-kira bapak saya menderita glaukoma atau retinopati diabetika ya dok?
terima kasih smilies/grin.gif
retinopati Diabetika
written by Agus Yap, June 03, 2011
Dear Dokter,

mama saya sudah /- 15 tahun menderita DM dan sekarang matanya buram, menurut pemeriksaan yang di lakukan di deteksi menderita Retinopati Diabetika, apakah ini bisa di sembuhkan..berapa lama perawatannya.. dan bagaimana pengobatannya.
tks
penglihatan kabur akibat Retino Diabetika
written by Iriando, January 14, 2012
dear Doctor
.. papa saya berumur 47 thun. krna "RD" penglihatan papa saya kabur...dia udah di laser di tiap mata tpi baru sekali tiap mata... trapi lasernya sampai berapa kali n sampai kapan ya...? n apakah penlihatan papa saya bisa membaik n mendekati normal lagi or tidak kabur???
putus syaraf mata krn kecelakaan
written by agan murgiyanta, March 11, 2012
pak Dokter... saya agan dari NTB (mataram) syaraf mata saya putus krn kecelakaan ...bisa atau tidak mata saya bisa melihat lagi dok ???
& kalo tidak bisa apa solusi terbaiknya ???
...
written by elperida silaen, April 02, 2012
dear doctor
mama saya berumur 50 thn,beliau sejak 10 tahun tdb bisa melihat dgn jelas,awl y sih
krn matay sering berair trs lama2 jd buram..tp krn ketdk mampuan dibiarin aj dan ahiry semkn lama mkn parah.pas thun kmrn kt periksa kespesialis mata kty krn saraf pd hal gula darahy normal dan tdk darah tinggi..pertanyaan say dok itu disebabkan apay dok,apa mama saya bisa diobati lg g?tolong penjelasany ya..trimakasih
s
written by ronal, April 13, 2012
dok syaraf mata sya putus, apakah bsa d smbuhkan dgn tanamn obt ppa dok
putus syaraf mata
written by ronal, April 13, 2012
pak Dokter... saya agan dari NTB (mataram) syaraf mata saya putus krn kecelakaan ...bisa atau tidak mata saya bisa melihat lagi dok ???
& kalo tidak bisa apa solusi terbaiknya ???
...
...
written by sihabudin sibawai, April 30, 2012
siang dokter.
saya dari indramayu,saya sudah 5thn tidak dapat melihat akibat kecelakaan.dan sudah brobat ke rumah sakit di bandung.namun tetap tdak ada hasilnya.apakah mata itu tidak dapat di ganti?
mohon jawabannya dok
pembengkakan pada saraf mata
written by yos hananto, May 22, 2012
Pak Dokter yang terhormat,
Istri saya umur 30 tahun mengalami sakit pada sekitar mata kanan, setelah diperiksa ke dokter spesialis mata katanya ada pembengkakan pada saraf mata kanan dan mata sebelah kiri juga ikut mengalami pembengkakan. Penglihatan istri sudah kabur tak jelas. Apakah bisa diobati biar bisa melihat lebih jelas lagi seperti dulu, padahal tak mengalami benturan di kepala. Atas sarannya saya ucapkan terimakasih
...
written by nurul, October 06, 2012
Salam kenal
Doter saya mau tanya, ayah saya punya penyakit DM, sekrang mata kirinya sudah tidak normal, kira" jarak 5m sudah tidak terlihat, kira-kira itu termasuk penyakit mata yang bagaimana dan pengobatannya seperti apa Dokter?
Terima Kasih.

Write comment
quote
bold
italicize
underline
strike
url
image
quote
quote
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley

security code
Write the displayed characters


busy
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
Jogja Lasik Center (707 komentar) Tuesday, 02 September 2014
Retina dan Vitreus (543 komentar) Thursday, 21 August 2014
Glaukoma (695 komentar) Thursday, 21 August 2014
Klinik Pediatri Oftalmologi (160 komentar) Monday, 18 August 2014
JADWAL DOKTER PRAKTEK (44 komentar) Sunday, 17 August 2014
Kornea dan Infeksi Mata Luar (368 komentar) Saturday, 16 August 2014
Klinik Premium (24 komentar) Monday, 11 August 2014
Newsfeed
© 2014 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.